Build Tighnari Genshin Impact Terbaik: Artifact, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

"And just as a doctor won't abandon their patients, I will not abandon the forest." - Tighnari

Sebagai salah satu karakter Dendro pertama, Tighnari menjadi standar yang cukup baik dalam memasang ekspektasi.

Ia mampu menawarkan cara bermain yang berbeda. Apalagi dengan adanya elemen Dendro, beragam kemungkinan dan cara bermain yang berbeda kini sudah terbuka untuk pemain.

Jadi, sekuat apakah Tighnari? Simak ulasan Build Tighnari Genshin Impact terbaik berikut ini.

Build Tighnari Genshin Impact Terbaik

Overview Gameplay Tighnari

Tighnari merupakan karakter B5 Dendro bersenjata bow. Ia biasa digunakan sebagai karakter DPS. Cara bermainnya lebih berfokus ke Charged Attack, yang ditunjang dengan bantuan Elemental Skill dan Burst-nya. Charged Attack Tighnari memberikan damage yang bersifat single-target, sedangkan Skill dan Burst-nya memberikan sedikit damage area.

Secara garis besar, gameplay yang dimiliki Tighnari memiliki kemiripan dengan Ganyu, yang juga merupakan karakter B5 dengan senjata bow. Keduanya memiliki cara bermain yang sama-sama berfokus pada Charged Attack. Akan tetapi, yang membedakan Charged Attack mereka berdua adalah Tighnari bergantung kepada skill-nya untuk memangkas waktu Charged Attack-nya, namun dengan kuota terbatas, sedangkan Ganyu bebas melakukan Charged Attack, namun dengan memakan durasi penuh.

Sehingga, Tighnari lebih cocok bermain dengan playstyle Quickswap, ketimbang sustain Main DPS seperti Ganyu, khususnya pada tim Reverse Melt-nya. Hal ini juga didukung oleh rendahnya energy cost pada Elemental Burst-nya.

Namun karena bermain Charged Shot, tentunya mekanik ini akan lebih sukar dan tricky saat dimainkan di HP dibandingkan saat bermain di PC atau konsol. Sehingga, ketika Anda perlu membiasakan diri untuk memainkannya dengan lancar di HP.

Charged Attack: Khanda Barrier-Buster

Charged Attack Tighnari memiliki 2 level.

  • Charged Attack Lv.1: Menembakkan anak panah yang akan memberikan Dendro DMG.
  • Charged Attack Lv.2: Menembakkan anak panah yang lebih kuat, memberikan Dendro DMG yang lebih kuat pula. Setelah serangan ini mengenai musuh, akan muncul 4 serangan lagi, yang akan mencari musuh terdekat, memberikan Dendro DMG.

Waktu yang diperlukan Tighnari untuk mencapai Charged Attack Lv.2 lebih lama dibandingkan dengan karakter bow lain dengan kemampuan serupa.

Elemental Skill - Vijnana-Phala Mine

Tighnari melemparkan bola ke depan, lalu akan tercipta sebuah area di depannya. Musuh yang berada di dalam area tersebut akan mendapat Dendro DMG, lalu akan menerima halusinasi yang memberikan efek taunting.

Setelah menggunakan skill ini, Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan Charged Attack Lv.2 Tighnari selanjutnya, akan dikurangi sebanyak 2,4 detik. Efek ini akan hilang setelah durasinya habis, atau setelah Tighnari melancarkan 3 serangan Charged Attack.

Manfaatkan efek dari Elemental Skill, untuk melancarkan serangan Charged Attack Tighnari kepada musuh.

Elemental Burst - Fashioner’s Tanglevine Shaft

Meluncurkan 6 anak panah, yang akan melacak musuh, lalu memberikan Dendro DMG. Setelah anak panah tersebut terkena musuh, akan muncul gelombang kedua dari anak panah yang berbeda, yang akan mencari musuh sekitar, lalu memberikan Dendro DMG.

Talenta Pasif 1: Keen Sight

Setelah Tighnari melepaskan Charged Attack, Elemental Mastery-nya bertambah 50 selama 4 detik.

Talenta Pasif 2: Scholarly Blade

Damage dari Charged Attack dan Elemental Burst Tighnari akan bertambah sebanyak 0,06% untuk setiap Elemental Mastery yang dimilikinya. Maksimal bonus DMG yang bisa didapatkan dari efek ini adalah sebesar 60%.

Talenta Pasif 3: Encyclopedic Knowledge

Tighnari akan menandai resource yang unik untuk Sumeru di Mini-map.

Prioritas Talenta: Normal Attack > Elemental Burst > Elemental Skill.

Artifact Tighnari

Tighnari memiliki sejumlah pilihan Artifact yang bisa ia gunakan. Tighnari dapat memakai 4-pc Deepwood Memories, yang memang dikhususkan untuk elemen Dendro. Efek 4-pc-nya sangatlah kuat dan cara pakainya pun juga mudah. Artifact ini memiliki manfaat setingkat dengan Viridescent Venerer, namun khusus untuk elemen Dendro.

Selain itu, 4-pc Gilded Dreams juga bisa Tighnari pakai, karena akan meningkatkan Elemental Mastery dan ATK% dengan jumlah yang cukup banyak, sehingga akan meningkatkan damage personal dari Tighnari maupun reaksi elemen yang dihasilkan. Ada juga 4-pc Wanderer's Troupe yang bisa digunakan, karena playstyle Tighnari yang bertumpu pada Charged Attack-nya.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan kombinasi antara 2-pc dari Deepwood Memories, Wanderer's Troupe, Gilded Dreams, atau Gladiator's Finale.

Main stat yang dicari:

  • Sands: Elemental Mastery / ATK%.
  • Goblet: Dendro DMG Bonus%.
  • Circlet: Crit rate/DMG%.

Prioritas sub stat: Crit Rate/DMG% > Energy Recharge% > Elemental Mastery > ATK%.

Senjata

Untuk bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Dirilis bersama Tighnari, Hunter's Path merupakan senjata terbaiknya. Senjata ini memiliki substat Crit Rate yang sangat berguna, serta efek pasif yang akan menunjang damage Charged Attack Tighnari.

Selain senjata ini, Anda bisa menggunakan senjata B5 lain karena memiliki base ATK yang tinggi, dengan substat kuat seperti Crit Rate atau Crit DMG.  Contoh senjata-senjata tersebut adalah Polar Star, Aqua Simulacra, Thundering Pulse, atau Skyward Harp. Bow dari Battle Pass, yaitu The Viridescent Hunt, juga masih bisa dipakai, karena memiliki substat Crit Rate dan efek pasif yang cukup bagus.

Untungnya, Tighnari juga memiliki sejumlah pilihan senjata F2P, seperti Prototype Crescent, Stringless, Windblume Ode,Hamayumi, King's Squire, dan Slingshot.

Prototype Crescent akan menjadi senjata F2P terbaik Tighnari pada Refinement tinggi, dan juga jika sukses mengenai weakspot musuh secara konsisten. Windblume Ode dan Stringless juga merupakan senjata bagus, karena memiliki substat EM dan efek pasif yang cukup menunjang damage dari Tighnari.

Slingshot merupakan pilihan senjata yang unik, karena walaupun senjata B3, senjata ini memiliki substat Crit Rate dengan efek pasif yang bisa meningkatkan damage Charged Shot secara drastis. Hanya saja kelemahan senjata ini adalah pemain harus menembak musuh dengan jarak yang cukup dekat untuk mengaktifkan efek pasifnya, dan juga memiliki base ATK yang rendah.

Efek pasifnya hanya akan meningkatkan damage Charged Attack utama, dan Anak panah susulan akan menerima pengurangan damage saat memakai senjata ini.

Komposisi Tim

Dengan memanfaatkan reaksi elemen dendro, maka Tighnari paling cocok dipasangkan dengan karakter dengan elemen Electro maupun Hydro.

Quicken merupakan reaksi elemen yang akan meningkatkan damage Dendro dan Electro secara bersamaan. Di tim ini, Anda bisa memasangkan Tighnari dengan karakter Electro seperti Fischl atau Yae Miko, atau bahkan keduanya di satu tim. Untuk pertahanan, Anda bisa menggunakan Zhongli di tim ini untuk melindungi Tighnari saat membidik musuh.

Dan karakter terakhir yang bisa digunakan adalah karakter Anemo seperti Kazuha atau Sucrose. Walaupun elemen Dendro tidak bisa di-swirl, namun elemen Electro masih bisa memanfaatkan efek Viridescent Venerer. Selain itu, crowd-control yang dimiliki kedua karakter Anemo tadi juga sangat berguna saat melawan musuh.

Hyperbloom merupakan sub-reaksi dari Bloom, yang mereaksikan Dendro Seed dengan Electro. Di tim ini, Tighnari bisa dipasangkan dengan 1 karakter Hydro (seperti Kokomi atau Mona), 1 karakter Electro (seperti Yae Miko atau Fischl), dan 1 karakter Anemo (seperti Kazuha atau Sucrose).

Tim terakhir yang bisa Tighnari pakai adalah tim Burning. Tim ini beranggotakan karakter-karakter Pyro yang mampu mengaplikasikan Pyro secara konsisten. Contoh tim yang bisa Anda gunakan adalah Tighnari, Kazuha/Zhongli/Klee, Xiangling, dan Bennett.

Tips Tighnari Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. Setelah memakai Elemental Skill, buff pengurangan konsumsi waktu Charged Attack memiliki durasi yang cukup panjang, sehingga tidak perlu terburu-buru untuk langsung melancarkan Charged Attack. Karena Charged Attack ini memberikan sumbangan damage yang cukup besar, sebisa mungkin pakai setelah reaksi Quicken tercipta.

Salah satu contoh kombo yang bisa digunakan adalah: setelah menggunakan Elemental Skill, lanjutkan dengan Burst, lalu ganti ke karakter Electro terlebih dahulu untuk memicu Quicken. Setelah itu, barulah pakai 3x Charged Attack dari Tighnari, untuk memaksimalkan damage yang dihasilkan. Tips ini lebih berguna ke reaksi Catalyze/Quicken, dibandingkan dengan Bloom atau Burning yang tidak memiliki timing yang rapat.

  1. Walaupun memiliki energy cost yang rendah, pastikan substat Artifact Tighnari masih memberikan sedikit Energy Recharge. Atau jika sulit mencapai hal ini, Anda bisa memakaikan senjata Favonius ke karakter lain di tim, sehingga akan membantu mencukupi kebutuhan energi Tighnari.

Jika Tighnari merupakan karakter Dendro satu-satunya di tim, tanpa bantuan senjata Favonius, usahakan Energy Recharge-nya mencapai sekitar 140-160%. Jika ada karakter Dendro lain di tim, maka jumlah tersebut bisa dikurangi.

  1. Untuk saat ini (hingga versi 3.0), tim Double Dendro yang berisikan Tighnari dengan 1 karakter Dendro (Collei atau Traveller) tidak terlalu disarankan. Hal ini bukan karena sinergi yang buruk, melainkan skillkit mereka yang sangat sederhana dan mendasar, sehingga masih lebih baik memakai karakter dari elemen lain.

Keuntungan dua karakter Dendro di tim sejauh ini hanyalah menghasilkan partikel energi Dendro yang banyak, serta mengaktifkan Dendro Resonance saja. Namun, hal ini tentu akan berubah, saat semakin banyak karakter Dendro yang nantinya akan masuk ke dalam Genshin Impact.

Penutup

Sebagai karakter pembuka versi 3.0, Tighnari merupakan karakter yang cukup bagus. Namun karena pilihan karakter Dendro belum sebanyak karakter dengan elemen lain, cara bermain dan komposisi tim-nya masih sangat terbatas. Untungnya, Tighnari akan masuk ke banner Standard, sehingga pemain memiliki kesempatan setelah versi 3.1 untuk mendapatkan Constellationnya.

Itulah tadi build Tighnari Genshin Impact terbaik yang bisa Anda praktekkan sendiri. Selamat mencoba!