Dark
Light

Telah Tersedia: Skype di Ovi Store Nokia

1 min read
March 4, 2010

Demam app store memang sudah diprediksi, jika dahulu di dominasi oleh satu atau beberapa saja kini berbagai app store muncul dan akan terus bertambah, salah satu app store yang terus bertumbuh adalah Nokia dengan Ovi Store-nya.

Sebagai salah satu vendor mobile device paling populer Nokia memang layak untuk memiliki app store untuk melayani penggunanya yang tersebar luas, menurut situs Nokia sudah ada 200 million pengguna Nokia smartphones yang tersebar di seluruh dunia.

Dan kini, user yang besar itu bisa menikmati fasilitas Skype for Symbian dari ponsel mereka. Nokia adalah salah salah satu ponsel paling populer. Salah satu data yang di luncurkan oleh Opera beberapa bulan yang lalu, juga bisa mengindikaskan kepopuleran Nokia untuk akses internet mobile.

Skype untuk Nokia ini akan bekerja berdasarkan platform Symbian ^1, yang merupakan versi paling baru dari Symbian platform. Symbian merupakan smartphones platform yang paling populer di dunia. Sedangkan Skype merupakan raja dari komunikasi lewat internet.

Jadi kini 3 ‘raja’ kini menjalin kerjasama dan akan memberikan fasilitas seperti panggilan gratis antara para pengguna Skype di seluruh dunia, penghematan dalam biaya telepon dan sms, mengirim dan menberikan memberikan instant messages ke dan dari individu atau group, berbagi gambar, video serta file lain, menerima panggilan lewat nomor online yang telah dimiliki user, chat atau IM, kemudahan import nama dan nomor kontak dari phonebook di ponsel. Fasilitas ini bisa dinikmati lewat WiFi atau mobile data connection seperti GPRS, EDGE, 3G.

Skype memang populer di USA, dan beberapa negara besar lain seperti India, Italy, dll, tapi untuk di Indonesia, sepertinya layanan ini masih kurang populer. Dengan berbagai kemudahan seperti yang disebutkan diatas, apakah Skype bisa menggantikan beberapa layanan yang sangat populer di Indonesia seperti SMS, MMS serta fitur standar telepon?

Berbagai jejaring social yang kini hampir bisa dinikmati di berbagai ponsel, sempat memberikan signal apakah bisa menggantikan SMS dan fitur standar telepon, nantinya jika ingin mengontak relasi bukan lagi lewat SMS tapi lewat Twitter atau Facebook, sebagai contoh. Tapi sampai sekarang SMS masih tidak tergantikan sebagai sarana berkomunikasi di tanah air.

Tapi pertumbuhan smartphones di Indonesia juga sangat tinggi, terutama bagi Nokia, meski kini mendapat saingan dari
berbagai ponsel seperti iPhones, RIM dll, dan Indonesia tentu masih menjadi salah satu pasar yang tetap menjanjikan
bagi Nokia, dan mungkin saja dengan fasilitas ini, Skype, Nokia dan tentu saja Symbian bisa terus populer di Indonesia.

Berhubung rilis dari Nokia ini baru berlangsung sekitar satu hari, maka memang terlalu dini untuk melihat respons pasar, jadi sepertinya kita harus menunggu beberapa waktu kedepan. Sambil menunggu itu, anda bisa mulai mencoba layanan ini dengan men-download-nya di Ovi Store Nokia atau di situs Symbian di link ini.

Dan berikut daftar ponsel yang bisa menikmati fasilitas ini yang saya ambil dari rilis resmi di blog Nokia: touchscreen: Nokia N97, Nokia N97 mini, Nokia X6, Nokia 5800 XpressMusic and Nokia 553, non-touchscreen : Nokia E72, Nokia E71, Nokia E90, Nokia E63, Nokia E66, Nokia E51, Nokia N96, Nokia N95, Nokia N95 8Gb, Nokia N85, Nokia N82, Nokia N81, Nokia N81 8 Gb, Nokia N79, Nokia N78, Nokia 6220 classic, Nokia 6210 Navigator, Nokia 5320.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Opera 10.50 Sudah ‘Meluncur’ Untuk Para Pengguna Windows

Next Story

Chrome Beta Terbaru Dengan Fitur Terjemahan Otomatis dan Privacy Baru

Latest from Blog

Don't Miss

Nokia-G22-6

Bermitra dengan iFixit, HMD Global Bikin Nokia G22 yang Bisa Diperbaiki Dalam Hitungan Menit

HMD Global memeriahkan acara teknologi tahunan Mobile World Congress (MWC)
Nokia luncurkan smartphone dan tablet murah meriah

Nokia Luncurkan Smartphone dan Tablet Baru, Semuanya Murah Meriah

Usaha Nokia untuk dapat kembali dilirik oleh para pengguna smartphone