29 September 2022

by Glenn Kaonang

Usai Arbitrum, Kini Giliran Ekosistem NFT Optimism yang Berlabuh di OpenSea

Hanya seminggu setelah menghadirkan integrasi Arbitrum, OpenSea kembali membawa ekosistem NFT dari blockchain Layer 2 lain, yaitu Optimism

OpenSea sedang dalam mode agresif menambahkan integrasi blockchain anyar. Baru satu minggu setelah membawa ekosistem NFT blockchain Arbitrum ke platformnya, OpenSea kini berganti sasaran ke Optimism, blockchain Layer 2 Ethereum lain yang juga tidak kalah populer di kalangan kreator dan kolektor NFT.

Per 27 September kemarin, OpenSea sudah resmi menjadi rumah baru bagi koleksi-koleksi NFT yang di-mint di blockchain Layer 2 tersebut. Tercatat sudah ada 100 koleksi NFT Optimism yang dapat diperjual-belikan via OpenSea, termasuk halnya koleksi-koleksi yang populer seperti Apetimism, Bored Town, MotorHeadz, dan OptiChads.

Dalam pengumumannya, OpenSea tidak lupa mengingatkan kreator masing-masing proyek untuk menentukan sendiri persentase royaltinya. Sekadar mengingatkan, kreator bisa mendapatkan royalti hingga sebesar 10% dari setiap penjualan NFT bikinannya di platform milik OpenSea.

Sebelum berlabuh di OpenSea, sebagian besar kegiatan jual-beli NFT di ekosistem Optimism berlangsung di marketplace bernama Quix. Tanpa perlu terkejut, volume perdagangan Quix jelas tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan OpenSea yang memang sudah menjadi salah satu pemain paling dominan sejak lama.

Berdasarkan data dari Dune Analytics, pada tanggal 26 September (sehari sebelum pengumuman OpenSea), Quix mencatatkan volume transaksi sekitar $26.000. Dalam periode yang sama, volume perdagangan di OpenSea berhasil menembus angka $9,9 juta.

Di OpenSea sendiri, koleksi NFT Optimism terlaris sejauh ini adalah Early Optimists besutan Quix, diikuti oleh dua koleksi lain yang juga dirilis oleh Quix. Dari empat koleksi populer yang disebutkan tadi, sementara cuma Apetimism yang mampu menduduki peringkat lima besar.

Optimism merupakan blockchain keenam yang didukung OpenSea setelah Ethereum, Polygon, Klaytn, Solana, dan Arbitrum. Kabar ini jelas menggembirakan bagi para kreator dan kolektor NFT Optimism, sebab mereka jadi bisa menjangkau pasar yang lebih besar lagi, terlepas dari terus berkurangnya pangsa pasar OpenSea dalam beberapa bulan terakhir.

OpenSea sejauh ini memang belum bicara lebih banyak lagi, akan tetapi saya menebak Optimism tidak akan menjadi blockchain terakhir yang mereka integrasikan. Dalam konteks Layer 2 Ethereum saja, masih ada beberapa opsi yang belum disentuh oleh OpenSea, macam Loopring dan Immutable X.

Sumber: Decrypt.