Esports Ecosystem

MPL ID Season 5 Diumumkan, Lakukan Ekspansi Struktur Kompetisi

30 Jan 2020 | Akbar Priono
Kini MPL ID Season 5 hadir dengan dua liga penyokong, yaitu MLBB Development League dan MLBB Campus Championship

Setelah musim keempat yang mendebarkan dan penuh dengan persaingan seingit, Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia (MPL ID) kini kembali lagi di musim ke lima. Melihat antusiasme fans terhadap game Mobile Legends itu sendiri dan juga liga MPL, tak heran jika pada musim kelima MPL ID berkembang lebih besar lagi. Salah satu yang paling kentara adalah struktur liga MPL ID Season 5 yang kini jadi lebih lengkap.

MPL ID Season 5 masih diikuti oleh 8 tim yang menjadi bagian dari franchise model yang digunakan oleh Moonton. Delapan tim tersebut adalah Alter Ego, Aura, Bigetron Alpha, EVOS Legends, Geek Fam ID, Genflix Aerowolf, ONIC Esports, dan RRQ. Musim ini, ada lebih dari Rp4 miliar total hadiah yang akan diperebutkan di MPL ID S5.

Sumber: Hybrid - Akbar Priono
Sumber: Hybrid – Akbar Priono

Bicara soal struktur, MPL ID Season 5 kini memiliki dua liga tambahan untuk menyokong liga kasta utama. Dua liga tersebut adalah Mobile Legends: Bang Bang Development League (MDL), dan Mobile Legends: Bang Bang Campus Championship (MLCC). MDL merupakan liga kasta kedua yang secara struktur berada persis di bawah MPL ID Season 5.

MDL diikuti oleh tim akademi dari 8 klub peserta MPL ID Season 5, ditambah 4 tim yang sudah diseleksi secara administratif dan mengikuti laga kualifikasi yang diselenggarakan selama 3 hari pada 27 sampai 29 Januari 2020 kemarin. Empat tim yang lolos MDL Season 1 sendiri adalah XCN, SIREN Esports, Recca Esports, dan Victim.

Sementara itu MLCC adalah kompetisi tingkat amatir, yang diselenggarakan untuk kalangan mahasiswa. Kompetisi ini akan diikuti oleh 32 universitas dari 10 kota yang akan diikuti oleh para mahasiswa. MLCC nantinya tidak hanya akan jadi ruang kompetisi saja, tapi juga jadi ruang edukasi. Moonton mengatakan bahwa nantinya MLCC juga akan menyajikan seminar untuk mengedukasi para mahasiswa terkait ekosistem esports, terutama MLBB.

Sumber: Hybrid - Akbar Priono
Sumber: Hybrid – Akbar Priono

“Kami tidak pernah menduga bahwa MPL akan berkembang sampai sebesar ini. Namun demikian ini semua berkat antusiasme para gamers dan para fans MPL. Saya masih ingat saat MPL ID Season 1 yang diselenggarakan di mal (Mall Taman Anggrek), ada fans yang menaiki lift dan menonton MPL ID Season 1 dari dalamnya hingga pertandingan usai. Musim ini, kami ingin fokus kami ada pada regenerasi dan ingin membuat MPL ID menjadi lebih besar lagi.” ucap Dylan Chia Marketing Director MPL Indonesia.

Sumber: Hybrid - Akbar Priono
Sumber: Hybrid – Akbar Priono

MPL ID Season 5 juga kehadiran rekan baru, yaitu salah satu brand smartphone ternama, Realme. Terkait rekanan ini, Palson Yi selaku Marketing Director Realme Indonesia juga turut memberikan komentarnya. “Secara brand, Realme memang terhitung masih cukup muda, namun demikian ini tidak menghentikan kami untuk terus melakukan inovasi termasuk kerja sama dengan ekosistem esports. Terkait kerja sama kami dengan MPL, saya yakin bahwa Realme dan Moonton punya filosofi yang sama, yaitu sama-sama menghargai anak-anak muda. Saya suka bagaimana Moonton lewat MPL memberi panggung kepada anak-anak muda untuk menunjukan semangat kompetisi dan sportivitas, juga menunjukkan bahwa anak-anak muda bisa mendapatkan apa yang mereka mau. Saya rasa, kesamaaan visi tersebut yang membuat kerja sama ini bisa terjadi.”

Menjangkau Lebih Banyak Penonton

Satu ekspansi yang juga terasa pada MPL ID Season 5 penambahan kanal media penayangan. Pada musim lalu, MPL ID hanya ditayangkan pada Facebook Gaming saja. Musim ini, MPL ID akan tayang pada 3 kanal berbeda ditambah satu kanal televisi nasional. Pada kanal digital, MPL ID Season 5 nantinya akan tayang di Facebook Gaming, Youtube, dan juga Nimo TV.

Sumber: Hybrid - Akbar Priono
Sumber: Hybrid – Akbar Priono

Selain itu, MPL ID Season 5 juga bekerja dengan salah satu media nasional yaitu Elshinta TV. “Ini memang bukan kali pertamanya MPL ID bekerja sama dengan televisi nasional. Sebelumnya, MPL ID juga sempat bekerja sama dengan televisi nasional, namun hanya untuk penayangan pertandingan babak Playoff saja. Musim ini, kami ingin MPL ID lebih dekat dengan para fans. Maka kami bekerja sama dengan Elshinta TV untuk menayangkan semua tayangan MPL ID Season 5, mulai dari Regular Season sampai dengan babak Playoff nantinya.” Ucap Dylan Chia saat melakukan presentasinya.

Pertandingan MPL ID Season 5 akan berjalan selama 8 pekan, mulai dari bulan Feburari hingga April 2020 mendatang. Pertandingan akan pertama babak regular season akan dimulai pada tanggal 7 Februari mendatang, dengan setiap pertandingan dilakukan dalam seri best-of-3.

Kira kira, kejutan apalagi yang akan hadir pada MPL ID Season 5 nanti? Akankah EVOS bisa mempertahankan gelar juaranya? Atau akan ada tim lain yang menantang EVOS dan merengkuh gelar juara MPL ID Season 5?