Belum Seminggu Rilis, Street Fighter 6 Capai 1 Juta Pemain

Berkat peluncuran yang memuaskan, Street Fighter 6 berhasil mengumpulkan sebanyak dua kali lipat pemain dari fighting game lain

Dirilis pertama kali pada 2 Juni 2023, Street Fighter 6 rupanya mendulang kesuksesan yang cukup mengesankan. Melalui Twitter, Capcom mengumumkan bahwa Street Fighter 6 telah dimainkan oleh lebih dari satu juta pemain.

Untuk merayakan pencapaian ini, Capcom merilis sebuah artwork spesial serta memberikan item secara gratis untuk diklaim oleh pemain.

Uniknya lagi, seorang analis dengan akun Twitter bernama Benji-Sales menyatakan bahwa Street Fighter berhasil memecahkan rekor concurrent player hingga dua kali lipat dari game-game dengan genre yang sama di angka 64 ribu lebih pemain. Concurrent player dari game lain meliputi Mortal Kombat 11 (35.147), Tekken 7 (18.966), Mortal Kombat X (15.743), dan Street Fighter V (14.783).

Rekor di atas jauh lebih cepat didapatkan jika dibandingkan dengan game prekuelnya, Street Fighter 5 yang dinilai cukup mengecewakan. Rekor yang pernah Capcom bagikan mengenai game tersebut adalah penjualan 1,5 juta kopinya yang didapatkan dalam kurun waktu 6 minggu. Sebuah angka yang sangat jauh dari Street Fighter 6 yang mampu melampauinya hanya dalam hitungan hari.

Seolah bercermin dari kegagalan sebelumnya, Street Fighter 6 menjadi game "penebusan" yang memasukkan semua hal yang kompleks namun tetap menarik ke dalam sebuah fighting game. Selain dari gameplay dan grafiknya yang lebih dipoles, Capcom menawarkan sejumlah game mode yang jarang ditemukan di dalam game fighting lain.

Seperti namanya, Street Fighter 6 didefinisikan ulang ke dalam suasana dan atmosfer bak perkelahian di jalanan. Dengan begitu, Capcom menawarkan sebuah mode baru yang disebut World Tour. Dalam mode ini, pemain akan disuguhkan sebuah dunia open-world yang bisa dijelajahi. Dengan begitu, kesan "jalanan"-nya tentu akan sangat kental terasa ketika memainkan game ini.

Mode tersebut merupakan sebuah mode single-player dan akan membebaskan pemain untuk berkreasi menciptakan karakter mereka sendiri dengan kombinasi jurus yang bisa pemain racik sesuka hati. Selama bermain di mode ini, pemain akan menikmati cerita yang tentunya menghadirkan karakter-karakter ikonik dari dunia Street Fighter, seperti Ryu, Chun-li, Cammy, Bison, dan lainnya.

Street Fighter 6 bisa dimainkan di PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox Series X/S, dan PC. Jika Anda suka dengan fighting game, Anda bisa cek rekomendasi ala Hybrid di sini.