Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Komunitas Minecraft Korsel Tidak Terima Game-nya Dapatkan Rating Dewasa

12 July 2021Adi Nawan

Minecraft yang harusnya dapat dimainkan oleh semua umur hanya bisa dimainkan orang dewasa di Korea Selatan.

Minecraft merupakan salah satu video game yang aman dimainkan untuk semua umur. Kebebasan untuk membuat apapun dari balok-balok layaknya lego membuat banyak gamer dengan berbagai umur mau menghabiskan banyak waktu di sana.

Namun hal tersebut berbeda bagi para gamer di Korea Selatan. Karena, di sana pemerintahnya memberikan rating terhadap game yang sudah ada sejak 2011 rating dewasa (19+). Rating dewasa tersebut muncul karena adanya ‘Cinderella Law‘ atau Hukum Cinderella.

Hukum Cinderella ini mengatur seluruh anak-anak dan remaja berumur di bawah 16 tahun dilarang untuk bermain game online pada kurun waktu jam 12 malam hingga jam 6 pagi.

Meskipun hukum ini telah diimplementasikan sejak 2011 tetapi Microsoft tidak menyediakan server terpisah khusus anak-anak ataupun pembatasan jam bermain. Namun hanya memberikan batasan umur bagi pemain di Korea Selatan yang akan membuat akun baru pada 2012. Di sisi lain, para pemain juga masih bebas untuk mendaftar lewat situs Mojang tanpa memerlukan verifikasi umur.

Image Credit: Microsoft

Seiring berjalannya waktu, pada 2020 lalu akhirnya Microsoft memperketat peraturan mereka dengan mengharuskan para pemain di Korsel untuk masuk menggunakan akun Xbox Live/Microsoft mereka, alih-alih cukup dengan akun Mojang.

Hal tersebut menyebabkan para pemain Minecraft di Korea Selatan sekarang harus memiliki akun Microsoft dan wajib melewati tahap verifikasi batas umur minimal 19 tahun untuk dapat membeli dan memainkan game-nya.

Keputusan tersebut itulah yang membuat komunitas pemain Minecraft di Korea Selatan marah. Bahkan mereka membuat website yang berisi petisi kepada pemerintah Korea Selatan yang meminta untuk menghapuskan Hukum Cinderella dan pembatasan terhadap Minecraft.

Minecraft JAVA edition (image credit: Mojang)

Petisi tersebut kini telah ditandatangani oleh lebih dari 98.000 orang. Dengan isi di dalamnya menyebutkan bahwa hukum jam malam tersebut kini sudah berlaku untuk Minecraft, yang dianggap sebagai lambang permainan edukatif dan kreatif. Dan hanya Korea Selatan satu-satunya pasar yang menjadikan Minecraft sebagai game dewasa.

Pihak Microsoft merespon kejadian tersebut dengan menyatakan bahwa mereka tengah melanjutkan migrasi global akun Mojang ke akun Minecraft untuk Minecraft: Java Edition termasuk untuk para pemain di Korea Selatan.

Mereka juga mengatakan tengah mengerjakan solusi jangka panjang untuk pemain lama maupun pemain baru yang masih berusia di bawah 19 tahun di Korea Selatan. Microsoft mengakhiri pernyataannya bahwa akan ada lebih banyak hal yang akan mereka bagikan akhir tahun ini.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV