Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Roblox Tambahkan Voice Chat Realistis di Gamenya

7 September 2021Sean Edbert

Fitur voice chat ini dikabarkan sedang dalam tahap uji coba.

Bagi sebagian besar gamer, bermain multiplayer pasti akan lebih seru jika dapat berkomunikasi dengan teman atau orang lain. Karena itu, sejumlah game multiplayer populer memiliki fitur voice chat yang tertanam di dalamnya.

Menariknya, Roblox dikabarkan akan mendapat fitur voice chat yang dinamakan “Spatial Voice”. Spatial Voice milik Roblox dirancang untuk memberikan pengalaman komunikasi semirip mungkin dengan dunia nyata. Hal ini diumumkan langsung oleh Roblox Corporation melalui blog resminya.

“Kemampuan komunikasi di Roblox harus berdasar pada cara kita berkomunikasi di dunia nyata, terutama saat berada dalam pengalaman 3D. Misalnya, kita meninggikan suara saat ingin memanggil seseorang yang berada jauh dari kita, berbisik ketika diperlukan, mengubah gaya komunikasi saat kita sendirian atau bersama orang lain, serta menggunakan gerak tubuh dan ekspresi wajah untuk menambahkan nuansa dan emosi pada kata-kata kita.” Dikutip dari blog resmi Roblox.

Image Credit: PCGamerN

Artinya, sistem voice chat milik Roblox bukan seperti yang kita temukan di VALORANT atau CS:GO. Saat berbicara di Roblox, suara Anda hanya akan terdengar pada pemain yang posisinya dekat dengan Anda. Fitur ini sangat menarik, apalagi selama pandemi banyak remaja yang menggunakan Roblox untuk berkomunikasi.

Namun, menambahkan fitur voice chat ke Roblox memunculkan kekhawatiran tentang kata-kata kasar, mengingat sebagian besar penggemar Roblox adalah anak kecil. Namun, Roblox ternyata telah memikirkan hal tersebut dan mempunyai solusi untuk memoderasi percakapan.

Roblox akan merilis Spatial Voice beserta dengan sistem self-report. Jadi, Anda dapat melaporkan pemain yang berbicara kata kasar atau bertingkah toxic. Pemain itu dapat menerima konsekuensi berupa ditendang dari permainan atau kehilangan akses untuk berbicara.

Image Credit: Roblox

Saat ini, Spatial Voice milik Roblox sedang dalam tahap uji coba. Menurut TechCrunch, Roblox mengundang lima ribu kreator yang semuanya di atas umur 13 tahun untuk mencoba fitur terbaru ini. Fitur ini juga akan dirilis perlahan, mulai dari kelompok pengembang lebih dahulu sampai ke pemain.

Dengan fitur voice chat ini, Roblox kemungkinan akan menjadi tempat nongkrong yang asyik. Bagaimana menurut Anda? Apakah fitur ini akan berfungsi sebagaimana mestinya?

Berbicara mengenai voice chat, Riot Games beberapa waktu lalu mulai merekam voice chat di VALORANT. Menurut Riot Games, hal ini dilakukan untuk menjaga kenyamanan di game. Anda bisa membaca lebih lengkap tentang ini di sini.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV