10 August 2022

by Lukman Azis

Headphone ANC Baru Sennheiser Momentum 4 Wireless Usung Desain Baru Dan Masa Pakai Baterai 60 Jam

Momentum 4 juga didukung pengisian cepat yang dapat memberikan enam jam waktu mendengarkan hanya dalam 10 menit

Sennheiser telah mengumumkan headphone noise-canceling premium terbarunya, yakni Momentum 4 Wireless. Headphone over-ear nirkabel yang dibanderol dengan harga US$349.95 atau sekitar Rp5,2 jutaan ini mengusung desain baru yang lebih ringan dan nyaman.

Tampangnya terlihat jauh berbeda dari model sebelumnya yang punya estetika retro khas Sennheiser. Mereka mengatakan bahwa Momentum 4 Wireless menawarkan "kenyamanan luar biasa" dan Adaptive Noise Cancellation (ANC) yang lebih superior dibandingkan dengan Momentum 3 Wireless.

Fitur ANC tersebut turut didukung Transparency Mode yang memungkinkan pengguna tetap bisa mendengarkan suara di sekitarnya tanpa perlu melepas headphone dari telinga dengan satu sentuhan. Momentum 4 Wireless juga mendukung aplikasi Sennheiser Smart Control, pengguna bisa menyesuaikan pengaturan EQ, mode suara, dan Sound Personalization baru yang memberikan pengalaman mendengarkan sesuai selera.

Sennheiser telah beralih dari kontrol dengan tombol fisik dan mengadopsi swipe gesture dan tap. Dikombinasikan dengan perintah suara, membuat pengontrolan musik, panggilan telepon, dan asisten suara menjadi intuitif dan mudah dinavigasi.

Selain perubahan tampilan, nilai jual utama lainnya adalah masa pakai baterai. Sennheiser mengklaim Momentum 4 dapat memutar musik hingga 60 jam dengan sekali pengisian daya dan didukung pengisian cepat yang dapat memberikan enam jam waktu mendengarkan hanya dalam 10 menit.

Angka tersebut jauh melampaui para kompetitornya seperti Sony WH-1000XM5, Bose QuietComfort 45, dan Apple AirPods Max yang punya masa pakai sekitar 20 hingga 30 jam. Meskipun headphone baru ini tidak lagi dapat dilipat, Momentum 4 dilengkapi casing yang ditingkatkan dengan perlindungan kulit keras.

Soal kualitas suara, Sennheiser menggunakan driver 42 mm yang diklaim mampu memanjakan para Audiophile. Momentum 4 juga mendukung konektivitas multipoint, audio USB-C kabel, dan ear pad yang dapat diganti yang terbuat dari kulit buatan. Untuk codec Bluetooth, ia mendukung AAC, SBC, aptX, dan aptX Adaptive.

Sumber: TheVerge