Dark
Light

Opera 10.50 Sudah ‘Meluncur’ Untuk Para Pengguna Windows

1 min read
March 3, 2010

Versi terbaru dari The Fastest Browser On Earth kini secara resmi telah bisa dinikmati oleh para penggua Windows. Opera 10.50 menawarkan desain yang diperbaharui serta fitur private browsing.

Jangan heran dengan kata-kata browser tercepat di dunia, Opera memang menggunakan tag line itu untuk Opera browser mereka. Di versi terbaru ini beberapa hal baru yang diluncurkan Opera antara lain, perbaikan pada tampilan browsing, button Opera yang baru menggantikan menu bar traditional, sehingga memudahkan untuk mengakses fitur-fitur Opera. Hal baru yang lain yaitu new JavaScript engine, Carakan yang menjadi salah satu unggulan Opera, new graphics library bernama Vega, dan kesemuanya untuk satu tujuan: kecepatan.

Fitur baru lain yaitu Private browsing yang menjawab kebutuhan user yang ingin melakukan browsing secara private dan aman baik itu di tab atau window terpisah. Fitur ini bisa ditemukan di ikon Opera kecil di kiri atas, dan jika anda mengklik pilihan new private tab/window, maka akan muncul tab/window baru, dimana tab browser itu akan terjaga privatisasinya, dan jika anda menutup tab itu maka Opera akan menghapus semua informasi yang terhubung selama anda browsing di tab tersebut.

Fitur lain yang ada di versi 10.50 adalah Platform Integration. Jika anda pengguna Windows7/Vista maka Opera 10.50 sudah support fasilitas Aero Glass, yang juga supporting Aero Peek dan Jump List yang memberikan kemudahan bagi user untuk menjalankan fitur speed dials, tabs dari Taskbar.

Yang paling saya suka sejak kemunculan Opera browser adalah desain yang futuristik serta berbagai fasilitas seperti Opera Unite yang menonjolkan fungsi browser sebagai web server, Opera Sync dimana anda bisa beralih dari browser desktop ke mobile tanpa kehilangan data-data browsing seperti Speed Dial, notes dan lainnya. Juga beberapa widget yang cukup membantu seperti widget Google translate. Saya mencoba versi terbaru ini dan cukup terkesan dengan kecepatannya. Meski harus saya akui browser ini belum menjadi pilihan pertama saya untuk mengakses internet.

Dan sejak Opera Mini menjadi mobile web browser paling populer di dunia, sepertinya sangat menarik untuk melihat pergerakan Opera Browser untuk desktop dan melihat seberapa jauh mereka bersaing dengan browser-browser lain.

Meski baru tersedia untuk para pengguna Windows dengan 42 bahasa berbeda, Opera juga akan merilis versi Mac dan Linux dalam waktu dekat.

Jika para pembaca DailySocial tertarik untuk mencoba, anda bisa men-download-nya di link ini dan tentu saja, komentar dan pendapat anda tentang versi baru Opera ini akan kami tunggu.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

5 Comments

  1. tau gak bang, carakan itu diambildari bahasa jawa lho, yang berarti daftar huruf Jawa yang dikenal sebagai Hanacaraka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

ShareThis New Feature: ShareThis Stream

Next Story

Telah Tersedia: Skype di Ovi Store Nokia

Latest from Blog

Don't Miss

Integrasi AI pembuat gambar pada Microsoft Edge

Microsoft Edge Kini Dilengkapi Sistem AI Pembuat Gambar

Microsoft terus menyematkan kecanggihan AI ke berbagai produknya. Februari lalu,
Microsoft dan Intel buat alat upscaling video

Microsoft dan Intel Buat Alat Upscaling Videonya Sendiri

Perkembangan teknologi video online kini mulai memanas, terutama sejak Google