Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

PUBG SEA Series Jadi Jalan Menuju Kejuaraan Dunia

7 February 2020Akbar Priono

PUBG SEA Series menjadi pembuka skena kompetitif PUBG SEA tahun 2020. Kompetisi ini menjadi jalan para pemain untuk menuju panggung internasional.

Beberapa waktu yang lalu, kita sempat mendengar soal perubahan struktur kompetisiPUBG (Steam) secara internasional. Salah satu perubahan yang paling terasa adalah hilangnya liga untuk regional Eropa (EU) dan Amerika (NA). Penyebabnya mungkin karena format kompetisi liga untuk PUBG tidak berjalan dengan lancar di sana. Mereka mencoba membangun hype dengan menjual skin spesial liga dengan sistem bagi hasil kepada tim peserta, namun cara itu juga kurang berhasil.

Namun demikian, struktur tersebut tidak banyak berubah jika kita bicara ajang kompetitif skala regional SEA. Tahun lalu kita punya PUBG SEA Championship, yang jadi ajang unjuk gigi tim PUBG se-Asia Tenggara, termasuk wakil Indonesia Victim Esports. Tahun ini, walau masih menggunakan struktur yang kurang lebih sama, namun kompetisi tersebut kini hadir dengan membawa nama PUBG SEA Series (PSS).

Sumber: Geek Events Official Release
Sumber: Geek Events Official Release

Kompetisi tingkat SEA kini juga berubah jadi hanya memiliki format online saja. Turnamen ini terbuka hanya untuk tim dari empat negara di Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Filipina. Bagi Anda yang ingin mengikutinya, Anda bisa segera mendaftar di tautan pubg.geekevents.asia, dengan batas akhir pendaftaran pada tanggal 8 Februari 2020 mendatang.

Nantinya, empat tim terbaik dari gelaran PSS akan bertanding di tingkat yang lebih tinggi, yaitu PUBG Global Series Berlin Asia Pacific Region (PGS Berlin APQ). Dalam gelaran PGS Berlin APQ, peserta dari PSS akan diadu lagi dengan masing-masing 4 tim dari kompetisi tingkat tinggi di regional Asia Pasific, termasuk PUBG Master League (PML – Chinese Taipei), PUBG Thailand Series (PTS), dan PUBG Vietnam Series (PVS).

Setelah melalui kompetisi di PGS Berlin APQ, tim-tim tersebut nantinya akan melaju ke tingkat yang lebih tinggi lagi, yaitu kompetisi tingkat internasional, PUBG Global Series Berlin 2020 (PGS Berlin). Sebelumnya PUBG juga sempat mengumumkan lebih lanjut terkait struktur kompetisi di tahun 2020 ini. Tahun ini, PUBG mencoba untuk lebih merapihkan sistem sirkuit kompetisi PUBG secara global.

Sumber: Official PUBG
Sumber: Official PUBG

Pada pengumuman tersebut PUBG Corp. mengatakan bahwa mereka akan mengadakan 3 gelaran PGS di tahun 2020, dan 1 gelaran PUBG Global Championship (PGC) sebagai puncak tertinggi kancah kompetitif PUBG global. PGS mempertandingkan 32 tim, sementara PGC mempertandingkan 16 tim saja.

Empat besar gelaran PGS secara otomatis melaju ke PGS selanjutnya. Jika tim tersebut berhasil menempati empat besar di PGS ketiga, maka ia berhak melaju ke PGC 2020. Bagaimana dengan sisa 12 slot lainnya di PGC 2020? Untuk mengisinya, PUBG Corp. menjumlahkan poin Kill/Chicken Dinner yang didapat dari tiga PGS yang diikuti oleh tim. Setelahnya 12 tim dengan poin tertinggi akan secara otomatis melaju ke PGC 2020.

Babak final PUBG SEA Series akan diselenggarakan secara online pada tanggal 16 Februari 2020 mendatang. Setelah itu kompetisi lalu dilanjut dengan PGS Berlin APQ, dan ditutup dengan gelaran PUBG Global Series: Berlin yang diadakan pada 31 Maret sampai 12 April 2020 mendatang.

Play video

16 June 2021

HY ESPORTS - ESPORT TIDAK MENGENAL DAERAH

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV