9 February 2022

by Galih

GTA V Ternyata Berhasil Capai 160 Juta Kopi, RDR 2 Tembus 43 Juta Kopi

GTA Trilogy juga memperlihatkan performa yang melebihi ekspektasi.

Rockstar baru saja mengumumkan eksistensi Grand Theft Auto 6, sekaligus membagikan detail mengenai GTA V versi next-gen. Dan kini mereka kembali membagikan informasi terkait game-game-nya.

Informasi tersebut dibagikan dalam laporan keuangan kuartal ketiga 2021 dari induk perusahaan, Take-Two Inc. Dalam laporan tersebut Take-Two menampilkan performa dari berbagai judul milik Rockstar yaitu Grand Theft Auto V / GTA Online, Red Dead Redemption 2 / Red Dead Online, hingga Grand Theft Auto Trilogy: The Definitive Edition

Hasilnya? Ternyata ketiga game tersebut masih laris terjual terlepas dua di antaranya merupakan game yang sudah lumayan berumur.

Image Credit: Rockstar

Penjualan GTA 5

Take-Two Interactive bahkan akhirnya membuka bahwa Grand Theft Auto 5, yang meskipun telah berumur sekitar 9 tahun namun masih berhasil terjual 5 juta kopi dalam 3 bulan terakhir.

Tidak itu saja, GTA V juga disebut berhasil terjual sebanyak 20 juta kopi selama tahun 2021 silam. Angka tersebut membuat game ini memiliki total penjualan sejak awal dirilis hingga lebih dari 160 juta kopi.

Fakta mengejutkan lainnya adalah terlepas dari banyaknya sentimen negatif dari para fans terhadap GTA Online yang dianggap sebagai penyebab mundurnya seri GTA selanjutnya, GTA Online mendapatkan lebih banyak pemain pada 2021 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Image Credit: Rockstar

Penjualan RDR 2

Beralih ke Red Dead Redemption 2, game yang dirilis pada 2018 ini ternyata berhasil terjual sebanyak 4 juta kopi selama 3 bulan terakhir -- menunjukkan bahwa popularitas game ini lambat laun mulai mengejar GTA V.

Setelah berjalan 5 tahun, Red Dead Redemption 2 berhasil terjual hingga 43 juta kopi di seluruh dunia. Angka yang mungkin kerdil bila dibandingkan oleh GTA V namun tetap menakjubkan mengingat game-nya tidak se-mainstream GTA.

Lagi-lagi versi online dari game milik Rockstar membuat kejutan, karena performa Red Dead Online diklaim melebihi ekspektasi Take-Two Inc. Hal ini kemungkinan besar karena para pemain memiliki opsi untuk membeligame-nya secara terpisah dengan harga yang lebih murah.

Image Credit: Rockstar

Penjualan GTA Trilogy

Terakhir, Take-Two juga menayangkan performa dari GTA Trilogy: The Definitive Edition yang dirilis akhir tahun lalu. Terlepas dari berbagai masalah kualitas dan teknis yang dihadapi ternyata game ini juga masih tetap sukses secara finansial.

Take-Two juga menjelaskan bahwa Rockstar tetap berusaha untuk memperbaiki berbagai masalah yang ada pada ketiga game remastered tersebut.

Angka penjualan di atas bukanlah akhir dari game-game milik Rockstar ini, terutama untuk GTA V yang pada bulan Maret mendatang akan dirilis kembali untuk konsol next-gen dengan beberapa peningkatan dan fitur baru.