Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

10 Game PS1 Terbaik yang Masih Asyik Dimainkan di 2021

29 September 2021Adi Nawan

Ada banyak game-game lawas yang tetap menyenangkan untuk dicoba.

PlayStation 1 mungkin kini sudah berumur lebih dari 20 tahun, namun beberapa game legendarisnya nyatanya masih relevan hingga sekarang. Game-game ini dapat bertahan hingga sekarang karena keunikan dan juga faktor “menyenangkan” yang membuat game-nya masih tetap asik dimainkan hingga sekarang.

Saya pun telah mengumpulkan 10 gamePlayStation 1 terbaik yang masih asyik dimainkan sekarang, di 2021. Perlu diingat bahwa preferensi setiap gamer pasti berbeda-beda sehingga daftar ini tidaklah mutlak namun setidaknya bisa menjadi referensi sekaligus pengingat bahwa game-game ini masih relevan untuk dimainkan.

Pepsiman

Pepsiman tentunya harus masuk ke daftar ini karena bisa dibilang menjadi salah satu pionir untuk game-game endless run yang ada sekarang.

Meskipun game ini sangat terasa sebagai materi marketing dari Pepsi, namun Pepsiman memang tetap menawarkan sebuah pengalaman aksi yang unik dan juga menantang.

3xtreme

Game olahraga ekstrim mungkin tidak terlalu digemari oleh para gamer saat ini, namun dahulu game dengan genre ini cukup populer dimainkan.

Apalagi 3xtreme menawarkan keunikannya dengan menggabungkan olahraga ekstrim seperti skateboard, skating, dan sepeda dengan balapan di trek uniknya.

Vigilante V8: 2nd Offense

Jauh sebelum era battle royale, dahulu kala genre serupa sempat muncul dan berkembang dalam bentuk vehicular combat — dengan dua seri yang paling ikonik, Twisted Metal dan Vigilante V8. Twisted Metal sendiri cukup sukses dan terus mendapatkan sekuelnya hingga beberapa generasi.

Sedangkan Vigilante V8 hanya memiliki 2 game dalam serinya. Namun keduanya tetap menyajikan sebuah aksi gameplay perang menggunakan kendaraan yang mengasyikkan hingga sekarang.

Dino Crisis

Shinji Mikami berhasil membuktikan bahwa supranatural bukanlah satu-satunya tema yang menyeramkan untuk game horor. Dino Crisis menjadi bukti bahwa dinosaurus juga dapat menjadi faktor ancaman yang menyeramkan.

Mengingat Capcom belum memiliki rencana untuk me-remakegame ini, maka memainkan seri originalnya menjadi cara satu-satunya untuk merasakan pengalaman bermain game legendaris ini.

Super Shot Soccer

Beberapa hal yang membuat game-game di era PS1 sangat memorable adalah keberanian para pengembang untuk menggabungkan aspek gila dan menyenangkan ke dalam game-nya.

Salah satunya terlihat dalam game ini yang menggabungkan game sepak bola dengan jurus-jurus gila yang membuatnya terasa curang namun nyatanya malah membuat pertandingan menjadi penuh gelak tawa.

Bishi Bashi Special

Mayoritas game kompetitif di zaman sekarang terlalu berfokus kepada pencapaian dan kerap melupakan bahwa kompetisi juga bisa dibuat menyenangkan baik ketika menang maupun kalah. Bishi Bashi Special mungkin menjadi salah satu game yang dapat menyajikan keseimbangan tersebut.

Dengan grafik ala anime yang lucu dan konyol, serta permainan-permainan unik yang membuat kita selalu tertawa, game ini mampu membuat pengalaman multiplayer tanpa harus merasa pahit saat menerima kekalahan

Metal Slug X

Gameco-op shooter mungkin semakin langka jumlahnya. Namun dulu game seperti Metal Slug X menyediakan petualangan tembak-tembakan yang dapat dinikmati dan bahkan diselesaikan secara bersama-sama.

Dengan gaya platformer 2 dimensi, game ini tetap menyajikan pertempuran yang menegangkan dan juga menyenangkan. Apalagi game-nya juga menghadirkan tema yang berbeda-beda pada setiap levelnya sehingga tidak terasa repetitif.

Nascar Rumble

Menggabungkan elemen dari game karting dengan mobil-mobil nascar memang terdengar absurd untuk zaman sekarang. Namun dulu Nascar Rumble sempat membuktikan bahwa hal tersebut dapat direalisasikan dengan baik.

Dan mengingat game seperti ini tidak ada lagi untuk sekarang maka memainkan game ini kembali tentunya masih memberikan pengalaman yang unik yang tidak dimiliki game-game balapan zaman sekarang

Metal Gear Solid 1

Metal Gear Solid tentu telah banyak berkembang sejak seri originalnya dirilis pada 1998. Namun proyek pertama Hideo Kojima memiliki keunikan tersendiri yang tidak hadir di seri-seri modernnya.

Mulai dari gameplay inovatif pada zamannya, sudut pandang kamera yang unik, hingga gaya sinematiknya membuat game ini masih sangat layak dimainkan kembali.

Suikoden II

Menjadi salah satu JRPG terbaik yang pernah dibuat oleh Konami memang membuat Suikoden II terus dicintai oleh para fans RPG hingga sekarang. Hampir semua aspek dalam game ini begitu melekat bagi para pemainnya.

Mulai dari visual yang unik, cerita mendalam yang dipenuhi berbagai intrik, hingga tentunya 108 karakter unik yang harus dikumpulkan, semua aspek-aspek tersebut terbungkus indah dalam Suikoden 2. Dan kami ragu bahwa Konami akan menghadirkan game seperti ini lagi di masa depan.


Image credit: games.mail

Penutup

Itu tadi adalah 10 game yang masih tetap seru dimainkan hingga saat ini. Kami sadar bahwa masih ada banyak game keren lainnya yang tidak kami masukkan ke dalam daftar ini. Namun setidaknya mayoritas judul di atas memiliki keunikan yang tidak ditemui di game-game zaman sekarang.

Karena, memang game-game tadi memang tidak mendapatkan sekuel ataupun remake dari sang publisher. Ataupun memang tema maupun gameplay yang dibawa sudah dianggap usang padahal memiliki unsur nostalgia yang membuat game-game tersebut masih menyenangkan dimainkan sekarang.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV