Dark
Light

Chrome Beta Terbaru Dengan Fitur Terjemahan Otomatis dan Privacy Baru

1 min read
March 4, 2010

Menjadi salah satu browser yang mengalami pertumbuhan market share memang mengindikasikan sesuatu, setidaknya popularitasnya terus naik. Sejak kemunculannya, Google Chrome memang mencuri perhatian bukan saja karena ini diluncurkan oleh perusahaan terbesar di dunia internet, tapi karena value yang berhubungan dengan kecepatan.

Setelah munculnya extension untuk versi resmi yang bisa menambah value penggunaan browser ini untuk mendukung produktivitas, Google Chrome kini meluncurkan beberapa fitur baru yaitu privacy feature dan automatic translation.

Privacy feature, seperti yang ditulis di blog Google adalah sebuah fitur yang memberikan kewenangan bagi user untuk mengontrol privasi ketika anda sedang menjelajah di web. Fitur ini merupakan tambahan dari fitur incognito mode yang merupakan salah satu cara untuk menjelajah web tanpa meninggalkan jejak dari berbagai web yang anda kunjungi di komputer anda atau hasil download di history browser anda.

Fitur ini bisa anda atur melalui option under the hood yang bisa ditemukan di Google Chrome Options. Ketika anda mengeklik content settings, maka akan muncul berbagai pilihan tentang pengaturan privacy.

Anda bisa melihat video berikut yang saya ambil dari blog Google yang menjelaskan tentang privacy di browser.

Satu lagi fitur baru dari Google Chrome versi beta terbaru adalah Automatic Translation. Fitur ini memungkinkan user untuk secara langsung mendapatkan pilihan untuk hasil terjemahan atas suatu web tertentu. Misalkan anda sedang membuka sebuah situs yang menampilkan bahasa yang berbeda dengan bahasa yang anda pilih di setting bahasa, maka Chrome akan menampilkan sebuah pilihan untuk menanyakan jika anda ingin menerjemahkan halaman itu ke dalam bahasa tertentu dengan menggunakan fasilitas Google translate.

Anda bisa melihat video demo yang juga saya ambil dari blog Google berikut untuk lebih jelasnya:

Berbagai fitur baru ini memang masih dalam tahap beta, tetapi jika anda penasaran, seperti yang disebutkan oleh Google, anda bisa mencobanya di link ini, dan untuk mereka yang sudah menggunakan Chrome di beta channel, update akan dilakukan secara otomatis, dan bagi mereka yang menggunakan Chrome versi di stable channel, fitur ini akan bisa dinikmati dalam beberapa minggu ke depan.

Anda juga bisa membaca rilis lengkap di sini, lalu untuk keterangan serta pengaturan privacy setting bisa dilihat di sini, serta pengaturan auto translation di sini.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Telah Tersedia: Skype di Ovi Store Nokia

Next Story

Versi Native dari Opera untuk Windows Mobile Browser

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan