Build Bennett Genshin Impact Terbaik: Artifact, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

“Benny’s Adventure Team, assemble! …Oh, or not” – Unlucky Bennett

Bennett, sebuah karakter di Genshin Impact yang kekuatannya berbanding terbalik dengan kisahnya. Saking bagusnya, ia sering disebut sebagai karakter B6, karena kemampuannya yang belum ada tandingannya hingga saat ini.

Lalu, apa saja kesaktian dari Bennet? Simak penjelasannya Build Bennett Genshin Impact terbaik berikut ini:

Build Bennett Genshin Impact Terbaik

Overview Gameplay Bennett

Bennett adalah karakter B4 Pyro bersenjata sword. Ia biasa digunakan sebagai karakter Support paket lengkap, mulai dari heal, buff ATK, battery, dan cleansing. Semua buff tersebut tidak bergantung pada konstelasi, dan sudah bisa pemain dapatkan pada C0. Terlebih lagi sebagai karakter B4, Bennett relatif lebih mudah didapatkan.

Sebagai ATK buffer, Bennett bisa memasuki berbagai komposisi tim dengan bermacam-macam DPS, karena sebagian besar karakter DPS di Genshin Impact memiliki ATK-scaling. Ditambah lagi, Bennett adalah karakter Pyro, sehingga bisa membantu mencukupi kebutuhan energi dari karakter DPS Pyro, dan juga membantu mengakses Pyro Resonance yang akan memberikan lagi tambahan ATK untuk 1 tim.

Walau terdengar konyol, kelemahan Bennett adalah ia hanya ada 1 di Genshin Impact. Hal ini menjadi penting, mengingat tantangan Spiral Abyss yang membutuhkan 2 tim untuk dijalankan. Ia mirip dengan Xingqiu (terutama sebelum adanya Yelan) dalam urusan sebuah pembentukan komposisi tim di Spiral Abyss.

Karakter buffer yang mendekati level Bennet adalah Kujou Sara. Namun, karena permainan Kujou Sara yang tidak praktis dan durasi buff yang terbatas, hal ini menyebabkan kemudahan bermain dan fleksibilitas Bennet, menjadi kelebihannya di Genshin Impact.

Ada satu lagi kegunaan Bennett yang sering tidak disadari adalah kemampuannya sebagai tank. Jadi, karena Bennet memakai stat HP sebanyak-banyaknya, otomatis HP-nya akan lebih tebal. Ketika Anda akan menerima sebuah damage yang tak terhindarkan, Anda tinggal mengganti karakter Anda ke Bennet, lalu saat Burst Bennet siap, Anda bisa memulihkan HP Bennett kembali.

Cleansing adalah sebuah istilah untuk menghilangkan suatu aura elemen yang melekat pada karakter. Salah satu penggunaan cleansing yang paling umum digunakan saat menghadapi Ley Line Disorder pada Domain atau Spiral Abyss. Salah satu debuff yang paling mengganggu adalah Slowing Water. Debuff dengan aura Hydro ini akan memperpanjang durasi cooldown dari karakter yang terkena. Dengan berada di lingkaran Burst Bennet beberapa saat, aura Hydro tersebut akan hilang, dan cooldown akan dihitung seperti semula.

Elemental Skill - Passion Overload

Tekan: Mengayunkan pedang ke depan dan memberikan Pyro DMG.

Tahan: Efek Elemental Skill Bennett akan tergantung dari seberapa lama ia menahan Skill ini.

Level 1: Dua serangan Pyro, akan melontarkan musuh yang terkena. Level 2: Tiga serangan Pyro, akan melontarkan musuh dan Bennett. Bennett tidak akan terkena damage dari efek ini.

Skill Bennett yang hanya perlu digunakan hanyalah skill versi tekan saja, dan versi tahannya bisa diabaikan.

Elemental Burst - Fantastic Voyage

Bennett akan menghantam tanah, memberikan Pyro DMG, lalu akan menciptakan sebuah lingkaran. Karakter aktif yang berada di atas lingkaran ini, akan mendapatkan buff sesuai dengan jumlah HP yang dimiliki saat itu.

Saat HP karakter di bawah 70%: Karakter aktif akan mendapatkan heal per detik. Heal ini berdasarkan jumlah maksimum HP Bennett.

Saat HP karakter di atas 70%: Karakter aktif akan menerima ATK tambahan, berdasarkan base ATK Bennett.

Talenta Pasif 1: Rekindle

Cooldown Elemental Skill dikurangi 20%, dari 5 detik menjadi 4 detik.

Talenta Pasif 2: Fearnaught

Saat Bennett berada di atas Elemental Burst, cooldown Elemental Skill-nya akan dikurangi 50% dan Elemental Skill versi tahan level 3 tidak akan mementalkan Bennet.

Pasif ini sangat berguna untuk menghancurkan shield elemen.

Talenta Pasif 3: It Should Be Safe

Saat melakukan ekspedisi di Mondstadt, Bennett akan memangkas waktu perjalanan sebanyak 25%.

Prioritas Talenta: Elemental Burst > Elemental Skill (tidak wajib).

Konstelasi

Secara sederhana, konstelasi Bennett dapat dijelaskan seperti berikut:

Konstelasi Penting: C1.

C1: Elemental Burst Bennett tidak lagi memiliki batasan HP, dan buff ATK akan ditambah lagi sebanyak 20% dari base ATK Bennett.

C2: Saat HP Bennett di bawah 70%, ER-nya meningkat sebesar 30%.

C3: Elemental Skill bertambah 3 level.

C4: Menggunakan Normal Attack setelah melakukan Elemental Skill versi tahan level 1, akan menambah 1 kali serangan tambahan.

C5: Elemental Burst bertambah 3 level.

C6: Normal Attack, Charged Attack, dan Plunge Attack setiap karakter yang bersenjata sword, polearm, dan claymore, akan terinfusi dengan Pyro. Setiap karakter yang berada di lingkaran Elemental Burst akan menerima tambahan 15% Pyro DMG.

Artifact

Artifact yang paling disarankan untuk Bennett adalah 4 Noblesse Oblige. Artifact ini akan meningkatkan lagi ATK untuk 1 tim, setiap kali Bennet mengaktifkan Burst. Apalagi, cooldown dan durasi buff Noblesse Oblige memiliki uptime 100%, menyebabkan buff dari Noblesse Oblige bisa dipertahankan secara konsisten.

Tidak disarankan untuk menggunakan Artifact lain untuk Bennett Support. Setidaknya, incar set-bonus dari Noblesse Oblige, walaupun substat yang dimiliki belum sesuai, sampai mendapatkan Artifact Noblesse Oblige yang lebih baik.

Rekomendasi ER: 180-200%

Main stat yang dicari:

  • Sands: ER% / HP%.
  • Goblet: HP%.
  • Circlet: HP% / Healing Bonus%.

Prioritas sub stat:  ER > HP% > flat HP > (Crit Rate/DMG% & ATK% bersifat opsional, karena Burst Bennett memiliki multiplier yang sangat besar).

Senjata

Untuk bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

 

Jika Anda membutuhkan buff ATK semaksimal mungkin, Aquila Favonia merupakan pilihan terbaik untuk Bennet. Sword ini memiliki base ATK tertinggi di Genshin Impact, serta memiliki pasif yang akan memulihkan HP Bennet saat terkena serangan. Namun, ER Bennett perlu diperhatikan saat menggunakan senjata ini.

Untuk pilihan lain, Anda bisa menggunakan Skyward Blade. Karena merupakan pedang B5, base ATK senjata ini tergolong cukup tinggi. Apalagi, senjata ini memiliki substat ER yang sangat berharga bagi Bennett.

Sebagai senjata alternatif, Anda bisa memakai Mistsplitter Reforged, Freedom Sworn, Alley Flash, atau senjata B5 Anda lainnya.

Untuk senjata F2P- Anda bisa memakai antara Prototype Rancour, Blackcliff Longsword, jika Anda mencari sword dengan base ATK tinggi, atau Favonius Sword, Sacrificial Sword, Festering Desire, Amenoma Kageuchi, untuk membantu kebutuhan energi Bennett. Skyrider Sword sebagai senjata B3 masih dapat digunakan untuk sementara, apabila Anda tidak memiliki pilihan senjata di atas.

Komposisi Tim

Sebagai buffer, Bennet bisa diletakkan di berbagai komposisi tim apapun, yang membutuhkan ATK dan/atau heal. Ia paling sering dipasangkan dengan Xiangling karena memiliki sinergi paling baik.

Tim National merupakan tim yang paling sering digunakan di Genshin Impact. Inti dari tim ini adalah memanfaatkan reaksi Vaporize dari Xiangling dan Bennett, dengan playstyle Quickswap. Contoh tim National paling dasar adalah Bennet, Xiangling, Xingqiu, dan 1 karakter fleksibel, seperti Sucrose, Fischl, atau  Chongyun.

Variasi tim National dengan damage output untuk single-target terkuat adalah Raiden National atau yang disingkat dengan Rational. Tim ini berisikan Raiden Shogun, Xingqiu/Yelan, Xiangling dan Bennett. Karena Raiden Shogun dapat mengisi energi untuk 1 tim, maka ER setiap anggotanya bisa dikurangi, dan menggantinya dengan sedikit damage dari Crit Rate/DMG, ATK%, atau EM (HP% untuk Yelan).

International merupakan sebuah variasi dari tim National, yang anggota timnya berasal dari daerah yang berbeda. Anggota awal dari tim International adalah Childe, Xiangling, Bennet, dan Kazuha. Tim ini memiliki tingkat kesulitan di atas Raiden National, karena timing dan rotasi di tim ini perlu presisi agar hasil yang dihasilkan juga optimal. Tim ini juga merupakan salah satu tim dengan damage output terbesar di Genshin Impact.

Reverse Melt merupakan sebuah tim yang memanfaatkan reaksi Melt yang dipicu oleh karakter Cryo. Bennet dan Xiangling di tim ini bertugas untuk memberikan aura Pyro kepada musuh sesering mungkin, lalu karakter Cryo, seperti Kaeya dan Rosaria, akan melakukan Melt. Karena itu, prioritas  damage harus diberikan untuk karakter Cryo, sedangkan karakter Pyro lebih memperhatikan kebutuhan energi.

Variasi lain dari tim Reverse Melt adalah dengan  memakai Ganyu. Di tim ini, Xiangling dan Kazuha akan memberikan aura Pyro terhadap musuh sekitar, dan Ganyu, melalui Charged Atttack-nya, akan mereaksikan Melt. Contoh tim yang bisa Anda gunakan di tim ini adalah Ganyu, Kazuha/Zhongli, Xiangling, dan Bennett. Pakai Zhongli jika Anda membutuhkan pertahanan ekstra.

Selain tim reaksi, Bennett juga bersinar di tim Mono Pyro. Ada banyak variasi tim Mono Pyro, bisa dengan mengandalkan karakter Anemo untuk reaksi Swirl, atau dengan duet Albedo dan Zhongli. Salah satu contoh tim Mono Pyro yang bisa Anda gunakan adalah Bennet, Xiangling, Klee/Yanfei, dan Kazuha/Venti.

Tim Raiden Hypercarry berfungsi untuk memberikan buff sebanyak-banyaknya untuk Raiden Shogun. Sebagai buffer terbaik, sudah tidak perlu ditanyakan lagi mengapa Bennett berada di tim ini. Apalagi, selain buff ATK, Bennett akan meng-cover sisi defensif di tim ini dengan heal-nya yang deras.

Tips Bennett Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. Perlu diingat bahwa bonus ATK yang diberikan Bennett berasal dari base ATK-nya. Itu artinya, bonus tersebut hanya dihitung berdasarkan stat ATK dasar Bennett ditambah dengan base ATK dari senjata. Itulah mengapa, Bennet hanya perlu melihat base ATK dari sebuah senjata, tanpa perlu terlalu memperhatikan substat atau efek pasifnya.

Oleh sebab itu, stat ATK pada Artifact atau bonus ATK dari sumber lain juga tidak akan menambah bonus ATK yang diberikan, melainkan hanya akan meningkatkan damage personal dari Bennet saja. Jika Anda membuka detail stat karakter, base ATK diwakili dengan angka berwarna putih. Pastikan pula untuk meningkatkan level senjata Anda ke level 90, untuk mendapatkan base ATK maksimal.

  1. Jika Anda kesulitan untuk memecahkan Abyss Lector Electro secara cepat di Spiral Abyss, Anda bisa mencoba Bennett dengan 4-pc Thundering Fury. Artifact ini akan mengurangi cooldown Elemental Skill saat karakter mereaksikan reaksi Electro. Untuk ilustrasinya, Anda bisa cek video di bawah ini:

Dapat diperhatikan, Elemental Skill Bennet bisa dipakai setiap satu detik sekali, sehingga akan sangat cepat dalam menghancurkan shield bahkan dari 2 Abyss Lector. Hal ini akan sangat berguna di Spiral Abyss, yang menuntut pemain untuk menyelesaikan tantangan secepat mungkin.

  1. Terdapat sebuah konsep yang keliru mengenai C6 Bennett. Efek konstelasi ini akan menginfusi karakter yang memakai tipe senjata tertentu dengan elemen Pyro. Efek ini sebenarnya akan buruk untuk karakter=karakter DPS Physical, atau yang infusi elemennya akan ditimpa oleh Bennet, contohnya adalah Eula, Razor, Keqing, dan Ayaka.

Namun selama Anda tidak memakai karakter-karakter tersebut, sebenarnya tidak ada masalah yang berarti jika Anda berniat untuk mengaktifkan C6-nya. Apalagi, 15% Pyro DMG bonus yang diberikan konstelasi ini, setara dengan efek 2-pc Crimson Witch of Flames, sehingga akan sangat berguna untuk karakter DPS Pyro, seperti Xiangling, Yanfei, Diluc, Hu Tao, dan Klee.

Namun jika Anda tak yakin dan khawatir terhadap karakter mendatang yang mungkin membutuhkan Bennett namun tidak ingin infusi Pyro ini merusak gameplay-nya, Anda bisa menahan pengaktifan C6, hingga HoYoverse memasukkan fitur toggle untuk konstelasi.

Penutup tips build Bennett Genshin Impact

 

Alasan mengapa Bennett didesain sekuat ini, hanya tim pengembang di HoYoverse yang tahu. Apakah memang ia didesain seperti yang direncanakan? Atau mungkin skill-nya tidak sengaja dibuat terlalu kuat, dan HoYoverse tidak menyadari hal tersebut setelah Genshin Impact dirilis?

Yang pasti, hingga versi 3.0, belum ada karakter yang menawarkan kemampuan setara Bennett dengan build yang murah, serta gameplay yang sangat mudah.

Itulah tadi tips build Bennett Genshin Impact terbaik yang bisa Anda praktekkan sendiri. Selamat mencoba!