Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Data Penonton MPL Indonesia Season 8 Sampai di Pekan Kedua

24 August 2021Yabes Elia

Meski tanpa Lemon, RRQ tetap menjadi tim yang paling laris ditonton.

MPL Indonesia (ID) Season 8 sudah merampungkan pekan keduanya. Anda bisa membaca rekapnya di artikel berbeda yang sudah kami tuliskan sebelumnya. Kali ini, saya lebih ingin berbagi data-data tentang penonton MPL Indonesia Season 8 sampai di pekan kedua. Semua data yang saya dapatkan kali ini dihimpun dari fitur Pro milik Esports Charts.

Pertama, Peak Viewers MPL ID S8 mencapai 1,031 juta penonton yang terjadi di pekan pertama saat pertarungan RRQ melawan Alter Ego. Pertandingan kedua yang paling ramai ditonton terjadi pada minggu kedua saat RRQ bertemu dengan ONIC Esports dengan 950 ribu penonton. Di posisi ketiga, pertandingan RRQ kembali menjadi yang terlaris. Namun, uniknya, lawan RRQ kali ini adalah Geek Fam. Anda dapat melihat 5 pertandingan yang paling banyak ditonton dari screenshot yang saya ambil di Esports Charts berikut ini.

Image credit: Esports Charts

Dari gambar di atas, Anda juga dapat melihat jika RRQ Hoshi menjadi tim yang paling populer sampai di pekan kedua ini, baik dalam hal Average Viewers ataupun Hours Watched.

Uniknya, Alter Ego ternyata lebih ramai ditonton ketimbang EVOS Esports. Meski kelihatannya fans EVOS lebih banyak di dunia maya. Di posisi keempat dan kelima, Bigetron ternyata berhasil mengalahkan ONIC Esports.

Selain Peak Viewers, sampai dengan pekan kedua, MPL ID S8 sudah ditonton selama 11,4 juta jam (Hours Watched).

Image credit: Esports Charts Pro

Terakhir, ada juga data yang disortir dari bahasa tayangan ataupun platformnya. Dari segi bahasa, tidak heran jika penonton tayangan bahasa Indonesia jauh mengungguli tayangan berbahasa Inggris.

Sedangkan dari sisi platform siaran, YouTube masih menjadi platform terlaris. Namun menariknya, penonton di NimoTV sudah lebih banyak ketimbang penonton di Facebook dengan selisih angka yang sangat besar.

Image credit: Esports Charts Pro

Harusnya, angka-angka tadi masih akan terus bertambah tinggi nantinya. Karena, pertandingan di babak Playoff biasanya lebih populer ketimbang Regular Season. Namun begitu, apakah nantinya jumlah penonton MPL ID S8 bisa mengalahkan musim sebelumnya? Apakah RRQ juga bisa jadi tim paling populer kali ini, setelah sebelumnya EVOS yang memegang predikat tersebut di S7?

*Disclosure: Esports Charts adalah Partner dari Hybrid.co.id.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV