17 April 2023

by Lukman Azis

RODE Memperkenalkan Streamer X, RODECaster Duo, dan PodMic USB di NAB Show 2023

Pengumuman produk terbesar RODE di NAB Show 2023 memperkenalkan tujuh produk baru dan pembaruan produk untuk Wireless GO II

RODE telah membuat pengumuman produk terbesarnya di NAB Show 2023 dengan memperkenalkan tujuh produk baru dan pembaruan produk yang akan diluncurkan dalam beberapa minggu ke depan. NAB Show sendiri adalah acara tahunan terkemuka di dunia untuk industri siaran global, media, dan hiburan. Acara ini diadakan pada tanggal 15-19 April 2023 di Las Vegas.

RODE Streamer X

Produk baru yang diumumkan mulai dari Streamer X, yang menggabungkan audio interface profesional dan video capture card dalam konsol yang ringkas dan mudah digunakan. Ia dilengkapi dengan input audio kelas studio untuk perangkat XLR dan line-level, serta headset dengan Revolution Preamp dan pemrosesan audio APHEX yang memberikan kualitas suara tinggi.

Di bagian depan video, ia menawarkan streaming 4K 30fps atau 2K 60fps dan pass-through hingga 2K 120fps atau 4K 60fps untuk kualitas video tinggi dalam berbagai aplikasi. Mulai dari streaming dan gaming, podcasting dan pembuatan konten, dan hingga untuk presentasi bisnis.

Streamer X memiliki dua port USB yang dapat menangani setup dual PC dan empat SMART pad yang dapat disesuaikan, misalnya untuk pemicu suara atau suara FX dan tindakan lain di komputer secara on-the-fly. Ini juga sepenuhnya kompatibel dengan solusi perangkat lunak RODE, termasuk UNIFY, RODE Central dan RODE Connect untuk fungsionalitas dan fleksibilitas yang diperluas.

RODECaster Duo

Beralih ke RODECaster Duo, yang merupakan solusi produksi audio all-in-one untuk podcasting, streaming, pembuatan musik, dan konten. Ia menawarkan set fitur yang sama seperti RODECasterPro II, termasuk mesin audio quad-core berkekuatan tinggi Revolution Preamps, pemrosesan audio APHEX, dan kemampuan penyesuaian tanpa akhir dalam form factor lebih ringkas dan portabel.

RODE PodMic USB

Lanjut ke PodMic USB, mikrofon dinamis berkualitas siaran yang serbaguna untuk podcasting, streaming, dan pembuatan konten. Dengan konektivitas XLR dan USB, PodMic USB dapat digunakan dengan berbagai perangkat, mulai dari mixer audio profesional hingga laptop, tablet, dan smartphone. PodMic USB juga sudah memiliki berbagai fitur baru, termasuk Revolution Preamp, konversi analog-ke-digital berkualitas tinggi, dan pemrosesan audio APHEX.

RODECaster Backpack

Kemudian ada aksesori RODECaster Backpack, tas jinjing yang dirancang khusus untuk seri RODECaster, termasuk RODECaster Pro, RODECaster Pro II, dan RODECaster Duo. Ransel ini terbuat dari bahan berkualitas, dengan pegangan Alcantara yang lembut dan tahan lama, tali nilon balistik, dan eksterior kedap air.

Wireless GO II Charging Case

Berikutnya Charge Case yang praktis untuk mikrofon nirkabel Wireless GO II yang mengakomodasi transmitter dan receiver dengan fitur baterai terintegrasi yang memfasilitasi tiga pengisian ulang penuh hingga 30 jam penggunaan terus menerus. Dengan penutup yang kokoh dan sistem zip, aman untuk melindungi Wireless GO II saat dalam perjalanan.

RODE Wireless GO II

Untuk pembaruan firmware terbaru akan datang untuk Wireless GO II, yang akan membuka lebih banyak fitur. Termasuk kemampuan untuk menyimpan rekaman on-board sebagai file WAV yang dapat ditransfer dengan mudah ke komputer saat bepergian.

Serta memulai atau menghentikan rekaman on-board menggunakan tombol power transmitter, dua fitur tersebut yang paling banyak diminta pengguna. Model kamera baru juga ditambahkan ke fitur prasetel kamera, lengkap dengan peningkatan sistem dan alur kerja.

RODECaster Pro II

Pembaruan firmware juga akan dirilis untuk RODECaster Pro II yang membuka fitur tersembunyi, pengguna akan dapat menghubungkan transmitter nirkabel RODE Seri IV apa pun. Termasuk Wireless GO II dan Wireless ME untuk merekam audio nirkabel berkualitas tinggi langsung ke RØDECaster Pro II.

Sumber: RODE