Esports Ecosystem

Ditonton 903 Ribu Orang, eNASCAR iRacing Pro Invitational Series Bakal Disiarkan oleh FOX Sports

26 Mar 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia
eNASCAR iRacing Pro Invitational Series merupakan alternatif dari balapan NASCAR yang dibatalkan

Pandemik virus Corona membuat banyak pertandingan olahraga dibatalkan, termasuk balapan. Namun, NASCAR enggan untuk berpangku tangan. Sebagai ganti balapan yang dibatalkan, NASCAR mengadakan eNASCAR iRacing Pro Invitational Series, yang diikuti oleh para pembalap motosport NASCAR profesional.

FOX Sports memutuskan untuk menyiarkan balapan virtual tersebut. Menurut data dari Nielsen Media Research, balapan pertama dari turnamen virtual ini ditonton oleh 903 ribu orang. Ini menjadikan balapan virtual itu sebagai siaran televisi esports dengan jumlah penonton paling banyak. Tak hanya itu, balapan itu juga menjadi siaran olahraga di televisi kabel yang paling diminati penonton pada hari Minggu lalu. Mengingat tidak banyak pertandingan olahraga yang disiarkan, itu bukan hal yang aneh.

Memang, jika dibandingkan dengan jumlah penonton balapan NASCAR yang sebenarnya — balapan di Phoenix Raceway mendapatkan 4,6 juta penonton — jumlah penonton eNASCAR tidak ada apa-apanya. Namun, FOX Sports menganggap, minat akan eNASCAR cukup besar sehingga mereka memutuskan untuk menyiarkan semua balapan dari eNASCAR.

“Kolaborasi antara FOX Sports, NASCAR, dan iRacing ternyata disukai oleh para fans balapan, gamer, dan penonton televisi di Amerika Serikat,” kata Brad Zager, FOX Sports Executive Producer dalam pernyataan resmi, dikutip dari TechCrunch. “Ada banyak hal yang kami pelajari dalam waktu singkat. Dan kami senang untuk dapat menyiarkan turnamen esports NASCAR baru ini ke lebih banyak penonton.”

Untuk mengadakan eNASCAR iRacing Pro Inviational Series, NASCAR bekerja sama platform balapan sim racing, iRacing. Dalam balapan virtual, para peserta menggunakan seperangkat peralatan — PC, stir, dan pedal — untuk membuat peserta seolah-olah ikut dalam balapan yang sebenarnya. Ini memungkinkan balapan untuk diadakan tanpa harus mempertemukan para pembalap.

Meskipun begitu, siaran dari eNASCAR iRacing Pro Invitational Series ini tetap diadakan semirip mungkin dengan siaran balapan NASCAR biasa, seperti yang disebutkan oleh CNET. Tiga komentator — Jeff Gordon, Mike Joy, dan Larry McReynolds — datang ke studio NASCAR untuk memberikan komentar tentang balapan yang sedang berlangsung. Sementara Clint Bowyer, pemenang NASCAR Cup Series, memberikan komentar tentang apa yang terjadi di dalam mobil.

“Balapan virtual yang diadakan pada hari Minggu mendapatkan sambutan hangat dari para netizen,” kata Gordon, yang pernah menjadi juara NASCAR Cup Series empat kali. “Kami dapat menyiarkan balapan virtual yang seru dan menghibur.” Dia juga menyebutkan, balapan virtual ini dapat menghibur orang-orang yang tak bisa keluar rumah karena pandemik virus Corona. “Saya tidak sabar untuk mengomentari balapan di Texas pada hari Minggu.”

Sumber header: iRacing