30 March 2022

by Hans Thio

Guide Selena Mobile Legends, Roamer META di Patch Terkini

Sekali kena, Langsung Mati!

Salah satu hero yang menjadi ban dan pick prioritas di Draft Pick, Selena Mobile Legends merupakan hero Mage/Assassin yang termasuk META di patch sekarang. Untuk memakai hero ini dengan baik, tentunya, Anda membutuhkan pengertian skill, build, serta kelemahan hero Selena. Untuk itu, kami membuat guide hero Selena yang membahas hal-hal tersebut.

Di guide ini, kita akan membahas skill, combo,build, dan alasan Selena termasuk hero META. Selain itu, kita juga akan membagi tips dan trik hero Selena.

Mengapa Selena Mobile Legends Termasuk Hero META?

Image Credit : Moonton

Hero Mage/Assassin ini termasuk META karena beberapa skill-nya yang memiliki burst damage, efek CC Stun, serta Slow yang sangat mengganggu. Popularitas Selena semakin meroket sejak adanya Dire Hit, salah satu blessing sepatu roam. Dengan Dire Hit, burst damage yang dikeluarkan Selena menjadi salah satu yang terkuat di MLBB. Tidak hanya itu, Selena juga memiliki mobilitas tinggi dan skill yang bisa memberi vision di tempat yang ditentukan.

Penjelasan Skill Selena Mobile Legends

Image Credit : Moonton

Selena mempunyai dua form, Elven Form dan Abyssal Form. Berbeda dengan hero pada umumnya yang memiliki tiga atau empat skill aktif, Selena memiliki enam skill aktif karena mempunyai 2 form. Namun, Selena hanya memiliki satu skill pasif, Symbiosis. Kedua form ini masing-masing memiliki tiga skill aktif. Elven Form mempunyai Abyssal Trap, Abyssal Arrow, dan Primal Darkness. Sedangkan Abyssal Form memiliki Soui Eater, Garotte, dan Blessing of the Moon Goddess.

Symbiosis

Ketika berada dalam Elven Form, semua skill Selena meninggalkan Abyssal Mark kepada target. Abyssal Mark ini dapat mengeluarkan magic damage tambahan saat Selena memberi damage dalam Abyssal Form.

Abyssal Trap

Selena meletakkan Abyssal Devil di lokasi yang ditentukan. Abyssal Devil akan melekatkan dirinya ke lawan yang mendekati lokasi tersebut serta menyebabkan efek CC Slow. Setelah 1 detik, Abyssal Devil memberikan magic damage kepada lawan dan sekitarnya.

Abyssal Arrow

Selena menembakkan Magic Arrow ke arah yang telah ditentukan. Hero lawan yang terkena akan menerima magic damage serta efek CC Stun selama 0.5 sampai 3 detik. Durasi efek CC Stun dan damage meningkat berdasarkan jarak terbang Magic Arrow. Tidak hanya itu, Magic Arrow juga bisa menyerap Abyssal Trap, efek Abyssal Trap akan aktif pada target setelah terkena Magic Arrow.

Primal Darkness

Selena memasuki Abyssal Form serta meningkatkan movement speed-nya selama 0.8 detik. Skill ini juga me-reset cooldownSoul Eater dan Garotte.

Soul Eater

Selena membuat basic attack berikutnya memberikan magic damage tambahan. Jika basic attack ini mengenai lawan, Selena memperoleh shield yang dapat menyerap damage.

Garotte

Selena melakukan dash ke arah yang ditentukan dan memberikan magicdamage kepada lawan di sepanjang jalannya. Jika skill ini mengaktifkan efek Abyssal Mark, cooldown-nya akan di-reset.

Blessing of the Moon Goddess

Selena memasuki Elven Form serta meningkatkan movement speed-nya selama 0.8 detik. Skill ini juga me-reset cooldownAbyssal Trap dan Abyssal Arrow.

Prioritas upgrade skill Selena: Primal Darkness/Blessing of the Moon Goddess -> Abyssal Trap/Soul Eater -> Abyssal Arrow/Garotte

Untuk penjelasan skill Selena yang lebih detail, Anda bisa menemukannya di game atau laman resmi MLBB.

Combo Skill Selena

Image Credit : Moonton

Abyssal Arrow ->Abyssal Trap ->Primal Darkness -> Soul Eater -> Garotte

Untuk memulai combo ini, Selena harus berada dalam Elven Form. Setelah itu, Anda bisa meluncurkan Abyssal Arrow serta Abyssal Trap kepada lawan. Saat skill ini terkena lawan, efek CC Stun dan Abyssal Mark akan muncul. Untuk mengakhiri combo, Anda bisa menggunakan Primal Darkness untuk bertukar ke Abyssal Form dan menggunakan Soul Eater atau Garotte untuk mengaktifkan efek Abyssal Mark.

Build Item Terbaik untuk Selena

Image Credit : Moonton

1. Demon Shoes

Karena cooldown skill-nya yang cepat, pemakaian mana Selena menjadi boros. Solusi masalah tersebut adalah Demon Shoes. Sepatu ini memiliki pasif unik yang dapat memulihkan mana saat mengeliminasi minion atau lawan. Tidak hanya itu, Demon Shoes juga mempunyai atribut mana regen yang tinggi.

