Perjalanan Fitur Kamera Portrait Di Smartphone OPPO Reno

Selagi menanti kedatangan Reno8, mari kita sedikit kilas balik perjalanan fitur kamera di smartphone Reno.

Sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 2019, aspek kamera selalu menjadi fitur unggulan yang ditawarkan oleh smartphone OPPO Reno. Pada tiga generasi pertama, mencakup Reno 10x Zoom, Reno2, dan Reno3, OPPO berfokus pada fitur kamera utama seperti kemampuan hybrid zoom, mode malam, stabilisasi video, hingga pengambilan gambar resolusi tinggi 108 MP.

Kemudian OPPO memfokuskan diri pada fitur portrait mulai dari Reno4 hingga sekarang dikenal sebagai “Portrait Expert”. Sebetulnya selfie juga termasuk dalam fitur portrait, namun OPPO tidak hanya ingin mengunggulkan portrait pada kamera depan tetapi juga belakang, dengan kata lain kualitas keseluruhan kameranya.

OPPO Reno8

Kabar terbaru, OPPO sedang bersiap untuk merilis penerus Reno7 di Indonesia. Bagian menariknya ialah model Reno8 seri tertinggi dipastikan akan dibekali chipMariSilicon X yang akan meningkatkan hasil foto portrait secara signifikan. Selagi menanti kedatangan Reno8, mari kita sedikit kilas balik perjalanan fitur kamera portrait di smartphone Reno.

1. OPPO Reno 10x Zoom

Perangkat seri Reno pertama ini dirilis April 2019, ia mengemas tiga unit kamera di belakang dengan kamera utama 48 MP yang dilengkapi fitur LDAF (Laser Detection Auto Focus) dan Ultra Night Mode yang membuatnya tetap dapat diandalkan di kondisi minim cahaya. Sesuai namanya, fitur yang mengesankan ialah kemampuan 10x hybrid zoom dan 5x optical zoom berkat kamera 13 MP OIS dengan lensa periscope telephoto 130mm.

2. OPPO Reno2

Reno2 merupakan penerus Reno original, bukan versi 10x zoom. Generasi keduanya berfokus menghadirkan pengalaman videografi, dengan konfigurasi kamera utama 48 MP OIS, 13 MP telephoto, 8 MP ultrawide, dan 2 MP B/W. Fitur unggulan seperti Ultra Steady Video untuk hasil rekaman yang lebih stabil. Juga untuk pertama kalinya ada fitur video bokeh, serta Audio Zoom dan Audio Focus.

3. OPPO Reno3

OPPO kemudian merombak total desain Reno3, tampil lebih simpel dan bodi lebih tipis. Ia masih mengusung konfigurasi kamera belakang yang sama seperti Reno2, tetapi membawa fitur foto baru yang disebut Ultra Clear 108 MP Image dan Ultra Dark Mode. Kamera depannya juga ditingkatkan dengan 44 MP Ultra Night Selfie.

4. OPPO Reno4

Lewat Reno4, OPPO tidak hanya meningkatkan desainnya yang tampil lebih menarik dengan teknik Reno Glow. Dari sini OPPO mulai fokus menghadirkan fitur kamera portrait berbasis AI, yakni AI Color Portrait yang menonjolkan subjek tetap berwarna dengan latar belakang hitam putih dan Night Flare Portrait untuk foto malam dengan bokeh lampu kota, disamping peningkatan Ultra Night Mode.

5. OPPO Reno5

Pada Reno5, OPPO meningkatkan kamera utamanya dengan sensor 64 MP, pendahulunya Reno4 masih dibekali sensor 48 MP. Fitur portrait-nya pun bertambah lebih banyak dan tidak hanya berlaku untuk foto tetapi juga video.

OPPO menghadirkan AI Mixed Portrait dengan efek double-exposure, serta AI Highlight Video dengan algoritme AI untuk mendeteksi cahaya dan secara otomatis menerapkan perhitungan yang berbeda. Juga ada fitur Dual-view Video yang memungkinkan merekam video menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan.

6. OPPO Reno6

Fitur kamera portrait baru di Reno6 adalah Bokeh Flare Portrait Video yang mampu menghasilkan video dengan efek bokeh yang sinematik. Mirip seperti yang dihasilkan kamera DSLR atau mirrorless dengan lensa fix aperture besar.

Fitur lainnya adalah Portrait Beautification Video dengan kamera depan yang mampu mendeteksi 193 titik bagian wajah utama sehingga video portrait lebih presisi dan otentik. OPPO juga memperkenalkan fitur AI Pallete di pengeditan foto bawaannya yang punya fungsi untuk mempelajari karakter warna dan tone sebuah foto untuk bisa digunakan pada foto lain.

7. OPPO Reno7

OPPO melengkapi kamera depan Reno7 dengan fitur Ultra Sensing Selfie menggunakan sensor Sony IMX709 32 MP RGBW. Sensor gambar yang dirancang oleh OPPO dan diproduksi oleh Sony ini menampilkan desain array piksel yang revolusioner.

Berkat itu, OPPO menghadirkan fitur Selfie HDR yang akan mempertahankan tone dan detail wajah di kondisi backlight. Serta, Portrait Retouching yang bakal mempertahankan pesona kecantikan alami orang-orang yang ada dalam foto.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.