23 February 2022

by Adi Nawan

Film Adaptasi Uncharted Dapatkan Reaksi yang Bertentangan antara Penonton dan Kritikus

Para penonton filmnya kelihatannya terbagi menjadi dua kubu.

Uncharted mungkin menjadi salah satu game yang seharusnya tidak terlalu sulit untuk diadaptasi jadi film. Mengingat game-nya sendiri terinspirasi dari film-film petualangan seperti Indiana Jones.

Setelah penantian sangat lama, Sony akhirnya menggandeng nama-nama besar seperti Tom Holland, Mark Wahlberg, dan Antonio Banderas. Film adaptasi Uncharted ini akhirnya dirilis pada bulan Februari ini dan langsung mendapatkan sambutan yang luar biasa di seluruh dunia.

Bagaimana tidak, film ini berhasil mendapatkan pendapatan sebesar $44,1 juta atau sekitar Rp632 miliar di minggu pertama peluncurannya hanya di Amerika Serikat saja.

Bila angka tersebut diakumulasikan dengan penghasilan yang telah didapatkan minggu sebelumnya di beberapa wilayah lain di seluruh dunia maka total yang didapatkan oleh film Uncharted ini mencapai total $139 juta atau sekitar Rp1,9 triliun.

Image Credit: Sony

Namun di samping penghasilan dan jumlah penonton yang fantastis, film Uncharted ini mendapatkan penilaian yang cukup bertentangan antara para kritikus dan para penontonnya.

Hal ini terlihat di beberapa website penilaian film yang memberikan penilaian cukup bervariasi. Seperti contohnya, IMDb memberikan nilai akumulasi 6,7/10 yang bisa dibilang cukup positif. Namun hal itu dikarenakan IMDb menggabungkan semua penilaian baik dari para kritikus maupun penonton umum.

Pertentangan mulai terlihat pada website yang membagi penilaiannya antara kritikus dan penonton umum. Seperti pada websiteMetacritic, penilaiannya terbagi antara "User Score" yang memberikan nilai 6,6 dan "Metascore" yang berisi para kritikus yang memberikan nilai 4,7.

Kesenjangan penilaian ini bahkan lebih terlihat di website Rotten Tomatoes, karena "Audience Score" untuk film Uncharted di sini mencapai 90% yang tentunya sangat baik. Sedangkan penilaian "Tomatometer" mereka hanya berada di nilai 40%.

Hal tersebut kelihatannya terjadi karena para penonton dari film Uncharted ini tidak selalu fans dari game-nya yang memiliki ekspektasi ini dan itu. Sehingga mereka bisa memberikan penilaian yang cukup tinggi ke film ini.

Dengan modal biaya produksi sebesar $120 juta yang kini harusnya sudah tertutupi, Uncharted masih berpotensi untuk meningkatkan pemasukannya lewat peluncuran filmnya di Tiongkok pada 14 Maret mendatang.

Dan dengan angka pendapatan serta penilaian dari penonton secara umum yang positif terhadap film ini, kelihatannya Sony akan segera memberikan lampu hijau kepada sekuel dari film adaptasi Uncharted ini.