Jika Anda memakai Selena sebagai Roamer, BlessingEquipmentDire Hit sangat cocok digunakan untuk menambah burst damage dari Selena.

2. Clock of Destiny

Sebagai hero mage yang mengandalkan burst damage, Clock of Destiny tentu menjadi item wajib untuk Selena. Clock of Destiny cocok di-build sebagai item pertama setelah sepatu karena kedua pasif uniknya membutuhkan waktu untuk memperoleh magic attack, HP, dan mana tambahan.

3. Genius Wand

Genius Wand adalah salah satu item yang bisa menembus magic defense lawan. Meskipun biasanya item yang beratribut magic PEN di-build di akhir, Genius Wand cocok di-build di awal karena pasif uniknya bisa mengurangi magic defense lawan hingga bilangan negatif.

4. Lightning Truncheon

Karena pasif uniknya yang menggunakan max mana hero, Lightning Truncheon sangat cocok untuk dipakai bersama Clock of Destiny. Pasif unik item ini memberi magic damage yang memantul ke maksimal tiga lawan saat pemain menggunakan skill. Item ini cocok untuk memberi Selena damage AOE tambahan.

5. Holy Crystal

Holy Crystal adalah salah satu item yang digunakan hampir semua mage. Item ini memiliki pasif unik yang sangat simpel jika dibandingkan dengan item lain. Pasif unik item ini dapat meningkatkan magic attack sebanyak 21-35% (meningkat berdasarkan level). Karena itu, item ini cocok untuk di-build di akhir.

6. Divine Glaive/Blood Wings

Untuk item terakhir, Anda bisa menggunakan salah satu item ini berdasarkan situasi.

Divine Glaive merupakan salah satu item yang bisa menembus magic defense lawan. Item ini memiliki pasif unik yang memberi atribut magic PEN berdasarkan magic defense yang dimiliki lawan.

Jika lawan memiliki magic defense yang rendah, Anda bisa menggunakan Blood Wings untuk memperoleh lebih banyak magic powerBlood Wings memiliki atribut magic power tertinggi di antara semua item magic. Selain itu, Blood Wings mempunyai pasif unik yang bisa memberi shield untuk tambahan defense.

Perlu diingat, item-item seperti Immortality dan Winter Truncheon juga bisa digunakan untuk Selena. Immortality serta Winter Truncheon tidak termasuk dalam list karena item-item tersebut cocok dipakai semua hero.

Emblem Terbaik Selena Mobile Legends

Image Credit : Moonton

Salah satu emblem yang dipakai hampir semua mage, Emblem Mage memiliki atribut magic power, magic PEN, cooldown reduction, movement speed, serta magic lifesteal. Untuk pemilihan talent, Anda bisa menyesuaikan dengan playstyle atau mengikuti gambar di atas.

Battle Spell Terbaik Selena Mobile Legends

Image Credit : Moonton

Untuk playstyle yang agresif, Selena bisa menggunakan Execute atau Flameshot. Execute dapat digunakan untuk mengeliminasi lawan saat berada dalam jarak dekat, sedangkan Flameshot lebih efektif ketika dipakai di jarak yang jauh.

Jika Anda lebih suka playstyle yang aman, Flicker adalah pilihan yang terbaik. Walaupun battle spell ini memiliki cooldown yang lama, kemampuan blink-nya bisa menyelamatkan nyawa di situasi genting.

Kelebihan dan Kekurangan Hero Selena Mobile Legends

Image Credit : Moonton

Hero META tentu sangat kuat jika dibandingkan dengan hero yang tidak termasuk META. Namun, semua hero pasti memiliki suatu kelemahan. Tentu saja, burst damage dan efek CC Stun milik Selena menjadi salah satu kelebihan Selena. Akan tetapi, kemampuan ini harus diarahkan secara manual serta bersifat single target. Hal ini membuat skill Selena mudah untuk di-cover tank lawan. Selain itu, musuh dapat membeli item defense seperti Athena’s Shield atau Immortality untuk meng-counter burst damage milik Selena.

Tips dan Trik Hero Selena Mobile Legends

Image Credit : Moonton

Spam Skill

Selena memiliki 2 skill yang bisa menambah movement speed, Primal Darkness dan Blessing of The Moon Goddess. Kedua skill ini memiliki cooldown yang rendah serta mampu me-resetcooldown skill lainnya. Karena itu, kedua skill ini bisa di-spam untuk menambah mobilitas dan mempercepat cooldown skill Selena.

Menggunakan Abyssal Trap untuk Vision

Selain menggunakan Abyssal Trap untuk memberi damage kepada lawan, Selena juga bisa menggunakan skill ini untuk memberi vision di lokasi yang ditentukan. Meskipun Abyssal Trap milik Selena hanya bertahan selama 60 detik, skill ini tetap berguna untuk mencegah gank dari tim lawan. Akan tetapi, skill ini mempunyai batas. Selena hanya bisa meletakkan tiga Abyssal Trap di Land of Dawn secara bersamaan.

Penutup

Itulah tadi guide hero Selena Mobile Legends di patch terbaru. Perlu diingat, walaupun Anda sudah menggunakan build dan emblem terbaik, Anda membutuhkan latihan yang cukup untuk menguasai hero ini. Selain itu, Anda juga bisa menonton dan mempelajari cara pemain professional menggunakan Selena di MPL ID Season 9.