23 September 2022

by Galih

Logitech Resmi Masuk Cloud Gaming lewat Konsol G Cloud

Konsol ini dapat memainkan berbagai game mulai dari mobile hingga PC melalui cloud

Setelah sebelumya foto-foto perangkat konsol baru Logitech telah bocor ke dunia maya, kini Logitech akhirnya mengumumkannya secara resmi. Konsol berwarna putih tersebut akhirnya diberi nama resmi Logitech G Cloud.

Seperti yang sebelumnya diberitakan, konsol ini merupakan kolaborasi mereka dengan raksasa game mobile, Tencent Games. Namun, seperti namanya konsol ini memang memiliki fokus utama untuk memainkan berbagai layanan cloud gaming.

Logitech pun menunjukkan keseriusannya sebagai salah satu brand gaming papan atas dengan menghadirkan konsol ini dengan kemampuan yang tidak setengah-setengah. Daya tahan konsol genggam ini disebut mampu dimainkan hingga lebih dari 12 jam.

Membuat G Cloud memiliki durasi terlama dibandingkan konsol genggam lainnya seperti Nintendo Switch antara 6-9 jam. Ataupun Steam Deck yang malah hanya mampu bertahan antara 2 hingga 4 jam.

Image Credit: Logitech

Secara fisik, tampilan Logitech G Cloud ini sama persis dengan bocoran konsolnya pada awal bulan September lalu. Bodinya berwarna putih, dengan beberapa aksen berwarna hitam dan kuning.

Tampilannya bisa dibilang sangat mirip dengan Nintendo Switch maupun Steam Deck. Namun bedanya bentuk dudukan tangan pada Logitech G Cloud ini dibuat lebih membulat untuk mendukung ergonomi saat digunakan.

Di depan, terbentang layar sebesar 7 inci dengan resolusi Full HD dengan refresh rate masih 60 Hz. Layar tersebut juga telah mendukung fitur sentuhan layaknya Switch maupun Steam Deck.

Untuk dapur pacunya, Logitech memasangkan prosesor Qualcomm Snapdragon 720G dengan RAM 4GB dan penyimpanan sebesar 64 GB. Spesifikasi tersebut memang sedikit tertinggal, bahkan untuk ukuran smartphone yang ada di pasaran sekarang.

Masuk ke dalam software-nya, G Cloud akan mengusung sistem operasi Android 11 dengan Google Play Store menjadi aplikasi bawaan. Namun untuk antarmukanya, Logitech telah memodifikasi agar dapat diakses dengan mudah layaknya Nintendo Switch.

Nantinya, Logitech G Cloud ini dapat digunakan untuk memainkan game mobile Android lewat Google Play dan juga game PC melalui Steam Link, Nvidia GeForce Now, dan juga Xbox Cloud Gaming.

Logitech sendiri membanderol konsol G Cloud ini dengan harga yang tidak murah yaitu $349 atau sekitar Rp 5,2 juta. Namun Logitech memberikan diskon spesial sebesar $50 selama masa pre-order yang sekarang telah dibuka.