6 April 2022

by Hans Thio

Guide Fanny Mobile Legends 2022, Jungler yang Bisa Mendominasi Game Jika Digunakan Dengan Benar

"Tidak mungkin aku berjalan kaki!" - Fanny

Tergolong hero yang memliki tingkat kesulitan tinggi, Fanny merupakan assassin dengan mobilitas serta burst damage yang tinggi. Beberapa tahun yang lalu, hero ini sering dipakai oleh Oura dan Jess No Limit di ranah kompetitif MLBB. Akan tetapi, setelah di-nerf bertubi-tubi, Fanny menjadi assassin yang jarang terlihat. Namun, setelah pemakaian energy-nya di-buff, kini Fanny menjadi ban serta pick prioritas hampir semua tim di MPL ID Season 9.

Di guide kali ini, kita akan membahas skill, build item, serta emblem terbaik Fanny. Bagi Anda yang ingin menguasai hero Fanny di 2022, guide Fanny Mobile Legends 2022 ini akan sangat membantu.

Penjelasan Skill Fanny

Meskipun Fanny terlihat susah atau rumit untuk dimainkan, hero ini hanya memiliki satu skill pasif dan tiga skill aktif. Namun, Fanny sedikit berbeda dengan hero pada umumnya. Tidak menggunakan mana, hero Assassin ini menggunakan energy sebagai skill cost-nya. Berikut penjelasan skill-skill tersebut.

Image Credit: Moonton

Pasif: Air Superiority

Berdasarkan kecepatan terbangnya, damage Fanny ketika terbang akan meningkat sebesar 15% hingga 30% dan meninggalkan Prey Mark pada target (hingga 2 stack). Setiap stack memulihkan 10 energy ketika dia memberikan damage kepada lawan yang memiliki Prey Mark.

Skill 1: Tornado Strike

Fanny memutar pedangnya, memberikan damage kepada lawan yang berada di dekatnya. Skill ini merupakan damage utama dari Fanny.

Skill 2: Steel Cable

Fanny melemparkan kabel yang menariknya ke tembok/turret pertama yang dia tuju. Fanny dapat menggunakan skill ini untuk mengubah arah terbangnya secara berturut-turut. Saat energy-nya cukup, dia akan menggunakan Tornado Strike kepada lawan di jalurnya secara otomatis.

Steel Cable merupakan skill utama yang harus dikuasai untuk memaksimalkan potensi hero Fanny. Karena skill ini tidak memiliki cooldown, Fanny dapat mengelilingi map dengan bebas. Selain itu, skill ini juga bisa di-spam untuk memberi damage kepada musuh dengan Tornado Strike. Namun, penggunaan energy Fanny harus diperhatikan karena menggunakan dua skill dalam waktu yang bersamaan dapat membuat energy-nya boros.

Ultimate: Cut Throat

Fanny melakukan blink serta memberi damage kepada lawan. Setiap stackPrey Mark pada lawan akan meningkatkan damage skill ini sebesar 20%. Skill ini biasanya dipakai di akhir combo atau saat lawan memiliki HP yang rendah.

Untuk penjelasan skill Fanny yang lebih detail, bisa Anda temukan di game atau laman resmi MLBB.

Combo Skill Fanny

Image Credit: Moonton

Steel Cable -> Cut Throat -> Tornado Strike

Walaupun sering dijuluki sebagai hero tersulit, combo Fanny sebenarnya sangat simpel. Anda cukup menggunakan Steel Cable berulang-ulang untuk memberi damage kepada lawan dengan Tornado Strike. Untuk menutup combo, Anda bisa memakai Cut Throat serta Tornado Strike untuk melakukan blink dan memberikan damage kepada lawan.

Emblem Fanny

Fighter Emblem - Festival Of Blood

Festival of Blood adalah talent emblem yang dapat memberi spell vamp yang tinggi. Dengan emblem ini, kemampuan sustain Fanny akan meningkat setiap kill. Untuk talent point yang lain, Anda bisa memilih physical attack serta physical PEN untuk damage tambahan.

Jungle Emblem - Mage Killer

Untuk playstyle yang lebih mementingkan objektif, Fanny dapat menggunakan talent emblem jungle, Mage KillerDengan efek peningkatan damage kepada Lord, Turtle, serta Turret, mengamankan objektif akan menjadi sangat mudah.

Build Item Fanny

Image Credit: Moonton

1. Tough Boots/Warrior Boots

Efek CC yang lama adalah satu-satunya counter mobilitas tinggi milik Fanny. Untuk meminimalkan efek CC, Tough Boots dapat digunakan. Sepatu ini memiliki pasif unik, Fortitude. Pasif unik ini dapat membuat efek CC yang diterima berkurang sebesar 30%.

Tidak hanya itu, Tough Boots dapat memberi magic defense tambahan. Akan tetapi, jika hero musuh tidak memiliki efek CC atau magic damage yang banyak, Fanny bisa menggunakan Warrior Boots untuk physical defense tambahan.

Untuk Jungle Blessing Equipment, Anda dapat memilih Ice, Flame, atau Bloody Retribution sesuai playstyle.

2. Blade of the Heptaseas

Fanny merupakan hero yang mengandalkan burst damage di laning phase/early game. Oleh karena itu, Blade of the Heptaseas cocok di-build sebagai item pertama setelah sepatu karena harganya yang murah. Item ini juga memberi atribut unik physical PEN, atribut yang berfungsi untuk menembus defense serta memberi damage yang lebih tinggi kepada musuh.

Selain itu, Blade of the Heptaseas memiliki pasif unik yang dapat memperkuat basic attack jika Anda tidak menerima atau memberikan damage selama lima detik. Basic attack yang diperkuat dapat memberi physicaldamage tambahan serta efek CC Slow sebesar 40% kepada target selama 1.5 detik.

3. Bloodlust Axe

Bloodlust Axe adalah item yang sangat simpel. Meskipun item ini tidak memiliki pasif unik, atribut unik item ini memberi spell vamp sebanyak 20%. Bagi pengguna Fanny yang ingin memiliki spell vamp dan kemampuan sustain yang tinggi ketika bermain Fanny, item ini sangat cocok untuk di-build.

4. Malefic Roar

Karena damage Fanny yang tinggi, ada kemungkinan besar lawan menggunakan item defense. Malefic Roar adalah item physical terbaik untuk meng-counterphysical defense. Item ini memiliki atribut serta pasif unik yang memberi physical PEN. Pasif unik item ini dapat meningkatkan atribut physical penetration berdasarkan physical defense lawan.

Malefic Roar juga bisa menggantikan Bloodlust Axe untuk playstyle yang tidak mengandalkan spell vamp.

5. Item Defense (Sesuai Kebutuhan)

Fanny memiliki base physical dan magic defense yang rendah. Oleh sebab itu, beberapa hero burst yang memiliki CC seperti Eudora, Saber, dan Kaja dapat mengeksekusi Fanny dengan mudah. Untuk menahan burst damage tersebut, item defense seperti Athena's Shield atau Antique Cuirass dapat digunakan.

6. Immortality

Immortality merupakan item yang cocok dipakai semua hero. Namun, item ini sangat cocok untuk Fanny karena mobilitasnya yang tinggi. Setelah pasif unik Immortal terpakai, Fanny dapat melarikan diri dari lawan dengan cepat meskipun tidak memiliki back up dari teman satu tim.

Counter Hero Fanny

Crowd Control merupakan efek yang ampuh untuk meng-counter hero Fanny. Beberapa hero seperti Franco, Khufra, Ruby, Kaja memiliki efek CC yang cocok untuk menghentikan pergerakan Fanny yang lincah. Meskipun begitu, Fanny dapat menghindari skill-skill tersebut dengan mengantisipasi atau menunggu skill CC lawan cooldown sebelum Fanny maju.

Tips dan Trik yang Wajib Diketahui untuk Menguasai Hero Fanny

Image Credit: Moonton

Selalu Ambil Buff Biru/Thunder Fenrir

Image Credit: Moonton

Dikenal dengan sebutan buff biru, Thunder Fenrir merupakan creep yang dapat memberi efek pengurangan mana cost serta energy cost. Efek ini sangat berguna untuk Fanny yang memakai banyak energy dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, Fanny sangat disarankan untuk selalu memiliki buff biru.

Menguasai Steel Cable

Untuk memaksimalkan mobilitas hero Fanny, Anda tentu harus menggunakan Steel Cable secara optimal. Untuk itu, Anda dapat membiasakan jari serta berlatih secara bebas di Training Camp.

Image Credit: Moonton

Selain itu, Anda juga dapat melihat arah kabel di minimap untuk menghindari "miss kabel". Meskipun kebiasaan ini dapat membuat waktu pengarahan kabel Fanny lebih lama, semakin sering Anda menggunakan Steel Cable, Anda akan terbiasa dengan penempatan kabel tanpa melihat minimap.

Menggunakan Energy dengan Hemat/Efisien

Setelah menguasai Steel Cable, langkah selanjutnya untuk menguasai hero ini adalah memakai energy dengan efisien.

Bagi pengguna Fanny pemula, menggunakan energy dengan hemat adalah salah satu hal yang menantang. Dalam teamfightuser Fanny pemula sering "miss kabel" serta tidak mengenai musuh dengan Prey Mark. Karena itu, pemakaian energy Fanny menjadi boros meskipun memiliki blue buff. Kunci untuk masalah tersebut adalah tetap tenang dan tidak panik. Dengan keadaan pikiran yang tenang, Anda dapat memprediksi pergerakan musuh serta memperkecil kemungkinan "miss kabel".

Penutup

Itulah tadi guide Fanny Mobile Legends 2022. Tentu saja, untuk menguasai hero ini dengan sempurna, diperlukan latihan serta match yang banyak untuk mengetahui seluk-beluk hero ini dengan lebih mendalam. Meskipun hero ini susah untuk dikuasai, kerja keras tentu tidak mengkhianati hasil.