12 September 2012

by Amir Karimuddin

Layanan Messenger LINE Tembus Angka 60 Juta Pengguna

NHN Jepang mengumumkan bahwa saat ini jumlah pengguna terdaftar layanan messenger populer LINE sudah mencapai lebih dari 60 juta orang. Saat ini LINE sedang fokus dalam usahanya berekspansi ke pasar-pasar baru di luar Jepang dan telah tersedia di 230 negara. Angka ini sungguh luar biasa karena di awal tahun 2012, jumlah pengguna layanan ini baru mencapai 20 jutaan pengguna, artinya terjadi pertumbuhan hingga 3 kali lipat dalam jangka waktu kurang dari sembilan bulan.

Salah satu usaha LINE agar lebih diterima pasar adalah diumumkannya ketersediaan LINE untuk BlackBerry pada tanggal 17 Agustus yang lalu. BlackBerry adalah platform smartphone populer di Indonesia dan Thailand, negara di mana penduduknya senang chatting menggunakan aplikasi messenger untuk menghemat pengeluaran biaya SMS.

Peningkatan pengguna LINE juga berdampak pada hasil yang diperoleh dari Sticker Shop yang merupakan salah satu unggulan LINE. Di bulan Agustus saja pendapatan dari Sticker Shop di seluruh dunia mencapai angka 300 juta Yen (sekitar US$ 3.8 juta). Di Indonesia sendiri, LINE juga telah bekerja sama dengan Telkomsel dalam bentuk bundling paket khusus chatting bersama WhatsApp dan KakaoTalk.

LINE menargetkan untuk mencapai 100 juta pengguna terdaftar di akhir tahun 2012 dengan cara berekspansi di pasar terbesar, Amerika Serikat dan Cina. Berikut ini adalah statistik jumlah pengguna terdaftar LINE sejak bulan Juni 2011:

[sumber berita]