5 September 2022

by Glenn Kaonang

Jelang Piala Dunia 2022, Platform NFT FIFA+ Collect Resmi Diperkenalkan

Lewat FIFA+ Collect, penggemar sepak bola di seluruh dunia dapat mengoleksi momen-momen terbaik yang pernah terjadi di sepanjang sejarah Piala Dunia dan Piala Dunia Wanita

Piala Dunia 2022 tinggal hitungan bulan. FIFA, badan resmi yang menaungi cabang olahraga sepak bola global, ingin menyambutnya dengan cara yang agak berbeda kali ini. Mereka baru saja mengumumkan kehadiran platform NFT-nya sendiri, yakni FIFA+ Collect.

Dijadwalkan meluncur pada akhir bulan September ini, FIFA+ Collect akan menghadirkan deretan momen terbaik dan karya seni seputar sepak bola dalam wujud NFT. Berhubung ini FIFA yang kita bicarakan, konteksnya tentu adalah laga sepak bola internasional, spesifiknya Piala Dunia dan Piala Dunia Wanita.

Dalam siaran persnya, FIFA memastikan bahwa FIFA+ Collect akan menjadi platform yang "terjangkau, inklusif, dan aksesibel bagi seluruh penggemar sepak bola." Platform FIFA+ Collect ini akan dapat diakses melalui FIFA+, layanan streaming gratis yang FIFA luncurkan pada bulan April lalu.

Platform NFT FIFA ini dibangun di atas infrastruktur blockchainAlgorand, menyusul pengumuman keja sama FIFA dan Algorand pada bulan Mei lalu. Buat yang kurang familier, Algorand merupakan salah satu alternatif Ethereum yang cukup populer di dunia NFT, utamanya berkat mekanisme konsensus proof-of-stake yang diusung, serta biaya transaksi yang relatif rendah. Selain platform NFT FIFA Collect+, Algorand juga dipercaya untuk menenagai marketplace NFT LimeWire.

Platform NFT FIFA+ Collect dapat diakses melalui layanan streaming FIFA+ / FIFA

FIFA melihat inisiatif NFT-nya ini sebagai cara mereka untuk memberi kesempatan kepada para penggemar sepak bola untuk ikut memiliki bagian dari Piala Dunia. "Seperti halnya stiker dan memorabilia olahraga, ini merupakan peluang yang aksesibel bagi para penggemar di seluruh dunia untuk terlibat dengan pemain favorit mereka, momen, dan lain sebagainya di platform baru," ucap Chief Business Officer FIFA Romy Gai.

NFT olahraga belakangan memang tengah naik daun, terbukti dari banyaknya platform NFT untuk berbagai cabang olahraga yang tersedia saat ini. Di cabang sepak bola sendiri, beberapa liga sedang sibuk menggodok platform NFT-nya masing-masing, seperti contohnya Liga Serie A Italia dan La Liga Spanyol. Di Indonesia, kita juga punya platform bernama Bolafy yang menghadirkan NFT momen terbaik dari Liga 1.

Kehadiran platform NFT dari FIFA ini tentunya berpotensi untuk mendongkrak popularitas NFT olahraga lebih jauh lagi. Sebagian besar penggemar olahraga sudah tidak asing lagi dengan konsep mengoleksi sesuatu yang berkaitan dengan tim atau atlet favoritnya, dan tren NFT ini pada dasarnya hanya sebatas transisi ke format digital buat mereka.

Via: Decrypt.