16 September 2016

by Glenn Kaonang

Dibekali Integrasi Spotify, Headphone Muzik One Juga Bisa Mengontrol Perangkat Smart Home

Oleh pengembangnya dijuluki "the smartphone of headphones" – mungkin maksudnya smart headphone

Entah sampai kapan hal ini akan dibahas, tapi yang pasti absennya jack headphone pada iPhone 7 akan memicu kemunculan deretan headphonewireless ke depannya. Salah satu yang cukup layak disorot adalah Muzik One – ya, namanya memang aneh, tapi tunggu sampai Anda memahami semua fiturnya.

Sebelum itu, mari membahas soal desainnya. Sepintas Muzik One terlihat tak jauh berbeda dari headphone nirkabel lain. Kerangkanya terbuat dari aluminium, sedangkan bantalannya yang empuk dibalut oleh material kulit premium. Akan tetapi yang menarik, earcup-nya bisa dilepas-pasang dengan mudah secara magnetik dan diganti dengan ukuran yang berbeda. On-ear atau over-ear, Anda hanya perlu satu headphone saja.

Di dalamnya bernaung sepasang driver 40 mm dengan respon frekuensi 20 - 22.000 Hz, plus sepasang mikrofon untuk menerima panggilan telepon atau mengakses fitur perintah suara. Koneksinya mengandalkan Bluetooth, tapi pengguna juga bisa memasangkan kabel audio 3,5 mm standar apabila smartphone yang digunakan bukan iPhone 7 atau Moto Z.

Namun yang sangat menarik dari Muzik One adalah bagaimana pengembangnya telah mengintegrasikan layanan macam Spotify dan Twitter, serta menyematkan cara berinteraksi yang inovatif. Di satu sisi earcup-nya, terdapat empat tombol kapasitif yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan.

Saat tombol kapasitif dan integrasi Spotify tadi dipadukan, pengguna pada dasarnya bisa memutar playlist favoritnya di layanan streaming tersebut hanya dengan meletakkan jarinya di atas sebuah tombol. Asalkan headphone sudah tersambung dengan smartphone dan pengguna sudah menyesuaikan pengaturan di aplikasi pendampingnya, selanjutnya smartphone tinggal diselipkan ke dalam kantong dan tak perlu diutik lagi.

Sisa tiga tombol bisa dimanfaatkan untuk fungsi lain seperti misalnya membagikan lagu yang diputar ke Twitter dengan hashtag #NowPlaying. Tombol lainnya bisa dipakai untuk mengecek sisa baterai atau mengecek judul lagu yang tengah diputar. Dan yang paling menarik, sisa tombol terakhir bisa digunakan untuk mengontrol perangkat smart home dengan bantuan resep IFTTT.

Tertarik? Anda harus menunggu paling tidak sampai bulan Oktober dimana Muzik One akan dipasarkan seharga $300. Paket penjualannya tergolong cukup lengkap, sedangkan baterainya bisa bertahan selama 15 jam dalam satu kali charge.

Sumber: PR Newswire.