22 August 2022

by Glenn Kaonang

PlayNFT Hadirkan Marketplace NFT Khusus untuk Kreator YouTube, Twitch, dan TikTok

Lewat platform PlayNFT, kreator dapat merilis koleksi NFT, lengkap dengan in-game utility yang ditujukan bagi komunitas penggemarnya masing-masing

Di tengah menjamurnya tren "ekonomi kreator," NFT seakan membawa angin segar di kalangan kreator. Melalui NFT, kreator bisa mendapatkan sumber penghasilan tambahan yang reliabel, belum lagi peluang untuk meningkatkan engagement komunitas penggemarnya secara signifikan. Melihat prospek cerah NFT di kalangan kreator, platform PlayNFT ingin membantu memfasilitasi lewat sebuah marketplace NFT khusus buat para kreator.

Di marketplace baru tersebut, para streamer Twitch dan kreator YouTube dipersilakan untuk merilis koleksi NFT-nya masing-masing, lengkap dengan in-game utility yang ditujukan bagi komunitas penggemar mereka. Pada kuartal ketiga tahun ini, marketplace besutan PlayNFT ini kabarnya juga akan membuka akses buat para kreator TikTok.

Sejak awal, PlayNFT sudah punya rencana untuk menjadikan platformnya multi-chain. Jadi selain Ethereum, marketplace NFT khusus kreator ini juga akan terintegrasi dengan ekosistem NFT Polygon, Solana, Tezos, Near, Avalanche, dan beberapa blockchain lainnya. Tujuannya, kalau berdasarkan penjelasan pengembangnya sendiri, adalah supaya koleksi NFT yang dirilis dapat di-mint dan dibagikan di antara banyak blockchain sekaligus.

"PlayNFT akan memaksimalkan upaya kreator melibatkan audiens mereka dan menyematkan utilitas dan nilai ke NFT mereka melalui cara yang kolaboratif dan mudah diakses," ucap Xavier Moore, CEO PlayNFT, dalam sebuah pernyataan resmi. "NFT adalah game changer dalam hal menyematkan nilai nyata ke konten," imbuhnya.

PlayNFT sejauh ini mengklaim telah menerima hibah sebesar $300 ribu dari beberapa pemain di industri crypto, termasuk halnya XRP Ledger, Velas, Near, dan Stacks. Tercatat sudah ada lebih dari 260 streamer yang mendaftarkan diri dan memiliki lapak NFT-nya masing-masing di PlayNFT, namun tentu saja ini masih jauh dari 60 juta kreator potensial yang dapat dijangkau, yang terdiri dari 9,2 juta streamer Twitch dan 51 juta kreator YouTube.

Selain kreator, target pasar PlayNFT turut mencakup kalangan developer game. Pasalnya, platform ini juga dirancang supaya para developer yang tertarik bisa menyematkan in-game utility ke aset-aset NFT yang tersimpan di berbagai blockchain yang didukung.

Sumber: CryptoNews.