Esports Ecosystem

MPL ID Season 5 Tayang di RCTI+

31 Mar 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia
Esports memang menjadi konten alternatif untuk ditonton karena banyak pertandingan olahraga yang dibatalkan

Mobile Legends Professional League Indonesia (MPL ID) Season 5 sekarang juga ditayangkan di RCTI+, layanan video-on-demand gratis di bawah MNC Group. Sebelum ini, MPL ID Season 5 telah dapat ditonton di berbagai platform, termasuk YouTube, Facebook, Nimo TV, dan Elshinta TV.

“RCTI+ selalu berkomitmen untuk menghadirkan konten berkualitas. Kami juga terus berinovasi dengan menghadirkan radio streaming dan konten audio, serta berita,” kata Kanti Mirdiati, Managing Director RCTI+ dalam pernyataan resmi yang diterima oleh Hybrid.co.id. “Teranyar, RCTI+ bekerja sama dengan MPL-ID untuk menayangkan MPL Indonesia Season 5. Ke depan, akan banyak konten esports yang tayang di RCTI+ untuk para pecinta esports.”

Menayangkan MPL ID Season 5 merupakan bagian dari kampanye RCTI+ untuk mendorong masyarakat agar tidak keluar rumah di tengah pandemik virus Corona. Kanti berkata, “Saat ini, esports menjadi salah satu aktivitas yang digemari oleh banyak orang. Oleh sebab itu, RCTI+ tidak melewatkan tawaran kerja sama ini.” Dimulai pada Februari lalu, MPL ID Season 5 telah memasuki minggu ke-8. Sementara MPL Season 5 Playoff akan diselenggarakan pada 10-12 April. Pertandingan dari MPL ID akan ditayangkan secara rutin pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Sumber: Hybrid - Akbar Priono
Saat MPL ID Season 5 diumumkan. | Sumber: Hybrid – Akbar Priono

“MPL-ID adalah salah satu liga Mobile Legends tingkat nasional yang paling cepat berkembang,” kata Komisaris Liga MPL Indonesia, Lucas Mao. “Pada minggu pertama MPL ID Season 5, kami melihat jumlah penonton concurrent di seluruh platform mencapai 476 ribu orang, naik 150 persen dari musim sebelumnya. Kami juga dapat menarik bakat internasional, baik dari pelatih dan pemain yang berasal dari Singapura, Malaysia, dan Brunei. Karena itu, kami senang bisa bekerja sama dengan RCTI+ untuk memperluas jangkauan MPL ID.”

MPL ID Season 5 diumumkan pada Januari 2020. Ketika itu, dijelaskan bahwa MPL ID akan melakukan ekspansi struktur kompetisi. Dalam Season ke-5, MPL ID masih menggunakan model franchise dan diikuti oleh 8 tim. Namun, liga tersebut kini memiliki dua liga penyokong, yaitu Mobile Legends: Bang Bang Development League (MDL) dan Mobile Legends: Bang Bang Campus Championship (MLCC).

Di tengah pandemik virus Corona, banyak kegiatan olahraga yang dibatalkan. Alhasil, pertandingan esports menjadi alternatif tontonan karena liga esports masih bisa diadakan meski secara online.