13 June 2022

by Adi Nawan

Samsung Smart TV akan Kedatangan Xbox Cloud Gaming

Pemain nantinya dapat langsung bermain game Xbox langsung dari Smart TV.

Microsoft kelihatannya berambisi untuk memperluas akses untuk game-game mereka ke lebih banyak platform, bahkan yang belum tersentuh sebelumnya. Bahkan Microsoft baru saja mengumumkan bahwa mereka akan membawa layanan Xbox Cloud Gaming ke dalam Smart TV Samsung.

Layanan Cloud Gaming Xbox ini sebelumnya sudah tersedia untuk PC, konsol Xbox, tablet, dan juga di smartphone. Dan kini Microsoft akan memberikan dukungan native untuk layanan ini dapat dimainkan di TV Samsung tanpa memerlukan perangkat tambahan lainnya.

Untuk sekarang layanan ini memang hanya tersedia untuk TV milik Samsung saja, namun Microsoft mengatakan bahwa mereka akan menjalin kerja sama dengan pabrikan TV lainnya setelah peluncuran layanan ini untuk Samsung.

Xbox Cloud Gaming sendiri baru akan didapatkan pada Smart TV Samsung yang diproduksi pada tahun 2022. Layanan ini akan mulai dapat digunakan pada 30 Juni mendatang dan dapat diakses di 27 negara. Sayangnya tidak dijelaskan apakah Indonesia termasuk yang mendapat layanannya atau tidak.

Pada prakteknya nanti Microsoft berjanji bahwa menjalankan Xbox app ini akan semulus menjalankan aplikasi streaming lainnya yang ada di Smart TV. Namun para pemilik Smart TV ini nantinya tetap membutuhkan kontroler atau joystick yang disambungkan melalui Bluetooth.

Joystick yang dapat digunakan untuk Smart TV Samsung ini juga tidak terbatas pada Xbox controller saja, namun juga joystick milik PlayStation yaitu DualShock 4 dan bahkan PlayStation DualSense. Headset Bluetooth juga disebut akan kompatibel dengan layanannya.

Image Credit: Samsung

Tetapi perlu diingat bahwa untuk mengakses Xbox Cloud Gaming ini, pemain tetap harus berlangganan layanan Xbox Game Pass Ultimate terlebih dahulu. Selain itu karena layanan ini menggunakan cloud maka pemain harus memiliki koneksi internet yang kencang dan stabil.

Bila semua persiapan yang dibutuhkan nantinya telah dipenuhi, maka pemain akan dapat memainkan ratusan game yang ada di pustaka Xbox Game Pass. Untuk Anda yang bingung mencari rekomendasi game di Game Pass, Anda bisa melihat daftar "20 Game Terbaik yang Wajib di Mainkan di Xbox Game Pass".

Ke depannya, Microsoft memang ingin terus membangun Xbox sebagai platform gaming yang dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja. Termasuk ke depannya adalah mengintegrasikan layanan Xbox ke dalam Microsoft Edge dan Windows 11.

 
View this post on Instagram
 

A post shared by Hybrid.IDN (@hybrid.dojo)