10 Hero META di Season Baru Mobile Legends

Mulai dari Karina, Masha, sampai Wanwan, berikut adalah 10 hero yang kerap dianggap sebagai META di Season 24 Mobile Legends

Di patch lalu, terdapat banyak penyesuaian, nerf, maupun buff kepada hero dan juga item. Beberapa hero seperti Selena, Fanny, Lancelot, Valentina, Brody, dan Beatrix menjadi META di Season lalu. Dengan adanya patch serta Season baru, apakah hero-hero ini akan tetap menjadi META?

Di daftar ini, kita akan membahas beberapa skill dan kelebihan yang dimiliki hero-hero META di Season 24 Mobile Legends. Yuk, kita simak daftar tersebut.

Daftar Hero META di Season 24 Mobile Legends

Jungler

Karina

Image Credit: Moonton

Salah satu assassin yang mempunyai mobilitas tinggi, Karina merupakan hero yang sering di-pick sebagai jungler. Namun, tidak seperti junglerassassin pada umumnya, Karina lebih sering digunakan sebagai tank jungler.

Meskipun tidak menggunakan item magic, Karina mampu memberikan damage yang konsisten kepada lawan dengan skillShadow Combo. Skill pasif ini dapat membuat Karina memberikan true damage tambahan saat menyerang target yang sama tiga kali berturut-turut.

Tidak hanya itu, Karina juga memiliki skill yang cocok untuk meng-countermarksman atau hero yang mengandalkan basic attack. Skill tersebut adalah Dance of Blades,skill yang dapat memblokir serta me-reflect damagebasic attack lawan.

Baxia

Image Credit: Moonton

Baxia merupakan tank yang bisa digunakan sebagai jungler maupun roamer. Karena itu, hero ini dapat digunakan sebagai flex pick untuk mengecoh musuh. Tank ini menjadi jungler yang META karena memiliki mobilitas tinggi serta damage yang besar di early game.

Dengan skill Baxia-Shield Unity, Baxia mampu melakukan rotasi dan gank dengan mudah. Skill ini memiliki efek CC serta meningkatkan movement speed Baxia. Ketika lawan terkena skill ini, Baxia akan berhenti dan memberi efek CC knockback dan stun selama 0,8 detik.

Baxia juga memiliki skillBaxia Mark, skill pasif yang dapat memberikan efek anti heal kepada lawan. Ketika Baxia mengenai lawan dengan skill-nya, Baxia mengurangi efek shield dan HP regen lawan sebesar 30%. Tidak hanya itu, skill pasif ini dapat mengurangi damage akhir yang diterima Baxia. Skill pasif Baxia Mark sangat ampuh untuk meng-counter hero-hero yang memiliki shield dan HP regen yang tinggi seperti Esmeralda, Uranus, Hilda, dan Yu Zhong.

Shield of Spirit merupakan skill yang menjadi damage utama hero Baxia. Skill ini dapat memberikan magic damage serta damage tambahan 6% dari max HP lawan. Lawan yang terkena skill ini juga akan mendapat efek CC slow sebesar 50% selama satu detik. Selain itu, cooldown skill ini dapat berkurang menjadi 15% setiap mengenai hero lawan atau creep jungle. Karena cooldown-nya yang rendah, Baxia dapat menggunakan Shield of Spirit untuk menghabisi creepjungle dengan cepat.

Roamer

Masha

Image Credit : Moonton

Masha merupakan satu-satunya hero yang memiliki tiga bar HP. Tank/Fighter ini menjadi salah satu roamer yang META karena skill set-nya yang mengutamakan damage, mobilitas, serta sustain yang tinggi. Berikut penjelasan beberapa skill tersebut.

Tidak mempunyai mana, Masha menggunakan energy sebagai skill cost Life Recovery. Masha dapat memulihkan 3 energy setiap kali dia memberikan damage kepada hero lawan atau creep jungle. Karena Masha memiliki skillLife Recovery, Masha tidak perlu mengandalkan recall untuk memulihkan HP. Life Recovery menggunakan seluruh energy untuk memulihkan satu bar HP Masha. Namun, skill ini tidak bisa digunakan dalam pertarungan.

Skill pasif milik Masha, Ancient Strength, membuat Masha memiliki tiga bar HP. Dengan Ancient Strength, Masha dapat mengabaikan damage dari serangan lawan setiap kali bar HP-nya hilang. Pasif ini membuat Masha memperoleh 1,8% attack speed tambahan setiap 1% HP-nya yang hilang. Masha juga mendapatkan 25% physical lifesteal tambahan ketika bar HP pertamanya lenyap dan 15% physical lifesteal tambahan serta 60% resilience ketika dia kehilangan bar HP yang kedua.

Jika kedua skill ini digunakan dengan optimal, Masha akan menjadi sangat sulit untuk dibunuh.

Merupakan skill yang membuat mobilitas Masha tinggi, Howl Shock dapat meningkatkan movement speed Masha sebanyak 30%. Howl Shock juga memberikan tambahan damage yang berdasarkan total HP Masha pada setiap basic attack.

Tidak hanya Howl Shock, skillultimate milik Masha, Thunderclap, dapat memberikan damage berdasarkan HP tambahan Masha.

Karena kedua skill ini memberikan damage berdasarkan HP, Masha dapat memberikan damage yang tinggi walaupun memakai buildtank/defense.

Hilda

Image Credit : Moonton

Mempunyai kemampuan regen, mobilitas, serta damage yang tinggi, Hilda menjadi salah satu tank yang sering di-pick dan ban di Season ini. Berikut penjelasan beberapa skill yang membuat Hilda roamer yang META.

Blessing of Wilderness, skill pasif milik Hilda ini dapat meningkatkan kemampuan regen Hilda. Ketika berada di dalam bush, Hilda akan meregenerasi 2% dari max HP-nya setiap detik.

Combat Ritual adalah skill yang meningkatkan mobilitas serta basic attack Hilda. Untuk lebih jelasnya, skill ini dapat meningkatkan movement speed sebanyak 60% serta memperkuat basic attack Hilda selama tiga detik. Basic attack yang diperkuat dapat memberikan efek CC slow sebesar 40% kepada lawan.

Menjadi damage utama Hilda di early game, Art of Hunting adalah skill yang dapat memberikan damage serta CC yang menganggu kepada lawan. Skill ini dapat digunakan tiga kali sebelum memasuki cooldown. Serangan ketiga skill ini dapat memberi efek CC knockback kepada target dan lawan di sekitarnya.

Power of Wildness merupakan skill ultimate Hilda yang mendapat revamp di patch lalu. Skill ini dapat memberikan efek CC stun kepada target selama 0,2 detik. Selain itu, basic attack dan skill Hilda akan meninggalkan mark yang memberikan damage tambahan kepada Power of Wildness sebesar 2,5% dari max HP target (hingga enam stack) selama empat detik. Saat stack tersebut penuh, Power of Wildness akan memberikan damage tambahan sebesar 40% dari max HP target dan mengabaikan 20% physical defense mereka.

Mid Laner

Valentina

Image Credit: Moonton

Meskipun sudah di-nerf berkali-kali, Valentina tetap memiliki burst damage, mobilitas, serta lifesteal yang tinggi. Tidak hanya itu, mage ini juga memiliki skill yang unik serta efek CC yang mengganggu. Karena itu, hero ini tetap menjadi langganan ban dan pick di Season 24. Berikut penjelasan skill yang membuat Valentina META.

Lifesteal Valentina berasal dari skill pasifnya, Primal Force. Ketika level hero lawan lebih rendah dari Valentina, 32-60% damage yang diberikan akan dikonversi menjadi HP Valentina. Namun, saat level hero lawan lebih tinggi, Valentina memperoleh 15-50 EXP setiap kali memberikan damage ke hero lawan.

ShadowStrike merupakan salah satu skill yang menjadi damage utama hero Valentina. Skill ini dapat memberikan efek CC slow sebesar 40% kepada lawan selama satu detik. Skill ini juga meninggalkan Shadow Sigil yang berlangsung selama empat detik kepada hero lawan. TIdak hanya itu, Shadow Strike juga dapat memberikan efek CC terrify selama 0,7 detik kepada hero lawan yang memiliki Shadow Sigil. Shadow Strike juga dapat mengenai lebih dari satu lawan karena skill-nya yang berbentuk seperti kipas.

Skill kedua Valentina, Arcane Shade dapat menembakkan tiga Shadow Bolt yang memberikan magic damage ke musuh terdekat serta melakukan dash ke arah yang ditentukan. Valentina dapat menggunakan skill ini lagi dalam enam detik sebelum memasuki cooldown. Setiap kali Shadow Bolt mengenai creep atau hero lawan, cooldownShadow Strike akan berkurang satu detik.

Dengan kombinasi Shadow Strike dan Arcane Shade, Valentina dapat memberikan burst damage yang tinggi serta efek CC kepada lawan.

