22 January 2023

by Daniel Hamiaz

Build Alhaitham Genshin Impact Terbaik: Artifact, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

"All intellectuals are lunatics in the eyes of fools. I'll take that as a compliment." - Alhaitham

Ketika gameplay Alhaitham ditunjukkan untuk pertama kalinya, banyak yang menganggap ia tak lebih dari Keqing namun dengan elemen Dendro. Hal tersebut tidak mengherankan karena sekilas keduanya memiliki banyak kemiripan.

Namun setelah dirilis, Alhaitham ternyata menawarkan cara bermain yang jauh berbeda dan lebih kompleks dari Keqing. Sekuat apakah dirinya? Simak panduan berikut ini.

Build Alhaitham Genshin Impact Terbaik

Overview Gameplay Alhaitham

Alhaitham merupakan karakter B5 Dendro dengan senjata sword. Ia umumnya dimainkan sebagai karakter DPS, baik sebagai on-field DPS maupun karakter Quickswap. Sebagai karakter Dendro, ia mampu memanfaatkan reaksi Spread, dan juga sangat membantu menciptakan reaksi Bloom dan subreaksinya.

Secara visual, gameplay Alhaitham memang memiliki kemiripan dengan Keqing. Keduanya sama-sama memiliki kemampuan berpindah tempat dengan menahan Elemental Skill, dengan serangan Elemental Burst yang cepat dan bertubi-tubi.

Walau begitu, perbedaan gameplay mendasarnya terletak pada rotasinya. Karena Keqing memiliki cooldown yang singkat, ia memiliki rotasi yang cukup fleksibel serta lebih mudah dimainkan.

Alhaitham di sisi lain memiliki mekanik Chisel-Light Mirror yang harus diperhatikan, sebab mekanik tersebut memengaruhi outputdamage-nya secara signifikan.

Setiap kali Alhaitham melakukan Normal Attack, maka akan ada serangan tambahan berdasarkan jumlah Mirror yang sedang dimiliki. Mirror tersebut akan bertambah dan berkurang dengan beberapa cara. Berikut ini penjabaran secara sederhana mengenai dinamika Mirror-nya:

  1. +2 Mirror ketika mengaktifkan Elemental Skill jika tidak memiliki Mirror.
  2. +1 Mirror ketika Charged/Plunge Attack mengenai musuh setelah mengaktifkan Elemental Skill.
  3. -1 Mirror setiap 4 detik berlalu.
  4. Menggunakan Elemental Burst akan mengonsumsi semua Mirror.
  5. Jika Elemental Burst mengonsumsi 0 Mirror, maka +3 Mirror.
  6. Jumlah maksimum Mirror adalah sebanyak 3.

Ditambah dengan cooldown Elemental Skill dan Burst yang panjang serta energy cost yang tinggi, memainkan Alhaitham tidak bisa sebebas Keqing atau karakter lain. Jika terjadi kesalahan rotasi atau penggunaan skill, maka damage yang dihasilkan juga tidak akan maksimal.

Terdapat 2 urutan serangan yang umum dilancarkan Alhaitham, tergantung dari playstyle dan tim yang digunakan. Jika ingin memanfaatkan Alhaitham sebagai main DPS atau sebagai enabler, maka pertahankan jumlah maksimum Mirror yang sedang dimiliki.

Cara bermain seperti ini akan lebih sering menggunakan Normal Attack dan Elemental Skill. Elemental Burst-nya hanya dimanfaatkan untuk menghasilkan 3 Mirror di awal rotasi saja.

Contoh urutan serangan: Burst -> Normal Attack -> E. Skill -> Normal Attack.

Prioritas Talenta: Normal Attack = Elemental Skill > Elemental Burst.

Sedangkan jika ingin memanfaatkan Elemental Burst dan menggantinya dengan karakter lain, Anda cukup menggunakan Elemental Skill, diikuti dengan Charged atau Plunge Attack, lalu aktifkan Burst-nya.

Contoh urutan serangan: E. Skill -> Normal Attack -> Charged Attack -> Burst.

Prioritas Talenta: Elemental Burst > Elemental Skill = Normal Attack.

Artifact Alhaitham

Stat utama untuk meningkatkan damage Alhaitham adalah Elemental Mastery. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan 4-pc Gilded Dreams, yang akan memberikan EM yang cukup banyak. Cara memicu efeknya pun terbilang cukup mudah.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan 4-pc Deepwood Memories jika tidak ada karakter lain yang menggunakannya. Jika Anda belum memiliki kedua set di atas dengan substat yang sesuai atau bagus, Anda bisa menggunakan sementara kombinasi antara 2pc Gilded Dreams, Wanderer's Troupe, Deepwood Memories, atau Emblem of Severed Fate.

Rekomendasi ER%: Solo Dendro: 170-180% | 2 Dendro: 130-140%.

Main stat yang dicari:

  • Sands: Elemental Mastery.
  • Goblet: Dendro DMG Bonus%.
  • Circlet: Crit Rate/DMG%.

Prioritas sub stat: Elemental Mastery > Crit Rate/DMG% > ER% > ATK% > Flat ATK.

Senjata

Untuk bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Light of Foliar Incision merupakan senjata terbaik Alhaitham. Dengan substat Crit DMG yang sangat tinggi, senjata ini juga mampu menyediakan lagi tambahan damage melalui efek pasifnya. Senjata ini juga memberikan sedikit Crit Rate kepada penggunanya.

Sebagai alternatif, Anda bisa memakai senjata-senjata seperti Primordial Jade Cutter, Mistsplitter Reforged, Haran Geppaku Futsu, Black Sword , atau Xiphos' Moonlight. Pilihan senjata B5 alternatif di atas memiliki performa yang cukup setara, jadi tinggal menyesuaikan stat Artifact yang Anda miliki.

Sedangkan untuk senjata F2P terbaik Alhaitham, Anda bisa menggunakan Harbinger of Dawn. Senjata ini akan meningkatkan Crit Rate dan Crit DMG yang cukup tinggi jika berhasil mempertahankan HP penggunanya di atas 90%. Namun, pada praktiknya, cukup sulit memenuhi syarat tersebut, apalagi tanpa shielder yang kuat.

Dengan begitu, senjata F2P yang lebih nyaman digunakan selain itu adalah Toukabou Shigure atau Iron Sting. Keduanya memiliki substat EM yang sangat berguna untuk Alhaitham. Senjata alternatif lain yang bisa digunakan adalah Festering Desire, Favonius Sword, atau Sapwood Blade.

Komposisi Tim

 

Jenis tim yang akan sangat mendongkrak damage personal dari Alhaitham tentunya adalah tim Spread. Di dalam tim ini, Anda hanya perlu mengisi 1 karakter Dendro lain, 1 karakter Electro, dan 1 karakter fleksibel sesuai kebutuhan. Contoh komposisi tim yang bisa Anda gunakan adalah Alhaitham, Nahida/Dendro MC/Yaoyao, Fischl/Raiden Shogun dan Zhongli/Kazuha.

Sebagai karakter yang mampu menjadi enabler/driver, Alhaitham bisa juga dimanfaatkan di tim Bloom, apalagi jika Anda memiliki Nilou. Jika Anda berniat untuk memasangkan keduanya, Anda tinggal memasukkan karakter-karakter Dendro dan Hydro sesuai kebutuhan. Contoh tim yang bisa Anda gunakan di tim ini adalah Alhaitham, Nilou, Xingqiu, dan Yaoyao.

Hyperbloom merupakan sebuah tim yang cukup mudah dimainkan namun dengan damage output yang tinggi. Biasanya, karakter Electro yang digunakan untuk tim Hyperbloom adalah Raiden Shogun dan Kuki Shinobu, lalu tinggal memasukkan karakter Hydro yang kuat, seperti Xingqiu dan Yelan.

Mirip dengan komposisi tim Hyperbloom, tim Burgeon hanya tinggal mengganti karakter Electro-nya dengan Pyro. Karakter Pyro yang biasa dipakai untuk memicu Burgeon adalah Thoma.

Tips Alhaitham Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan selama meracik build terbaik untuk Alhaitham:

  1. Ketika Elemental Burstnya akan menghasilkan 3 Mirror (ketika Alhaitham sedang tidak memiliki Mirror), sebenarnya terdapat jeda waktu antara mengaktifkan dan mendapatkan 3 Mirror-nya. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengganti ke karakter lain, seperti Fischl atau Kuki Shinobu, menggunakan skill mereka, lalu kembali lagi ke Alhaitham.

Dengan begitu, Alhaitham akan memulai rotasi serangan Normal Attack dengan Mirror penuh, serta serangan ekstra dari karakter lain. Namun perlu diperhatikan juga karakter seperti apa yang akan digunakan. Trik ini tidak akan sempat untuk mengganti ke karakter-karakter yang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melakukan setup, contohnya seperti Yae Miko.

  1. Cara Alhaitham menghasilkan partikel energi Dendro terbilang cukup unik. Jika karakter lain umumnya langsung menghasilkan partikel energi ketika memakai Elemental Skill, maka Alhaitham perlu memicu serangan Mirror terlebih dahulu untuk menghasilkan energi partikel.

Untungnya, energi yang dihasilkan ini tidak bergantung dengan jumlah Mirror-nya. Dalam satu kali rotasi, Alhaitham bisa menghasilkan sekitar lima partikel energi Dendro. Jumlah tersebut tergolong cukup banyak untuk ukuran karakter DPS. Namun kekurangannya, Alhaitham tidak bisa melakukan funelling ke karakter lain.

Penutup

Dengan rilisnya Alhaitham, Genshin Impact seolah-olah ingin membuat sebuah karakter yang kompleks, namun dengan fondasi yang sudah ada. Fondasi yang dimaksud di sini adalah Keqing.

Jadi karena pemain sudah cukup familier dengan cara bermain Keqing, maka cara bermain Alhaitham tidak akan sepenuhnya asing. Pemain tinggal menyesuaikan saja mekanik Mirror yang ia miliki dengan gameplay Keqing yang sangat khas.