30 July 2015

by Bambang Winarso

[Ask the Expert] Bagaimana Cara Update Windows 7 SP1 Supaya Bisa Upgrade ke Windows 10?

Sistem operasi Windows 10 sudah datang, banyak orang berbondong-bondong melakukan upgrade untuk merasakan perubahan besar yang konon katanya jauh lebih segar, lebih wah dan terlihat cantik. Tapi untuk bisa upgrade ke Windows 10 ada syaratnya, salah satunya dipersoalkan oleh Cici, pembaca setia TRL.

Cici bertanya, salah satu syarat untuk bisa upgrade ke Windows 10 kan harus sudah menggunakan sistem operasi Windows 7 SP1. Masalahnya, komputer Cici masih Windows 7 lama, belum menggunakan SP1. Bagaimanakah cara update Windows 7 ke SP1.

Info Menarik:Microsoft, Lewat Windows 10, Kami Rangkul Semua Device di Satu Platform

Jawaban

Terima kasih Cici atas pertanyaannya. Ada dua cara yang bisa Anda coba lakukan. Saya akan berikan petunjuk untuk keduanya.

Cara Pertama

  • Cara pertama dilakukan dengan mengunduh secara manual service pack 1 Windows 7 dari situs resmi Microsoft di tautan ini.
  • Download kemudian install secara manual di komputer Anda.

Cara Kedua

  • Cara kedua sedikit lebih panjang tapi juga merupakan prosedur resmi. Pertama klik ikon Windows Update di taskbar atau klik tombol Start- All Programs - Windows Update.

  • Berikutnya klik Check for updates untuk memeriksa kembali update apa saja yang tersedia. Bila sudah, klik link di bawah Download and install update for your computer. Biasanya berupa jumlah update yang tersedia.

  • Di jendela berikutnya klik menu Important dan beri tanda centang pada item Windows 7 Service Pack 1 lalu klik tmbol OK di bagian bawah.

Info Menarik:Pengguna di 190 Negara Sudah Bisa Menikmati Windows 10

  • Lanjutkan dengan mengklik Install Updates.

  • Tunggu proses download berlangsung.

Apabila proses unduhan berhasil terselesaikan, restart komputer Anda agar paket update terpasang dengan sempurna. Selanjutnya setelah itu silahkan upgrade ke Windows 10.

Sumber gambar header Shutterstock.