23 March 2022

by Galih

Gara-gara Microtransaction Baru, Gran Turismo 7 Dibombardir Review Negatif

Banyak yang meluapkan emosinya di Metacritic.

Hanya dalam beberapa hari, status Gran Turismo 7 yang awalnya menjadi salah satu game balap terbaik yang pernah dibuat kini berubah menjadi game balap yang paling dibenci oleh para fansnya.

Game yang awalnya banyak dipuji ini kini banyak dihujat oleh para pemainnya sendiri gara-gara update terakhir yang dirilis untuk game-nya. Update yang membuatserver Gran Turismo 7offline dan tidak dapat dimainkan hingga 30 jam ini berujung dengan patch yang berisi microtransaction.

Meskipun tidak secara resmi diumumkan, namun setelah update v1.08 yang baru dirilis beberapa hari lalu developer Polyphony Digital memutuskan untuk mengurangi uang yang diperoleh setelah melakukan balapan.

Image Credit: Sony

Padahal uang inilah yang nantinya digunakan oleh para pemain untuk membuka mobil baru. Hal ini tentunya membuat para pemain kini harus melakukan grinding balapan lebih banyak dan lama untuk membuka mobil-mobil mahal yang ada di Gran Turismo 7.

Kondisi tersebut seakan mengarahkan para pemain yang tidak memiliki banyak waktu untuk menggunakan uang asli mereka untuk mempersingkat waktu grinding yang dibutuhkan. Microtransaction inilah yang membuat para pemain dan fans menjadi marah.

Para pemain pun meluapkan emosinya tersebut melalui media sosial sekaligus membanjiri situs-situs skor video game. Salah satunya adalah Metacritic yang kini mencatat bahwa Gran Turismo 7 mendapatkan User Score 1,9 untuk versi PlayStation 5, dan 2,7 untuk versi PlayStation 4.

Image Credit: Metacritic

Mayoritas pemain meluapkan rasa kesalnya terhadap keputusan untuk mendorong microtransaction di dalam game-nya meskipun secara implisit. Selain itu banyak yang memprotes kewajiban adanya koneksi internet untuk memainkan game-nya yang notabene adalah game single-player.

Skor yang didapatkan Gran Turismo 7 saat ini merupakan yang terendah yang pernah terjadi dalam sejarah seri Gran Turismo dan bahkan membuat Gran Turismo 7 masuk ke dalam 10 game dengan review terburuk untuk PlayStation 5.

Di sisi lain, bos Polyphony Digital dan kreator Gran Turismo Kazunori Yamauchi memberikan sedikit penjelasan tentang apa yang terjadi pada update baru ini. Lewat postingan blog resminya, Yamauchi menjelaskan bahwa dirinya ingin para pemain dapat menikmati semua mobil dan balapn yang ada tanpa microtransaction.

Mereka melakukan sedikit perombakan pada sistem ekonomi game-nya untuk menunjukkan pentingnya nilai dan kelangkaan pada mobil-mobil yang ada dalam game-nya. Yamauchi juga menyatakan bahwa dirinya ingin membuat Gran Turismo 7 menjadi game yang dapat dinikmati dengan berbagai cara.