7 October 2022

by Lukman Azis

Pixel Watch Adalah Jam Tangan Pintar Pertama Google Dengan Wear OS 3.5

Bentuk Google Pixel Watch bundar seperti kubah, dengan satu tombol fisik, dan datang dengan satu ukuran 41 mm

Bareng smartphonePixel 7 dan Pixel 7 Pro yang datang dengan chipset Tensor G2. Google juga resmi mengumumkan jam tangan pintar pertamanya yang bernama Pixel Watch, perangkat wearable ini menjalankan Wear OS 3.5 dan memiliki UI berbeda dari jam tangan Wear OS Samsung.

Pixel Watch mengusung layar AMOLED 1,2 inci, bentuknya bundar dengan tepian yang agak melengkung seperti kubah. Tingkat kecerahan puncaknya mencapai 1.000 nits untuk visibilitas di luar ruangan dan memiliki mode Always-on display.

Permukaan layarnya dilindungi oleh lapisan 3D Corning Gorilla Glass 5 dan hanya ada satu tombol fisik di tubuhnya. Sasisnya terbuat dari material stainless steel yang tahan lama dan bodinya memiliki ketahanan air 5ATM.

Smartwatch ini tersedia dalam satu ukuran 41 mm dengan ketebalan 12,3 mm dan berat 32 gram tanpa tali, dalam paket penjualannya Google memberikan tali berukuran kecil dan besar. Pixel Watch memiliki dua varian koneksi, yaitu versi WiFi dan LTE jika Anda ingin menggunakannya tanpa tergantung dengan smartphone.

Pixel Watch memiliki sensor detak jantung di bagian bawah dan sensor ECG untuk pembacaan jantung yang lebih detail. Google memanfaatkan keahlian tim Fitbit untuk mengembangkan algoritme yang lebih akurat untuk pelacakan kesehatan secara keseluruhan, bahkan dapat memberi tahu pengguna kapan waktu terbaik untuk beristirahat dan memulihkan diri.

Untuk dapur pacunya, Google masih menggunakan chipset Exynos 9110 standar yang digunakan pada Galaxy Watch 3 di tahun 2018 dan dipasangkan dengan RAM 2 GB. Namun, Pixel Watch memiliki co-prosesor Cortex M33 tambahan guna mengoptimalkan masa pakai baterai.

Google yakin baterai 294 mAh cukup untuk bertahan selama 24 jam dengan sekali pengisian daya. Tentunya masa pakai baterainya tergantung pada penggunaan, ada fitur pengisian cepat melalui USB-C. Pengguna bisa mendapatkan hingga 50 persen dalam setengah jam dan 80 menit untuk pengisian penuh.

Konektivitas Pixel Watch mencakup Bluetooth 5.0, LTE opsional, WiFi, dan NFC untuk pembayaran tanpa kontak dengan Google Wallet. Ia juga memiliki mikrofon dan speaker internal untuk Google Assistant dan panggilan telepon.

Google juga menambahkan sejumlah fitur keselamatan, seperti SOS darurat, panggilan darurat internasional, dan deteksi jatuh. Pixel Watch terintegrasi dengan layanan Google di luar kotak, termasuk fitur navigasi belokan demi belokan dengan Google Maps, pemberitahuan Calender dan Gmail, serta banyak lagi.

Di Eropa, Pixel Watch (WiFi) dijual dengan harga €380 (Rp5,6 jutaan) dan €430 (Rp6,4 jutaan) untuk model LTE dengan pilihan warna black, silver, dan gold. Ia hadir dengan 3 bulan gratis YouTube dan 6 bulan gratis Fitbit Premium yang mencakup akses ke latihan terpandu, pelacakan tidur lanjutan, Daily Readiness Score, dan sesi meditasi.

Sumber: GSMArena