Gadget News
for SEO
Gadget News

Microsoft akan Membawa Aplikasi Android ke Windows 11

25 June 2021Yabes Elia

Fitur ini bisa terjadi lewat Amazon App Store.

Microsoft akan mengizinkan Windows 11 menjalankan aplikasi Android secara native. Raksasa teknologi ini mengumumkan fitur tersebut pada acara istimewa pengumuman Windows 11.

Aplikasi Android nantinya dapat berjalan di Windows (native/tanpa emulator) yang dapat diunduh lewat Windows Store baru yang akan disediakan di Windows 11. Hal ini mungkin terjadi karena Microsoft menggunakan sistem dari Amazon Appstore untuk membawa aplikasi Android ke Windows.

Microsoft juga bekerja sama dengan Intel untuk menggunakan teknologi Intel Bridge agar aplikasi Android dapat berjalan lancar. Compiler yang dimiliki Intel Bridge akan mengizinkan aplikasi-aplikasi Android berjalan lancar pada sistem x86. Meski sistemnya dikembangkan oleh Intel, aplikasi Android tetap dapat berjalan dengan baik pada sistem yang menggunakan AMD ataupun berbasis Arm.

“Intel percaya pada pentingnya memberikan kemampuan ini (aplikasi Android di Windows) untuk semua platform x86 dan telah mendesain teknologi Intel Bridge untuk mendukung semua platform x86 (termasuk AMD).” Menurut konfirmasi dari Intel kepada The Verge.

Masuknya aplikasi Android di Windows 11 adalah jawaban Microsoft atas suguhan yang ditawarkan oleh Apple. Pasalnya, chip M1 mereka dapat menjalankan aplikasi iOS di macOS.

Fitur masuknya aplikasi Android ke Windows memang sangat menarik dan patut ditunggu bagaimana implementasinya nanti. Meski software untuk Windows memang seringnya lebih canggih ketimbang yang ada di Android, ada banyak aplikasi yang memang dibuat spesifik untuk platform mobile macam iOS ataupun Android.

Dalam demonya, Microsoft menjalankan aplikasi seperti TikTok di Windows 7. Pada Windows Store yang ditunjukkan, kita juga bisa melihat Ring, Yahoo, Uber, dan kawan-kawannya. Jadi, kemungkinan besar, kita bisa mengunduh semua aplikasi yang tersedia di Amazon Appstore.

Sebelumnya, dalam acara yang sama, Intel juga mengumumkan jika para pengguna Windows 10 dapat mengupgrade ke Windows 11 tanpa biaya — seperti yang dulu mereka juga lakukan dari Windows 7 dan Windows 8 ke Windows 10.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV