9 April 2022

by Hans Thio

META Tank di Season 24 Mobile Legends? Inilah Pembahasan beserta Counter-nya

Hero dan item tank mendapat banyak buff, apakah tank akan mendominasi META di Season 24?

Seperti biasanya, patch di awal Season memberikan banyak perubahan terhadap beberapa hero maupun item. Pada Season 23 kemarin, beberapa hero assassin seperti Fanny, Lancelot, dan Selena berhasil mendominasi META dengan menjadi langganan ban dan pick setelah mendapat buff. Dengan berakhirnya Season 23, Mobile Legends: Bang Bang kembali menghadirkan patch besar-besaran untuk Season 24. Apakah hero assassin akan tergeser dari META karena patch baru?

Patch kali ini membekali banyak perubahan seperti penyesuaian hero, itembattle spell, serta hero baru. Namun, beberapa hero dan item tank menjadi sorotan utama karena mendapat buff serta perubahan yang besar. Karena itu, kita akan membahas META tank beserta cara untuk meng-counter META tersebut.

Mengapa Tank META di Season Baru?

Tank Menjadi Lebih Fleksibel

Karena banyaknya hero dan item tank yang mendapat perubahan, sekarang tank bisa mengisi berbagai posisi selain roamer. Beberapa item tersebut adalah Cursed Helmet dan Twilight Armor.

Image Credit: Moonton

Cursed Helmet memiliki pasif unik yang dapat memberi magic damage per detik berdasarkan Max HP hero. Di patch ini, pasif unik tersebut mendapat peningkatan damage terhadap creep serta minion. Kini, hero yang memakai build defense mampu meng-clear wave maupun creep jungle dengan cepat. Dengan perubahan ini, kini hero-hero tank dapat mengisi role jungler.

Image Credit: Moonton

Sebelum patch ini, Twilight Armor memiliki atribut unik yang mengurangi 20% critical damage yang diterima. Di patch terkini, atribut unik item tersebut dihilangkan. Namun, pasif unik Twilight Armor mendapat revamp. Setiap dua detik, pasif baru Twilight Armor dapat memberikan magic damage (berdasarkan HP tambahan hero) kepada lawan di serangan berikutnya. Dengan adanya pasif ini, hero-hero tank dapat memberi damage yang konsisten terhadap lawan meskipun memakai build full defense.

Counter Ampuh Marksman dan Hero yang mengandalkan Critical Damage

Image Credit: Moonton

Blade Armor memiliki pasif unik yang dapat me-reflect damage dari basic attack. Di patch kali ini, pasif unik tersebut mendapat damage reflect tambahan berdasarkan physical defense hero. Tidak hanya itu, kini Blade Armor memiliki efek pengurangan critical damage milik Twilight Armor. Dengan efek serta pasif unik tersebut, Blade Armor menjadi counter yang sangat ampuh untuk marksman dan lawan yang mengandalkan critical damage ataupun basic attack.

Kelebihan dan Kekurangan Tank Jungler

Image Credit: Moonton

Build tank/defense memiliki damage yang rendah jika dibandingkan dengan build physical atau magic. Namun, build tank memiliki atribut defense yang tinggi. Hal ini membuat tank jungler dapat menahan lebih banyak damage di teamfight. Karena itu, melakukan kontes Turtle maupun Lord dapat dilakukan dengan lebih aman.

Meskipun memiliki banyak kelebihan di laning phase dan mid game karena defense-nya yang tinggi, tim yang menggunakan tank jungler membutuhkan mage dan marksman yang dapat memberi damage yang tinggi untuk jaminan late game.

Beberapa Item dan Hero yang Dapat Meng-counter Tank

Item Counter Physical dan Magic Defense

Image Credit: Moonton

Untuk meng-counter tank yang memiliki atribut defense tinggi, Anda dapat menggunakan item dengan atribut penetration dan pasif unik yang dapat mengurangi atau menembus physical maupun magic defense lawan. Beberapa item yang memiliki kemampuan tersebut adalah Malefic Roar, Genius Wand, dan Divine Glaive.

Item Counter HP

Image Credit: Moonton

Untuk meng-counter tank yang memiliki banyak HP, Anda dapat menggunakan item seperti Demon Hunter Sword yang dapat memberi physicaldamage berdasarkan HP lawan. Namun, karena efek ini hanya berlaku kepada basic attack,Demon Hunter Sword hanya efektif ketika digunakan oleh hero yang mengandalkan basic attack.

Image Credit: Moonton

Selain Demon Hunter Sword, Anda juga bisa menggunakan Glowing Wand. Setiap Anda memberi damage skill kepada lawan, pasif unik item ini akan memberi efek Burn kepada lawan selama tiga detik. Efek Burn ini memberikan magic damage berdasarkan Max HP lawan setiap detik.

Item Counter Blade Armor

Image Credit: Moonton

Karena pasif unik Blade Armor yang dapat me-reflectdamage basic attack, beberapa hero marksman menjadi kesulitan ketika menghadapi tank yang memakai Blade Armor. Untuk meng-counter item tersebut, Anda dapat menggunakan atribut physical lifesteal Haas’s Claws untuk mengimbangi damage yang diberikan dari reflect damage Blade Armor.

Hero Counter Tank

Tidak hanya item, beberapa hero memiliki skill yang dapat menembus defense atau memberi damage berdasarkan Max HP lawan. Hero-hero tersebut merupakan Karrie, Lunox, dan Dyrroth.

Karrie

Image Credit: Moonton

Terkenal sebagai marksman pembunuh tank, Karrie memiliki skill pasif yang dapat menembus defense serta memberikan true damage kepada lawan. Berikut penjelasan skill tersebut.

Karrie akan meninggalkan Lightwheel Mark setiap basic attack atau skill-nya terkena lawan. Jika Lightwheel Mark mencapai 5 stack, skill pasif ini akan memberikan true damage yang setara dengan 8%-12% Max HP lawan.

Pasif ini juga dapat diaktifkan hanya dengan 3 stack jika Karrie memakai itemGolden Staff.

Lunox

Image Credit: Moonton

Tergolong hero mage yang memiliki burst damage tinggi, Lunox mempunyai skill set yang sangat efektif untuk meng-counter hero tank.

Lunox memiliki skill pasif yang dapat mengubah 80% atribut cooldown reduction yang dimiliki menjadi magic penetration. Lunox juga memiliki Chaos Assault, skill yang dapat memberikan magic damage serta 1.5% Max HP target kepada lawan. Tidak hanya itu, Lunox dapat menghilangkan cooldownChaos Assault selama empat detik dengan skill ultimate-nya.

Dyrroth

Image Credit: Moonton

Salah satu fighter yang dapat mendominasi laning phase, Dyrroth memiliki skill yang dapat mengurangi physical defense lawan. Berikut penjelasan skill tersebut.

Dengan skillSpectre Step, Dyrroth dapat mengurangi physical defense musuh sebanyak 50%. Skill ini juga dapat ditingkatkan dengan skill pasif Dyrroth, Wrath of the Abyss. Ketika skill ini ditingkatkan, efek pengurangan physical defense menjadi 75%.