13 September 2022

by Daniel Hamiaz

Build Keqing Genshin Impact Terbaik: Artifact, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

"We live in an era of change, as the old order that has existed for a thousand years is about to be rewritten. Join me. Let us bear witness to this historical moment together." - Keqing

Sebagai karakter yang sangat diminati oleh banyak sekali pemain Genshin Impact, Keqing merupakan karakter yang memiliki Power Level yang cukup rendah. Apalagi, dengan semakin banyak karakter-karakter baru, posisi Keqing semakin terkubur.

Namun itu dulu. Semua berubah ketika Dendro menyerang. Keqing menjadi salah satu karakter yang paling terpengaruh, dengan mendapatkan power-up dari salah satu reaksi elemen yang baru.

Sekuat apakah Keqing setelah 3.0? Simak ulasan Build Keqing Genshin Impact terbaik berikut ini.

Build Keqing Genshin Impact Terbaik

Overview Gameplay Keqing

Keqing merupakan karakter B5 Electro bersenjata sword, yang biasa digunakan sebagai karakter DPS, khususnya Main DPS. Ia mampu menghasilkan damage Electro dengan sangat cepat, melalui Charged Attack dan Elemental Burst-nya. Elemental Skill-nya dimanfaatkan untuk mendapatkan Electro Infusion untuk Normal dan Charged Attack-nya.

Keqing merupakan 1 dari 6 karakter B5 di banner Standard. Dengan demikian, lambat laun pemain akan mendapatkan Keqing secara sengaja maupun tidak sengaja.

Sebelum versi 3.0 memperkenalkan elemen Dendro, Keqing merupakan karakter DPS Standard, yang memiliki Power Level yang cukup rendah, bahkan tertinggal ketika dibandingkan dengan sejumlah karakter DPS B4 sekalipun

Hal ini diakibatkan oleh 2 hal, yaitu karena Keqing merupakan karakter Electro yang belum memiliki reaksi yang kuat pada saat itu. Yang kedua adalah Charged Attack-nya yang membutuhkan stamina yang sangat tinggi, serta melontarkan musuh menjauh dari Keqing. Hal ini menyebabkan damage yang dihasilkan juga dibatasi oleh Stamina yang ada.

Namun semua berubah saat Dendro masuk dan memperkenalkan sebuah reaksi yang bernama Quicken. Reaksi ini mampu meningkatkan damage Electro (Aggravate) dan Dendro (Spread) secara signifikan. Secara sederhana, reaksi ini memiliki penghitungan damage yang setara (atau mungkin lebih baik) dengan reaksi Vaporize dan Melt.

Dengan demikian, Keqing mampu menghasilkan damage yang jauh lebih tinggi dibanding Keqing pra versi 3.0. Jika masalah damage telah diatasi, lalu bagaimanakah dengan permasalahan Stamina-nya?

Jawabannya terletak di 4-pc Thundering Fury, yang selain memfasilitasi reaksi Aggravate, kini bisa menghemat Stamina secara tidak langsung. Untuk lebih detailnya, akan dijelaskan di bagian Artifact Keqing.

Elemental Skill - Stellar Restoration

  • Ketika ditekan: Keqing melempar Lightning Stiletto ke depan, yang akan memberikan Electro DMG kepada musuh yang terkena.

Jika Elemental Skill ditekan kembali (recast) saat Lightning Stiletto ada di arena, maka Keqing akan berpindah ke tempat Lightning Stiletto berada.

Jika Keqing melakukan Charged Attack saat Lightning Stiletto berada di arena, maka akan muncul serangan di tempat Lightning Stiletto yang akan memberikan Electro DMG.

  • Ketika ditahan: Pemain dapat menentukan kemana arah Lightning Stiletto akan dilemparkan.

Selain untuk pertarungan, Skill ini juga bisa dimanfaatkan untuk eksplorasi, seperti melintasi medan yang lebih tinggi.

Elemental Burst - Starward Sword

Keqing mengeluarkan serangan Electro yang sangat banyak di depannya, memberikan Electro DMG secara area. Serangan ini akan menghilangkan Keqing selama beberapa detik, lalu pada akhir serangan akan memberikan tebasan besar, yang memberikan Electro DMG.

