27 August 2022

by Sean Edbert

Mulai Open Beta, Valve Siapkan Aplikasi Steam Mobile Baru

Setelah hampir 10 tahun, Valve akhirnya melakukan penyegaran total ke aplikasi Steam mobile

Tidak hanya menjadi platform distribusi game digital terbesar, para gamer juga seringkali menggunakan Steam sebagai tempat hangout mereka. Karena itu, Valve meluncurkan aplikasi Steam mobile pada 2012 lalu.

Menurut Valve, aplikasi Steam di perangkat mobile dapat mempermudah Anda saat ingin mengobrol dengan teman hingga menelusuri store saat berada jauh dari PC. Dan setelah 10 tahun lamanya, Valve akhirnya merombak penuh aplikasi Steam mobile tersebut.

Dilansir dari blog resmi mereka, Valve mengumumkan bahwa beta testing untuk aplikasi Steam mobile baru telah dibuka. Bagi Anda yang menggunakan iOS atau Android bisa langsung mengunduh versi terbaru Steam dengan mendaftarkan diri di program open beta mereka.

Dokumentasi: Hybrid

"Kami telah membangun kembali Steam Mobile App dan kami membutuhkan tanggapan Anda. Selain store, Steam Guard, serta konfirmasi Trade (baru), aplikasi Steam mobile kini hadir dengan QR code sign-in, notifikasi yang lebih pintar, tampilan Library yang lebih baik, dan dukungan multi akun." Ungkap Valve.

Karena penasaran, saya langsung mencoba aplikasi Steam mobile terbaru ini. Saat membuka aplikasi, langsung terasa UI-nya yang sangat modern. Tampilan Library dibuat lebih spesifik dengan game-game milik Anda tersusun dengan rapi.

Steam QR Login (Image Credit: Valve)

Pengaksesan Steam Guard dan QR Log-in juga dibuat sangat mudah dengan hanya menekan satu tombol di bagian tengah bawah. Oh iya, sistem QR Log-in ala-ala Discord itu bekerja dengan baik dan sangat praktis untuk digunakan.

Performa dari aplikasi Steam terbaru ini juga terbilang cukup mulus. Di handphone OPPO F11 saya, semua halaman seperti Library, Store, hingga Steam Guard berjalan dengan sangat mulus. Saya juga belum mengalami crash atau force close dari aplikasi Steam beta ini. Namun, terdapat satu animasi sub-menu yang patah-patah, yaitu saat menekan game di Library.

Tampilan UI yang lebih fresh

Sebelum dirombak, aplikasi mobile dari Steam ini terasa kurang diperhatikan oleh Valve. Pasalnya, jika dibandingkan dengan Steam versi desktop - UI (user interface) dari Steam mobile terlihat sangat jadul. Tidak hanya itu, mengakses kode Steam Guard juga agak ribet karena beberapa sub-menu yang harus ditempuh terlebih dahulu.

Meskipun sistem log-in Steam Guard telah dirombak agar lebih mudah diakses, ternyata ada juga yang hilang dari pembaruan ini -- yaitu menu Friends yang menunjukkan semua teman Anda serta game yang sedang mereka mainkan.

Alih-alih menemukannya di halaman utama, kini Anda bahkan tidak dapat mengirim pesan ke teman Anda. Untuk chatting atau melihat aktivitas teman-teman, Anda harus mengunduh aplikasi berbeda bernama Steam Chat. Hmm... Bagaimana menurut Anda? Lebih ribet atau jadi lebih clean?

Feat image credit: Steam - Valve