1 December 2022

by Glenn Kaonang

Uniswap Resmi Luncurkan Platform Agregator Marketplace NFT

Pengguna dapat menemukan harga terbaik dari NFT yang dijual di 8 marketplace yang berbeda, lengkap dengan gas fee yang lebih murah

Bertambah lagi satu tempat untuk memperdagangkan NFT, kali ini dari nama yang semestinya sudah tidak asing lagi di dunia crypto, yaitu Uniswap. Ya, per hari ini, salah satu pemain lama di segmen decentralized exchange (DEX) itu telah resmi memiliki peran baru sebagai marketplace NFT.

Namun ketimbang mengambil jalur tradisional, Uniswap lebih memilih menjadi agregator yang menyuguhkan NFT dari banyak sumber sekaligus. Ini wajar mengingat Uniswap mengawali langkahnya dengan mengakuisisi platform agregator marketplace NFT Genie pada bulan Juni lalu. Dengan peluncuran segmen NFT di Uniswap, Genie sekarang sudah tidak lagi beroperasi dan sepenuhnya diserap oleh Uniswap.

Di awal peluncurannya, platform agregator NFT Uniswap mendukung 8 marketplace sekaligus: OpenSea, X2Y2, LooksRare, Sudoswap, Larva Labs, Foundation, NFT20, dan NFTX. Sebagai agregator, tugas utama Uniswap adalah menampilkan NFT dengan harga terbaik dari deretan marketplace tersebut.

Tidak berhenti sampai di situ saja, Uniswap juga menjanjikan gas fee hingga 15% lebih rendah dibanding platform agregator lain. Hal ini dicapai dengan memanfaatkan smart contract racikan Uniswap sendiri yang dinamai Universal Router.

Secara sederhana, Universal Router dirancang untuk menggabungkan proses swapping aset NFT dan swapping aset ERC20 ke dalam satu swap router yang sama. Dengan begitu, pengguna dapat melakukan swapping beberapa token dan NFT yang berbeda dalam satu proses selagi menghemat biaya yang harus dibayarkan sebagai gas fee.

Uniswap turut menjelaskan bahwa pada awalnya Universal Router hanya dibuat untuk menyempurnakan produk-produk mereka sendiri. Namun seiring pengembangannya, Uniswap menyadari bahwa platform lain pun juga bisa diuntungkan dengan mengintegrasikan smart contract ini. Itulah mengapa akhirnya Uniswap menjadikan Universal Router sebagai proyek open-source.

Untuk merayakan peluncuran segmen NFT-nya, Uniswap akan membagi-bagikan 5 juta token USDC ke sejumlah pengguna setia Genie, dilihat berdasarkan riwayat transaksinya selama ini. Bagi 22.000 pengguna pertama, Uniswap juga akan memberikan potongan gas fee sebesar 0,01 ETH. Program ini akan berlangsung hingga 14 Desember 2022.

Kehadiran platform agregator marketplace NFT Uniswap berpeluang untuk mengusik pasar NFT yang selama ini terkesan didominasi nama-nama tertentu saja. Di saat yang sama, Uniswap juga akan bersaing langsung dengan Rarible, salah satu marketplace lawas yang belum lama ini memutuskan untuk banting setir menjadi platform agregator.

Sumber: Uniswap via Cointelegraph.