I Am You, skill ultimate Valentina ini dapat menyerap kekuatan hero musuh yang ditentukan dan memberikan efek CC slow sebesar 70% kepada lawan selama 0,5 detik. Kekuatan yang diserap memungkinkan Valentina untuk menggunakan skill ultimate lawan tersebut dalam 20 detik berikutnya. Setelah mengeluarkan ultimate lawan, Valentina akan berubah menjadi hero tersebut dan mewarisi jenis basic attack mereka. Namun, jika ultimate lawan memiliki efek morph, Valentina dapat menggunakan seluruh skill lawan tersebut. Jika hero musuh adalah hero physical, Valentina akan mendapatkan tambahan physical attack berdasarkan magic power yang dimiliki Valentina selama durasi tersebut. Dengan I Am You, Valentina dapat membuat musuh lengah dengan skill yang tidak terduga.

Cecillion

Image Credit: Moonton

Karena damage skill-nya yang dapat bertambah kuat seiring waktu, Cecilion menjadi salah satu hero yang ditakuti ketika mencapai late game. Skill set Cecilion juga memiliki kemampuan clear lane yang cepat serta memiliki jarak yang jauh.

Overflowing merupakan skill pasif Cecilion yang membuatnya memperoleh 10 max mana tambahan dan 10 mana setiap kali skill-nya mengenai lawan. Karena skill aktif Cecillion mendapat tambahan damage dari total mananya, skill pasif ini akan meningkatkan damage dari skill Cecilion secara besar-besaran saat stack-nya mencapai jumlah yang banyak.

Namun, mage ini sangat lemah di early game karena kurangnya stackOverflowing maupun skill mobilitas. Karena tidak memiliki skill jarak dekat, Cecillion dapat di-counter hero assassin yang memiliki mobilitas tinggi.

Memiliki jarak yang jauh serta cooldown yang rendah, Bat Impact adalah skill yang menjadi damage utama Ceciliion. Akan tetapi, setiap kali Cecilion menggunakan Bat Impact, penggunaan mana skill tersebut akan meningkat. Efek ini akan hilang jika Cecillion tidak memakai Bat Impact selama enam detik. Skill ini juga dapat mengaktifkan Overflowing tambahan sebanyak satu kali.

EXP Laner

Grock

Image Credit : Moonton

Setelah mendapat buff serta penyesuaian yang besar di patch lalu, Grock menjadi langganan pick untuk mengisi posisi EXP Laner ataupun roamer. Hero tank ini memiliki efek CC dan burst damage yang tinggi.

Grock juga dapat meningkatkan physical defense walaupun memakai build damage berkat skill pasifnya. Selain itu, Grock juga memperoleh 10% movement speed, physical defense, dan HP regen tambahan ketika berada di dekat dinding atau turret.

Power of Nature merupakan salah satu skill Grock yang dapat memberikan burst damage kepada lawan. Damage skill ini berskala dengan waktu charge. Power of Nature juga dapat memberikan efek CC slow sebesar 40% kepada lawan dan di sekitarnya selama dua detik. Tidak hanya itu, Grock juga kebal terhadap CC saat melakukan charge di dekat dinding atau turret.

Skill ultimate Grock juga memiliki burst damage serta efek CC yang tinggi. SkillWild Charge dapat membuat Grock melakukan dash ke arah yang ditentukan dan memberikan damage serta efek CC airborne kepada lawan di arahnya. Jika skill ini mengenai dinding atau turret, lawan di sekitar Grock akan terkena damage dan efek CC stun selama 1,8 detik. Wild Charge juga dapat dikombinasikan dengan Guardian's Barrier, skill Grock yang dapat mengeluarkan dinding ke arah yang ditentukan selama 5 detik.

Dyrroth

Image Credit: Moonton

Merupakan salah satu counter tank, Dyrroth merupakan hero fighter yang dapat mendominasi laning phase di EXP Lane. Fighter ini juga memiliki efek CC slow serta burst damage yang dapat menembus item defense lawan dengan mudah.

Skill pasif Dyrroth, Wrath of the Abyss, dapat meningkatkan skillBurst Strike dan Spectre Step ketika rage-nya mencapai 50%. Setelah Dyrroth mengeluarkan dua basic attack, basic attack berikutnya akan memiliki efek Circle Strike yang dapat meregenerasi HP sesuai damage yang Dyrroth berikan. Setiap kali Circle Strike digunakan, cooldown dari Burst Strike dan Spectre Step akan berkurang sebanyak 1 detik.

Burst Strike merupakan salah satu skill aktif Dyrroth yang dapat memberikan damage serta efek CC slow sebesar 25% selama 1,5 detik terhadap lawan. Ketika ditingkatkan pasif Wrath of the Abyss, Burst Strike memiliki jarak yang lebih jauh, memberikan 140% dari damage orisinal, dan efek CC slow-nya menjadi dua kali lipat.

Skill yang dapat digunakan untuk mengejar lawan ataupun melarikan diri, Spectre Step membuat Dyrroth melakukan dash ke arah yang ditentukan dan memberikan damage kepada lawan. Skill ini juga dapat digunakan kembali dalam 4 detik. Ketika Dyrroth menggunakan skill ini kembali, ia akan melakukan dash ke target dan melepaskan Fatal Strike yang memberikan damage serta mengurangi physical defense lawan sebesar 50%. Saat Spectre Step ditingkatkan pasif Wrath of the Abyss, Fatal Strike akan memberikan 150% dari damage asli, efek CC slow sebesar 90% kepada target, dan mengurangi 75% physical defense lawan.

Dyrroth juga memiliki skill ultimate yang dapat memberikan physical damage dan 20% dari HP lawan yang telah hilang, Abysm Strike. Skill ini cocok untuk mengakhiri combo ataupun membunuh lawan yang sekarat. Lawan yang terkena skill ini juga mendapatkan efek CC slow sebesar 55%.

Gold Laner

Beatrix

Image Credit: Moonton

Beatrix adalah salah satu marksman yang menjadi top pick dari awal rilis. Memiliki empat senjata yang memiliki basic attack dan skill ultimate yang berbeda, Beatrix dapat menggunakan senjata yang berbeda sesuai situasi. Tidak hanya itu, keempat skill ultimate tersebut memiliki cooldown yang terpisah.

Skill pasif Beatrix, Mechanical Genius membuat Beatrix memiliki empat senjata yang mempunyai basic attack serta skill ultimate yang berbeda. Namun, Beatrix tidak dapat melakukan serangan critical, setiap 1% critical chance yang diperoleh Beatrix menjadi 1 physical attack.

Beatrix hanya dapat memilih dua senjata sebagai senjata utama dan senjata keduanya. Untuk memilih senjata yang akan digunakan, Beatrix dapat menggunakan skill spesial Need Backup. Skill ini hanya dapat digunakan saat Beatrix di luar pertarungan.

Untuk mengganti senjata utama dengan senjata kedua, Beatrix dapat menggunakan skill aktif Masterful Gunner. Setelah berganti senjata, Beatrix akan memiliki basic attack serta skill ultimate yang berbeda. Tidak hanya itu, skill Masterful Gunner juga memiliki pasif yang dapat meningkatkan physical damage Beatrix.

Wanwan

Image Credit : Moonton

Salah satu hero yang mendapatkan buff di patch lalu, Wanwan kembali menjadi langganan pick untuk mengisi gold lane. Hero marksman ini memiliki mobilitas serta damage yang tinggi ketika mencapai late game.

Wanwan memiliki skill pasif Tiger Pace. Skill ini dapat mengungkap posisi dan tiga weakness hero lawan yang dia serang selama 5 detik. Ketika mengenai weakness lawan dengan skill atau basic attack-nya, Wanwan memberikan true damage tambahan. Tidak hanya itu, Wanwan memberikan 12% damage tambahan kepada lawan saat seluruh weakness-nya terkena hit.Skill pasif ini juga membuat Wanwan melakukan dash jarak pendek setiap kali dia menggunakan basic attack atau skill-nya.

Hero marksman ini juga memiliki skill yang mirip dengan battle spellPurify, Needles in Flowers. Skill ini dapat menghapus seluruh efek CC yang diberikan lawan serta mengaktifkan efek dash dari skillTiger Pace.

Merupakan salah satu skill ultimate yang paling mematikan di Mobile Legends, Crossbow of Tang adalah skill ultimate yang dapat memutarbalikkan teamfight. Berikut penjelasan skill tersebut.

Wanwan mengaktifkan crossbow-nya serta menembakkan panah kepada lawan selama 2,5 detik. Saat Wanwan mengeliminasi hero lawan menggunakan skill ini, ia akan mengganti target dan menambah attack speed-nya sebesar 30% serta durasi Crossbow of Tang selama satu detik. Tidak hanya itu, ketika skill ini berlangsung, Wanwan tidak dapat menerima serangan dari lawan. Namun, Crossbow of Tang hanya bisa digunakan ketika seluruh weakness lawan terkena hit.