Talenta Pasif 1: Thundering Penance

Setelah recasting Elemental Skill, Keqing akan mendapatkan Electro Infusion selama 5 detik.

Talenta Pasif 2: Aristocratic Dignity

Saat memakai Elemental Burst, Crit Rate dan Energy Recharge Keqing akan meningkat sebanyak 15% selama 8 detik.

Talenta Pasif 3: Land’s Overseer

Saat melakukan ekspedisi di Liyue, waktu yang digunakan akan dipotong sebanyak 25%.

Prioritas Talenta: Normal Attack > Elemental Burst > Elemental Skill.

Artifact Keqing Genshin Impact

Artifact terbaik yang dapat Keqing gunakan saat ini adalah 4-pc Thundering Fury, terlebih lagi saat bermain di komposisi tim Aggravate. Artifact ini akan meningkatkan damage yang dihasilkan dari setiap reaksi Electro (kecuali Crystalize), serta mengurangi cooldown dari Elemental Skill Keqing setiap kali reaksi Electro terpicu.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Keqing memiliki permasalahan di konsumsi Stamina. Selain untuk melakukan Charged Attack, Stamina digunakan untuk mengejar musuh yang terpental. Dengan cooldown Elemental Skill yang lebih pendek ini, Keqing tinggal teleport mendekat ke tempat musuh berada, sehingga tidak perlu lagi menggunakan stamina untuk berlari.

Jika Anda belum memiliki 4-pc Thundering Fury yang baik, Anda bisa memakai sementara alternatif Artifact, seperti kombinasi antara 2-pc Thundering Fury, 2-pc Gladiator's Finale, atau 2-pc Gilded Dreams.

Main stat yang dicari:

  • Sands: ATK%.
  • Goblet: Electro DMG Bonus%.
  • Circlet: Crit rate/DMG%.

Prioritas sub stat: Crit Rate/DMG% > ATK% > Elemental Mastery > flat ATK.

Senjata Build Keqing Genshin Impact Terbaik

Untuk bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Untuk Keqing, Anda bisa memakaikan senjata B5 terbaik yang Anda miliki, misalkan seperti Mistsplitter Reforged, Jade Cutter, Haran Geppaku Futsu, Summit Shaper, Aquila Favonia, atau The Black Sword dari Battle Pass.

Mistsplitter Reforged, Jade Cutter, dan Haran Geppaku Futsu memiliki substat Crit Rate/DMG yang sangat berharga untuk menyeimbangkan stat Keqing, dengan efek pasif yang cukup membantu.

Aquila Favonia merupakan senjata yang masih cukup oke, karena memiliki base ATK yang sangat tinggi dengan efek pasif yang bagus pula. Sayangnya, senjata ini memiliki substat Physical DMG Bonus yang tidak terlalu berguna untuk Electro Keqing.

Summit Shaper memaksa pemain untuk memakai karakter shielder, agar mendapatkan efek maksimalnya. The Black Sword merupakan senjata yang bagus, karena mudah didapatkan, dan juga memiliki substat Crit Rate dengan efek pasif yang bisa memberikan heal untuk Keqing.

Untuk senjata F2P terbaiknya, Anda bisa menggunakan Lion's Roar. Senjata ini akan memberikan stat ATK yang cukup banyak, serta akan meningkatkan damage kepada musuh yang sedang terkena Electro atau Pyro. Senjata ini akan menjadi lebih kuat dengan refinement yang tinggi.

Senjata alternatif lain yang bisa Anda gunakan adalah Kagotsurube Isshin, Blackcliff Longsword, The Flute, Amenoma Kageuchi, dan Prototype Rancour.

Kagotsurube Isshin merupakan senjata yang cukup oke, karena akan diberikan secara cuma-cuma kepada pemain, setelah menyelesaikan Quest Kazuha. Prototype Rancour juga masih bisa digunakan, jika Anda tidak memiliki pilihan lain, mengingat senjata ini diberikan secara gratis di awal game.

Komposisi Tim

Tim Aggravate merupakan tim yang memanfaatkan reaksi Quicken untuk meningkatkan damage Electro. Di tim ini, Keqing dan Fischl-lah yang akan mendapatkan peningkatan damage ini. Dendro MC atau Collei akan dimanfaatkan untuk memberikan elemen Dendro kepada musuh.

