7 October 2022

by Glenn Kaonang

LaLiga Golazos Resmi Diperkenalkan, Hadirkan NFT Momen Terbaik Sepak Bola Spanyol

Digarap oleh Dapper Labs, perusahaan di balik platform NFT olahraga tersukses NBA Top Shot

Bertambah lagi opsi platform NFT olahraga bagi para penggemar sepak bola. Dapper Labs, kreator dari platform NFT olahraga populer NBA Top Shot, hari ini resmi memperkenalkan proyek terbarunya, yakni LaLiga Golazos. Seperti yang sudah bisa ditebak dari namanya, ini merupakan platform NFT khusus liga sepak bola divisi utama Spanyol.

Pada LaLiga Golazos, Dapper Labs sekali lagi menerapkan formula yang terbukti sukses di NBA Top Shot maupun NFL All Day. Kata "Golazos" sendiri berasal dari bahasa Spanyol yang biasa dipakai untuk mendeskripsikan gol-gol yang spektakuler, dan platform ini nantinya bakal memberi kita kesempatan untuk mengoleksi momen-momen terbaik yang pernah terjadi di LaLiga sejak musim 2005-2006 hingga sekarang dalam format NFT.

Dalam siaran persnya, dijelaskan bahwa aset-aset NFT di LaLiga Golazos tidak hanya mencakup video highlight, melainkan juga narasi dan statistik pertandingan, serta detail performa pemain secara lengkap. Untuk pertama kalinya buat Dapper Labs, seluruh aset NFT di LaLiga Golazos bakal hadir dalam format bilingual (Inggris dan Spanyol).

Seperti proyek-proyek Dapper Labs lainnya, LaLiga Golazos juga dibangun di atas ekosistem blockchain Flow (yang juga dikembangkan oleh Dapper Labs) yang menggunakan mekanisme konsensus proof-of-stake. Dari segi kompatibilitas dengan layanan pihak ketiga, Flow merupakan opsi yang relatif populer, dan kolektor NFT liga sepak bola Spanyol ini nantinya juga dapat memamerkan koleksinya di Instagram ataupun Facebook berkat dukungan yang disediakan oleh Meta.

Sebelum dibuka untuk umum, LaLiga Golazos akan lebih dulu menjalani fase closed beta mulai 27 Oktober mendatang. Debutnya bakal ditandai dengan perilisan koleksi NFT perdananya, yang mencakup momen-momen terbaik dari rivalitas tersengit antar beberapa klub, di antaranya El Clásico (FC Barcelona vs. Real Madrid CF), El Gran Derbi (Real Betis vs. Sevilla FC), the Madrid Derby (Real Madrid CF vs. Atlético de Madrid), dan the Basque Derby (Real Sociedad vs Athletic Club).

Andai Dapper Labs mengikuti pola yang sebelumnya mereka terapkan di NBA Top Shot maupun NFL All Day, fase closed beta ini kemungkinan bakal berlangsung selama beberapa bulan sebelum akhirnya mereka membuka akses untuk publik secara luas. Buat yang tertarik mengikuti fase closed beta-nya, Anda sudah bisa mendaftarkan diri di situs resmi LaLiga Golazos mulai sekarang.

Kehadiran LaLiga Golazos kian melengkapi opsi platform NFT bagi para fans sepak bola. Buat yang lebih suka dengan liga Serie A Italia, mereka bisa melirik platform NFT besutan OneFootball bernama Aera, sementara penggemar sejati sepak bola tanah air bakal difasilitasi oleh platform NFT lokal bernama Bolafy. Lebih menikmati pertandingan sepak bola antar tim nasional? Ada platform NFT FIFA+ Collect yang resmi digarap oleh FIFA.

Sumber: Decrypt.