17 May 2023

by Daniel Hamiaz

Build Baizhu Genshin Impact Terbaik: Artifact, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

"If there's a life in front of me that deserves to be saved, why shouldn't I do everything within my power to save it?" - Baizhu

Setelah 2 tahun lebih berlalu sejak kemunculannya pertama kali, Baizhu akhirnya hadir di Genshin Impact. Ia merupakan sosok tabib yang tinggal dan bekerja di Bubu Pharmacy. Dan seperti profesinya, ia juga diperkenalkan sebagai sosok karakter healer. Sebaik apakah dirinya? Simak penjelasannya berikut ini.

Build Baizhu Genshin Impact Terbaik

Overview Gameplay Baizhu

Baizhu merupakan karakter B5 Dendro dengan senjata catalyst. Seperti profesinya, permainannya berfokus dalam memulihkan HP untuk satu tim. Sebelum Baizhu dirilis, opsi karakter healer Dendro hanya dipegang oleh Yaoyao saja, sehingga performa Baizhu akan langsung dibandingkan dengannya.

Elemental Skill dan Burst Baizhu akan memulihkan HP satu tim dengan caranya masing-masing. Ketika mengaktifkan Elemental Skill, Baizhu akan melancarkan serangan Dendro ke arah musuh, lalu serangan tersebut akan memantul hingga 2 kali. Seusai hinggap di musuh ketiga, serangan ini akan kembali ke arah Baizhu atau karakter aktif, lalu akan memulihkan HP satu tim. Jumlah heal yang diberikan tidak dipengaruhi oleh jumlah musuh maupun damage dari serangan tersebut, melainkan dihitung dari jumlah HP Baizhu.

Ketika Elemental Burst Baizhu diaktifkan, ia akan menciptakan sebuah shield yang akan melindungi karakter aktif. Selama durasi Burst-nya aktif, Baizhu akan menciptakan sebuah shield yang akan terus menerus diperbarui setiap 2,5 detik sekali.

Ketika shield tersebut pecah, baik akibat serangan musuh maupun diperbarui dengan shield baru, akan ada 2 efek yang terjadi, yaitu anggota tim akan menerima heal dan Burst-nya akan melancarkan serangan Dendro.

Selain sisi defensif, Baizhu juga memiliki sebuah buff yang berasal dari talentanya. Ia akan memperkuat damage dari reaksi Dendro, seperti Quicken, Hyperbloom, Burgeon, Burning, dan Bloom yang dipicu oleh anggota tim.

Meski sekilas ia mampu memberikan beragam manfaat seperti heal, shield, buff, dan serangan Dendro secara off-field dalam satu karakter, namun tugas utamanya adalah sebagai seorang healer. Shield yang ia hasilkan merupakan shield terlemah yang pernah ada di Genshin Impact, sehingga dalam satu serangan saja, shield ini akan langsung pecah. Jadi dalam kasus ini, ia tidak bisa dibandingkan dengan Zhongli, meski sama-sama menggunakan stat HP.

Hal ini sepertinya memang disengaja dimasukkan ke dalam kit-nya. Shield yang ia hasilkan lebih berfungsi untuk memberikan interruption resistance saja, ketimbang melindungi karakter seutuhnya dari serangan layaknya seorang shielder murni.

Kelemahan lain yang ia miliki adalah aplikasi Dendro yang terlalu single-target, sehingga kurang cocok jika hanya mengandalkan aplikasi Dendro-nya saja dalam sebuah tim reaksi Dendro, seperti Bloom, Hyperbloom, dan Burgeon. Maka dari itu, ia tidak bisa menggantikan peran Nahida atau Dendro Traveler sebagai Dendro enabler.

Karena serangan Normal Attack-nya yang sangat dekat atau bahkan bisa dikatakan sebagai serangan melee, hal ini juga cukup merepotkan ketika menghadapi musuh tertentu, baik yang suka berpindah tempat maupun yang memiliki hitbox yang tidak lazim (PMA, Setekh Wenut, Consecrated Beast, dsb.)

Prioritas Talenta: Elemental Burst > Elemental Skill.

Artifact

Karena Baizhu pada umumnya ditaruh di dalam tim berbasis reaksi Dendro, maka Artifact yang paling cocok digunakan adalah 4-pc Deepwood Memories. Artifact ini mampu meningkatkan serangan Dendro yang tim Anda hasilkan secara signifikan.

Namun jika sudah ada karakter lain yang menggunakan Artifact ini, Anda bisa mencoba menggunakan 4-pc Noblesse Oblige, 4-pc The Instructor, atau 4-pc Ocean-Hued Clam. Ketiga pilihan ini sangat bergantung dengan tim apa yang sedang digunakan serta jenis musuh yang sedang dihadapi.

Untuk alternatifnya, Anda bisa menggunakan kombinasi antara 2-pc Tenacity of the Millelith, Vourukasha's Glow, atau Emblem of Severed Fate. Ketiga pilihan ini akan memberikan stat HP% atau ER% yang dibutuhkan Baizhu.

Karena energy cost Baizhu yang sangat tinggi, perhatikan terlebih dahulu ER%-nya terlebih dahulu,  sebelum menumpuk HP% sebanyak-banyaknya.

Rekomendasi ER%: Solo Dendro: 220% | 2 Dendro: 180%.

Main stat yang dicari:

  • Sands: HP% / Energy Recharge%
  • Goblet: HP%
  • Circlet: HP% / Healing Bonus%

Prioritas sub stat: ER% > HP% > flat HP > Crit Rate% (jika memakai Favonius Codex) > Elemental Mastery.

Senjata

Baizhu merupakan healer yang berbasis HP, sehingga pilihan senjatanya sebenarnya tidak banyak. Untungnya, terdapat pilihan senjata crafting yang pemain bisa dapatkan secara gratis.

Untuk senjata terbaik Baizhu tentu dipegang oleh Jadefall's Splendor. Dengan substat HP%, senjata ini akan memaksimalkan healing dan pengisian energi Baizhu. Namun, performa Prototype Amber sebagai senjata crafting yang sudah tersedia sejak versi 1.0, memiliki performa yang tidak kalah atau bahkan setara dengan senjata B5 signature-nya, apalagi jika diperkuat dengan refinement.

Untuk pilihan alternatif senjata lain, Anda bisa menggunakan Hakushin Ring jika Anda meningkatkan damage karakter Electro di tim Anda, Favonius Codex yang akan meringankan kebutuhan energi serta memberikan partikel energi untuk anggota tim yang lain, Everlasting Moonglow yang memiliki substat HP% dan efek pasif yang akan menambah Healing Bonus%, dan tentunya Thrilling Tales of the Dragon Slayer sebagai senjata B3 serbaguna.

Komposisi Tim

Salah satu karakter yang paling terpengaruh dengan rilisnya Baizhu adalah Cyno. Permasalahan utama dari Cyno adalah tidak banyak karakter yang memiliki skill off-field yang mampu mengimbangi durasi Burst-nya yang sangat panjang. Sebelum Baizhu, karakter yang mampu menyanggupi kebutuhan tersebut adalah Nahida dan Zhongli.

Namun ketika Baizhu hadir dengan kemampuan defensif beserta kemampuan off-field Dendro-nya, seketika peran Nahida dan Zhongli dapat digabung ke dalam satu karakter (meski kemampuan Baizhu tidak sebaik kemampuan mereka). Namun dengan begitu, Baizhu mampu mengosongkan satu slot lagi, untuk memaksimalkan damage dari Cyno.

Selain Cyno, sebenarnya karakter-karakter Electro lain yang memanfaatkan reaksi Aggravate juga cukup terbantu dengan adanya Baizhu. Contoh karakter tersebut ialah Keqing atau Yae Miko. Untuk karakter sisanya, Anda bisa menggunakan Fischl dan Kazuha.

Tidak hanya reaksi Aggravate, Baizhu juga bisa dimasukkan ke dalam tim Spread yang masih masuk ke dalam kategori Quicken. Contoh karakter yang bisa memanfaatkan Baizhu adalah Tighnari,Alhaitham, dan Kaveh. Untuk memicu reaksi, Anda perlu menggunakan karakter Electro seperti Fischl, Yae Miko, atau Beidou.

Dengan bertambahnya karakter Dendro, otomatis pilihan karakter dalam tim Nilou juga semakin banyak. Dan karena sifat heal-nya yang lebih kepada satu tim, Baizhu sanggup menjaga HP karakter-karakter dalam tim Nilou dengan sangat baik.

Namun karena aura Dendro-nya yang sangat terbatas, tim Nilou masih perlu menggunakan karakter Dendro enabler lain, seperti Nahida atau Dendro Traveler.

Dan reaksi terakhir yang bisa Baizhu perkuat adalah di tim Hyperbloom atau Burgeon. Kedua tim ini memiliki damage output yang tinggi, sehingga peran Baizhu yang lebih defensif akan lebih terasa di dalam tim ini. Apalagi, ia juga punya kemampuan menghasilkan buff, yang akan meningkatkan damage dari reaksi Dendro, yang pada umumnya jarang ditemukan di dalam sebuah karakter.

Tips Baizhu Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan selama meracik build terbaik untuk Baizhu:

  1. Meski cara kerja Elemental Skill Baizhu adalah melancarkan serangan terlebih dahulu barulah setelahnya menerima heal, ternyata serangan tersebut tidak perlu mengenai musuh.

Maksudnya adalah Elemental Skill-nya akan tetap memulihkan HP tim ketika serangannya kembali, meski tidak mengenai atau tidak ada musuh yang sedang dihadapi. Meski begitu, Baizhu masih memerlukan musuh untuk menghasilkan partikel energi Dendro.

  1. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi shield Baizhu lebih ke arah memberikan interruption resistance ketimbang melindungi HP karakter seutuhnya. Interruption resistance akan mencegah karakter aktif terkena stagger atau knockback ketika menerima serangan musuh.

Hal ini cukup bermanfaat untuk karakter-karakter yang tidak memiliki status tersebut, seperti Cyno, Yae Miko, dan sebagainya. Meski demikian, ketahanan tersebut hanya akan berlaku satu kali saja untuk setiap 2,5 detik, lalu pemain harus menunggu shield baru untuk menahan serangan.

Jadi, meski Baizhu sanggup menahan serangan jenis apapun yang menghasilkan knockback, ia tidak cocok ketika sedang berhadapan dengan musuh yang memiliki pola serangan beruntun, khususnya yang mampu melancarkan serangan bertubi-tubi, sehingga dodging masih perlu dilakukan oleh pemain ketika melawan musuh seperti itu.

Penutup

Rilisnya sebuah karakter healer umumnya tidak akan terlalu mengguncang Meta karakter di Genshin Impact. Namun kehadiran Baizhu sebagai Dendro healer, membuka cabang dan pilihan yang lebih banyak dan bervariasi untuk tim Dendro yang sebenarnya cukup terbatas.

Meski Yaoyao sudah dirilis terlebih dahulu, namun kemampuan tambahannya sebagai Dendro off-fielder yang memiliki durasi yang panjang, menjadi  keunggulan tersendiri baginya bahkan ketika dibandingkan dengan karakter Dendro off-field lainnya.