17 February 2023

by Galih

Paket Premium Netflix Kini Suguhkan Spatial Audio Besutan Seinnheiser

Fitur baru ini membuat pengalaman menonton Netflix jadi semakin immersive

Platform streaming Netflix baru saja mengumumkan beberapa fitur baru untuk para pelanggan paket Premium mereka. Salah satu yang paling menarik adalah hadirnya audio spasial besutan Sennheiser.

Fitur baru ini nantinya akan memanfaatkan sistem stereo untuk menyuguhkan pengalaman audio sinematik yang immersive pada lebih dari 700 judul film dan serial teratas di katalog Netflix.

Netflix memilih veteran dunia audio Sennheiser sebagai partner resmi. Netflix disebut akan menggunakan salah satu teknologi besutan Sennheiser, yaitu AMBEO 2-Channel Spatial Audio.

Melalui kemitraan tersebut, Netflix dan Sennheiser berambisi untuk menghadirkan pengalaman audio yang belum pernah dirasakan sebelumnya di platform streaming film dan serial tersebut.

“Kami sangat bangga bahwa Netflix telah memperluas kemitraannya dengan Sennheiser dan memilih untuk menghadirkan pengalaman mendengarkan,” ujar Renato Pellegrini, Manager Pro Labs, AMBEO Immersive Audio.

Renato lanjut menjelaskan bahwa penggunaan fitur AMBEO 2-Channel Spatial Audio ini turut membawa perubahan pada lebih banyak katalog film dan serial yang ada di Netflix.

Fitur audio spasial ini memungkinkan penggunanya untuk menikmati audio secara stereo 360 derajat. Hal ini membuat para pengguna nanti akan merasa seolah berada di dalam film yang sedang ditonton.

Menariknya, fitur audio spasial ini nantinya akan hadir dalam bentuk software, sehingga pengguna nantinya tidak memerlukan hardware tambahan lain untuk dapat menikmati keuntungan ini.

Fitur AMBEO 2-Channel Spatial Audio ini nantinya akan memecah dan membagi ulang suara stereo standar dan menyesuaikan pengaturan rendering audionya secara spesifik, semisal untuk percakapan, musik, suara background, dan lain sebagainya.

Nantinya, mixer di dalam fitur AMBEO akan mendistribusikan suara yang telah dipecah tersebut, sebelum akhirnya disimulasikan ke dalam audio yang didengarkan oleh pengguna. Hal ini membuat pengalaman menonton Netflix nantinya menjadi lebih immersive.

Netflix mendemonstrasikan fitur baru tersebut lewat cuplikan video yang bisa ditonton di bawah ini.

Kabar baiknya, para pelanggan paket Premium Netflix dapat langsung menjajal pengalaman baru audio AMBEO 2-Channel Spatial Audio tersebut sekarang juga.

Beberapa judul populer Netflix yang mendapatkan fitur ini antara lain adalah Stranger Things, The Watcher, Wednesday, dan Knives Out: Glass Onion.

Ke depannya, fitur ini juga akan ditambahkan pada empat judul yang akan tayang seperti You, Your Place or Mine, dan Luther: The Fallen Sun.