16 November 2022

by Lukman Azis

Fitur Utama Snapdragon 8 Gen 2, Chipset Flagship Terbaru Qualcomm

Smartphone flagship Android dengan chipset tercanggih dari Qualcomm akan tiba di akhir tahun 2022

Pada acara Snapdragon Summit 2022, Qualcomm telah mengumumkan mobile platform premium terbarunya, Snapdragon 8 Gen 2. Tak perlu menunggu lama, smartphone flagship Android bertenaga Snapdragon 8 Gen 2 diharapkan akan meluncur pada akhir tahun 2022.

SoC ini sekali lagi diproduksi oleh TSMC sebagai chip 4 nm dan dirancang secara cerdas dengan AI yang inovatif di seluruh aspek. Ada begitu banyak pembaruan yang dibawa oleh Snapdragon 8 Gen 2, mari mulai dari bagian CPU dan GPU-nya.

Arsitektur CPU 1-4-3 

CPU octa-core Kryo Gen 2 menampilkan arsitektur micro baru 1-4-3, yang terdiri dari 1 prime core berbasis teknologi Arm Cortex-X3 dengan kecepatan clock hingga 3,2 GHz untuk memberikan kinerja single-threaded yang tinggi. Kemudian 4 performance core pada 2,8 GHz untuk menangani workload multi-threaded dengan lebih baik dan 3 efficiency core pada 2,0 GHz.

Qualcomm mengatakan kinerja CPU pada Snapdragon 8 Gen 2 35% lebih cepat dari generasi sebelumnya, dengan efisiensi daya 45 persen lebih baik. Sementara GPU Adreno terbaru menjanjikan kinerja hingga 25% lebih cepat dengan efisiensi daya 45% lebih baik.

Fitur baru Snapdragon Elite Gaming seperti teknologi ray tracing yang dipercepat dengan hardware secara real-time akan menghadirkan cahaya, pantulan, dan iluminasi yang nyata ke game mobile. Nantinya gamer juga dapat merasakan karakter manusia yang fotorealistik dalam game berkat dukungan Unreal Engine 5 Metahumans Framework.

GPU Adreno baru merupakan yang pertama mendukung Vulkan 1.3, bersama dengan OpenGL ES 3.2. Kinerja secara keseluruhan didukung teknologi memori baru yang lebih cepat, RAM LP-DDR5X hingga 4.200 MHz (naik dari LP-DDR5 pada 3.200 MHz) dan penyimpanan format baru UFS 4.0 (naik dari UFS 3.1).

Selain itu, Snapdragon 8 Gen 2 menghadirkan dukungan layar dengan resolusi QHD+ hingga 144Hz atau 4K hingga 60 Hz. Serta, external display hingga 4K pada 60Hz (dengan 10-bit Rec. 2020 color gamut, HDR10+, dan Dolby Vision).

AI Dengan Snapdragon Smart

Qualcomm AI Engine pada Snapdragon 8 Gen 2 menyediakan terobosan AI yang terintegrasi di seluruh sistem. Dilengkapi Qualcomm Hexagon Processor yang telah ditingkatkan, sehingga pengguna dapat merasakan pemrosesan bahasa alami yang lebih cepat dengan terjemahan multi-bahasa dan fitur kamera AI yang lebih canggih.

Prosesor Hexagon menghadirkan peningkatan baru pada arsitektur, termasuk inferensi micro tile dan akselerator tensor yang lebih besar, hingga peningkatan 4,35x pada kinerja AI. Snapdragon 8 Gen 2 juga mendukung INT4, format presisi AI yang revolusioner dengan peningkatan 60% pada kinerja/watt untuk inferensi AI berkelanjutan.

Kamera Dengan Snapdragon Sight

Beralih ke Snapdragon Sight, chipset ini menawarkan pengalaman kamera profesional dengan Cognitive ISP pertama. Snapdragon 8 Gen 2 secara otomatis menyempurnakan foto dan video secara langsung dengan segmentasi semantik, menggunakan jaringan saraf atau neural network AI untuk membuat kamera secara kontekstual mengenali wajah, fitur wajah, rambut, pakaian, langit, dan lainnya. Kemudian mengoptimalkannya satu per satu sehingga setiap detail menerima penyetelan gambar profesional yang telah disesuaikan.

Snapdragon 8 Gen 2 diatur untuk mendukung sensor gambar baru. Sony Semiconductor Solutions adalah yang pertama mengembangkan teknologi quad digital overlap HDR. Serta Samsung ISOCELL HP3, sensor gambar 200 MP pertama yang dioptimalkan untuk Snapdragon 8 Gen 2. Platform ini juga menyertakan AV1 codec dengan dukungan pemutaran video hingga 8K HDR pada 60 frame per detik.

Seperti pendahulunya, Snapdragon 8 Gen 2 menghadirkan triple 18-bit ISP. Dapat menangani hingga tiga kamera 36 MP (30 fps) secara bersamaan atau hingga 200 MP untuk satu kamera, dan sensor gambar 108 MP didukung dengan zero shutter lag.

Untuk video, chipset ini sanggup merekam video 8K HDR pada 30 fps dan dapat mengambil foto 64 MP secara bersamaan, video 4K pada 120 fps, dan slow motion 720p pada 960 fps. Mendukung beberapa format HDR termasuk HDR10+, HLG dan Dolby Vision.

Konektivitas Dengan Snapdragon Connect

Snapdragon 8 Gen 2 dilengkapi Snapdragon X70 5G Modem-RF System dengan Qualcomm 5G AI Processor. Snapdragon 8 Gen 2 memanfaatkan kekuatan AI untuk memungkinkan terobosan kecepatan unggah dan unduh, jangkauan, latensi, dan efisiensi daya.

Modem ini mendukung 5G+5G/4G Dual-SIM Dual-Active, mmWave, dan sub-6GHz 5G. Puncak kecepatan downlink-nya 10 Gbps dan uplink 3,5 Gbps. Serta dilengkapi sistem konektivitas Qualcomm FastConnect 7800, yang menawarkan WiFi 7 latensi rendah dan konektivitas Bluetooth 5.3 untuk imersi berkelanjutan.

Snapdragon Sound & Snapdragon Secure

Snapdragon 8 Gen 2 mendukung teknologi Snapdragon Sound untuk membawa pengalaman musik, telepon, dan gaming yang premium. Teknologi ini menampilkan audio spasial dengan pelacakan gerakan kepala yang dinamis untuk secara penuh merasakan pengalaman penuh suara surround dan mendukung streaming musik lossless 48 kHz.

Snapdragon 8 Gen 2 juga diproteksi dengan Snapdragon Secure, yang menawarkan isolasi terbaru, kriptografi, manajemen kunci, pengesahan, dan banyak lagi untuk melindungi data dan privasi pengguna. Tingkat perlindungan premium ini membatasi paparan dan eksploitasi data pada perangkat yang ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 2.

Platform baru ini akan diadopsi oleh sejumlah OEM dan beberapa brand global, termasuk ASUS Republic of Gamers, HONOR, iQOO, Motorola, nubia, OnePlus, OPPO, REDMAGIC, Redmi, SHARP, Sony Corporation, vivo, Xiaomi, XINGJI/MEIZU, dan ZTE, dengan perangkat komersial pertama diharapkan meluncur di akhir 2022.