Esports Ecosystem

Moonton Umumkan Liga Kasta Kedua, Mobile Legends Developmental League

03 Jan 2020 | Akbar Priono
Mobile Legends Developmental League (MDL) akan jadi liga kasta kedua yang berperan sebagai pemasok liga kasta utama MPL.

Menyongsong tahun 2020, Moonton mengumumkan akan menyelenggarakan Mobile Legends Developmental League (MDL). Ini merupakan tindak lanjut dari apa yang dikatakan oleh Dylan Chia MPL Indonesia Marketing Director dalam sebuah sesi wawancara bersama awak media saat babak Grand Final MPL ID Season 4 yang berlangsung pada akhir Oktober 2019 lalu.

Dalam sesi membahas seputar MPL Indonesia kini dan nanti, Dylan sudah mengatakan, bahwa Moonton memiliki rencana menggelar developmental league. “Untuk membuat MPL ID Season 5 jadi lebih besar lagi, kami sedang mempersiapkan inisiatif developmental league. Kami ingin memberikan kesempatan kepada tim MLBB kelas dua untuk berkembang sehingga bisa menciptakan talenta-talenta baru” ucap Dylan kepada kami.

Sumber: Dokumentasi Hybrid - Akbar Priono
Dylan Chia, MPL Indonesia Marketing Director. Sumber: Dokumentasi Hybrid – Akbar Priono

MDL merupakan liga kasta kedua, yang akan menjadi salah satu kesempatan para talenta berbakat untuk bisa masuk ke skena kompetitif MLBB kasta pertama, MPL. Liga MDL akan diikuti oleh tim kasta kedua milik 8 organisasi yang tergabung di dalam model franchise MPL.

Namun demikian, bukan berarti tidak ada kesempatan untuk tim lain. Nantinya akan ada kualifikasi yang diselenggarakan secara offline untuk menyeleksi tim selain dari 8 organisasi peserta model franchise MPL. Mereka akan berkompetisi demi mendapat kesempatan bertanding di MDL.

“Kami semangat sekali untuk mengembangkan Mobile Legends Developmental League. Kami percaya kehadiran MDL akan membuka peluang besar bagi pemain untuk menjadi pro player. Sebagaimana yang kita tahu bahwa ekosistem esports berkembang sangat cepat dan kami ingin mengambil andil lebih besar untuk mengembangkan dan mempertahankan ekosistem yang sudah ada. Ini juga sesuai dengan visi kami, yaitu menciptakan wadah kompetisi mulai dari liga amatir hingga liga professional.” ujar Lucas Mao, selaku Commissioner MPL Indonesia.

MPL ID S4. Sumber: Dokumentasi Resmi MPL Indonesia
MPL ID S4. Sumber: Dokumentasi Resmi MPL Indonesia

Liga kasta kedua ini akan dimulai pada bulan Februari 2020 mendatang. Kompetisi akan berjalan kurang lebih selama dua bulan, dengan penyelenggaraan babak Regular Season dan Playoff di Jakarta.

Dengan ini jenjang kompetisi ekosistem MLBB jadi semakin lengkap. Dari sisi amatir ada MLBB Campus Championship, lalu ada MDL sebagai liga kasta kedua, dan MPL sebagai liga kasta pertama. Moonton juga sudah melengkapi ekosistem tingkat internasional dengan kehadiran MSC sebagai pertandingan tingkat regional SEA dan M1 World Championship untuk tingkat dunia.