Karena Dendro dan Anemo tidak bisa bereaksi, maka elemen yang akan selalu ter-swirl adalah Electro, sehingga bonus damage yang diberikan di tim ini akan semakin banyak. Karakter Anemo yang bisa Anda pakai adalah Kazuha atau Sucrose. Jika Anda membutuhkan healer, Anda bisa menggunakan Jean atau Sayu untuk pengganti karakter Anemo, atau Kuki Shinobu untuk menggantikan Fischl.

Tim Overload bisa digunakan saat melawan musuh tipe berat, yang tidak bisa terpental akibat reaksi antara Electro dan Pyro ini. Contoh musuh yang cocok dilawan dengan tim ini adalah musuh tipe boss. Contoh tim yang bisa Anda gunakan adalah Keqing, Fischl, Xiangling, dan Bennett.

Tim Keqing Hypercarry akan melimpahkan semua buff kepada Keqing, untuk meningkatkan damage-nya. Keqing akan menjadi sangat kuat, jika Anda memiliki C6 Kujou Sara, yang akan meningkatkan 60% Crit DMG milik Keqing. Selain Sara, Bennett juga merupakan buffer yang kuat, yang akan meningkatkan stat ATK. Untuk karakter terakhir, Anda bisa menggunakan Kazuha untuk Electro-Swirl.

Dan tim terakhir yang ada di daftar komposisi tim ini adalah tim Taser. Saat menggunakan Keqing, ada 2 jenis playstyle yang bisa Anda pilih, sesuai dengan preferensi dan juga karakter yang Anda miliki.

Yang pertama adalah dengan menggunakan tim Quickswap, yang lebih mengandalkan perputaran dari Elemental Skill dan Burst dari setiap anggotanya. Contoh tim yang bisa digunakan untuk gaya bermain ini adalah Keqing, Kokomi, Venti, dan Fischl.

Sedangkan, jika Anda lebih suka bermain Keqing sebagai Driver, maka Anda bisa memakai tim Keqing, Xingqiu/Yelan, Fischl, dan Kazuha. Di tim ini, Keqing masih bisa menyelipkan sedikit Charged Attack pada setiap rotasi-nya.

Tips Keqing Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. Untuk memaksimalkan damage Keqing, ada baiknya untuk tidak melakukan recasting Elemental SkillHal ini diakibatkan adanya talenta pasif Keqing, yang akan memberikan Crit Rate setelah memakai Elemental Burst.
  2. Urutan kombo Keqing yang paling optimal adalah: Setelah memasang Lightning Stiletto, pakai terlebih dahulu Elemental Burst. Setelah itu, barulah recasting Elemental Skill. Dengan demikian, Anda bisa menikmati tambahan Crit Rate saat melakukan spam Charged Attack, setelah Elemental Burst.
  3. Jika Anda menggunakan Bennett di tim Keqing, sebaiknya Anda perlu memperhatikan Constellation Bennett. Pada C6, Bennett akan menimpa Electro Infusion Keqing dengan Elemen Pyro, sehingga setiap Electro DMG Bonus% yang dimilikinya akan menjadi sia-sia.
  4. Ada sedikit trik yang bisa dimanfaatkan saat Elemental Burst Keqing berlangsung. Walaupun secara animasi Keqing menghilang saat menebas banyak serangan, namun sebenarnya Anda bisa melakukan animation cancelling. Cukup dengan berlari atau melompat sebelum animasi Burst berakhir, Keqing akan berpindah sesuai tujuan. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk melanjutkan rotasi, melakukan serangan Charged Attack, atau sekadar relokasi saja.

Penutup

Tak dapat dipungkiri, Keqing (dan karakter Electro secara umum), kini memiliki kekuatan yang lebih tinggi, sehingga mampu bersaing dengan karakter-karakter populer lain. Dengan demikian, pilihan karakter kuat dengan komposisi tim yang bervariasi, akan menghiasi versi 3.0 hingga selanjutnya, termasuk Keqing yang merupakan karakter versi 1.0.

Itulah tadi build Keqing Genshin Impact terbaik yang bisa Anda praktekkan sendiri. Selamat mencoba!