1 December 2022

by Glenn Kaonang

OpenSea Kini Fasilitasi Perdagangan NFT dari Ekosistem BNB Chain

Semua koleksi NFT BNB Chain yang memiliki transaksi dalam tahun ini akan otomatis tercantum di marketplace OpenSea

September lalu, OpenSea menegaskan kembali rencananya untuk menempuh jalur multi-chain. Satu demi satu blockchain mereka tambahkan, tiga di antaranya β€” Arbitrum, Optimism, Avalanche β€” bahkan datang dalam kurun waktu kurang dari satu bulan. Belum menunjukkan tanda akan berhenti, baru-baru ini mereka kembali menghadirkan integrasi blockchain anyar, yakni BNB Chain.

Melalui Twitter, akun resmi OpenSea mengumumkan bahwa NFT dari ekosistem BNB Chain sudah bisa diperdagangkan lewat OpenSea dengan memanfaatkan BitKeep Wallet. Menurut OpenSea, semua koleksi NFT BNB Chain yang memiliki setidaknya satu transaksi yang terjadi dalam tahun ini akan otomatis tercantum di platformnya.

Tidak lupa, OpenSea turut menyambut dengan terbuka kedatangan proyek-proyek NFT yang sangat populer di ekosistem BNB Chain, macam PixelSweeper, Gooodfellas, MOBOX, maupun game MOBA Thetan Arena.

Pihak BNB Chain sendiri menyambut baik inisiatif yang OpenSea jalankan. Dalam sebuah posting blog, tim BNB Chain menyebut bahwa kolaborasi ini akan mendatangkan berbagai keuntungan bagi komunitas kreatornya, mulai dari sumber pemasukan ekstra, pembayaran secara real-time, sampai fitur manajemen koleksi.

Dari sisi pengguna, integrasi ini berarti mereka bisa saling memperdagangkan NFT dengan gas fee yang lebih rendah berkat protokol Seaport yang digunakan OpenSea. Tentu saja kita tidak boleh lupa bahwa OpenSea masih menyandang status sebagai salah satu marketplace NFT terbesar saat ini, dan itu berarti kreator NFT BNB Chain punya peluang besar untuk menggaet audiens baru.

"Integrasi ini akan membawa kreator dalam jumlah besar ke sistem yang lebih luas, sekaligus memberdayakan kreator dan inisiatif NFT dalam ekosistem BNB Chain," ucap Gwendolyn Regina, Investment Director di BNB Chain.

BNB Chain sendiri merupakan salah satu blockchain dengan pengguna aktif harian terbesar. CoinDesk menyebutkan bahwa ekosistem BNB Chain telah mendukung lebih dari 1.300 decentralized app (dapp) dari berbagai macam kategori, termasuk halnya decentralized finance (DeFi), metaverse, blockchain gaming, dan NFT. Oktober lalu, BNB Chain juga sempat memperkenalkan program pendanaan senilai $10 juta guna semakin mempercepat pertumbuhan ekosistemnya.