RRQ Lepas Semua Pemain Tim MDL S1 Mereka

Berlaga di MDL, RRQ Sena gagal memberikan performa yang sama baiknya dengan RRQ Hoshi

RRQ melepaskan semua anggota dari salah satu tim Mobile Legends mereka. Melalui Facebook dan Instagram, RRQ mengucapkan selamat tinggal pada lima anggota RRQ Sena, yaitu Agung “Billy” Tribowo,  I Gusti Ngurah Agung Duva aka Rocket, Bintang "Binx" Pamungkas, Fadhil “Rave” Abdurrahman, dan Rusman "Rusman" Hadi.

RRQ Sena merupakan tim akademi yang berlaga di Mobile Legends Developmental League (MDL), liga kasta kedua untuk game Mobile Legends. RRQ Hoshi yang berlaga di Mobile Legends Professional League Indonesia Season 5 (MPL ID) berhasil menjadi juara. Sayangnya, RRQ Sena tidak dapat memberikan performa sama baiknya.

Sepanjang regular season MDL, dari 13 pertandingan, RRQ Sena hanya bisa memenangkan 5 pertandingan dan kalah pada 7 pertandingan lainnya. Secara keseluruhan, poin agregat yang didapatkan RRQ Sena adalah -4. Meskipun begitu, mereka masih bisa maju ke babak playoff dari MDL. Sayangnya, mereka harus kalah di babak pertama playoff dengan skor 0-2 ketika melawan Victim Esports.

Hasil pertandingan regular season dari MDL. | Sumber: Situs resmi MDL

Di dunia esports Indonesia, regenerasi pemain adalah salah satu masalah yang harus dihadapi. Untuk mengatasi masalah ini, Moonton memutuskan untuk mengadakan MDL. Seperti namanya, tujuan dari MDL adalah untuk memberikan kesempatan pada tim Mobile Legends kelas dua agar mereka bisa mengasah kemampuan mereka. Dengan begitu, diharapkan akan muncul talenta-talenta baru.

MDL diikuti oleh 12 tim. Delapan di antaranya merupakan tim akademi dari organisasi esports yang berlaga di MPL. Sementara 4 tim lainnya masuk ke MDL setelah lolos dari babak kualifikasi. Menariknya, tim-tim yang lolos babak kualifikasi justru menampilkan permainan yang sangat baik dalam MDL. Victim Esports adalah salah satu tim yang masuk ke MDL melalui jalur kualifikasi. Dalam regular season, mereka duduk di posisi 3 dengan 9 kemenangan dan 3 kekalahan. Mereka bahkan berhasil keluar sebagai juara.

Sementara itu, RRQ adalah salah satu organisasi esports terbesar di Indonesia. Walau didirikan pada 2013, RRQ baru ditangani secara profesional pada 2017. Sejak saat itu, RRQ telah memenangkan berbagai turnamen, baik di tingkat nasional maupun internasional. Pada tahun 2019, total hadiah turnamen yang mereka menangkan mencapai setidaknya Rp5,7 miliar.

Sumber header: Facebook