Dark
Light

Mengulik Strategi OPPO Dalam Memasarkan Reno dan A Series Di Indonesia

4 mins read
July 21, 2022
OPPO-Reno7-5G-1
OPPO Reno7 5G

Smartphone OPPO yang dipasarkan di Indonesia, terdiri dari tiga seri utama yaitu Find X Series, Reno Series, dan A Series. Masing-masing seri menyasar segmen dan mengusung strategi dengan brand ambassador yang berbeda.

Dari segi posisi, Find X Series sebagai smartphone flagship yang bertarung di kelas atas. Sejak Find X2 Series hingga sekarang Find X5 Series, generasi selanjutnya dirilis dalam waktu satu tahun sekali, satu atau dua termasuk model Pro.

Sementara Reno Series menyasar kelas menengah ke atas, dirancang serba bisa dan kuat di hampir segala aspek. Generasi barunya dirilis lebih cepat, sekitar enam bulan sekali dengan dua hingga tiga model.

Sedangkan untuk A Series merupakan lini smartphone paling laku di Indonesia. Seri ini menyasar segmen menengah ke bawah dengan banyak model sekaligus di rentang harga berbeda mulai dari satu jutaan.

Nah pada artikel ini, kita hanya akan fokus pada strategi OPPO untuk Reno dan A Series saja. Langsung saja, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Rangkaian Acara Perkenalan

Ketika memperkenalkan smartphone Reno dan A Series, OPPO tidak membuat acara peluncuran besar-besaran dalam satu acara. Perusahaan teknologi asal Tiongkok ini mengambil pendekatan yang berbeda dalam tiga segmen acara perkenalan.

Sebelum acara utama, OPPO membuat rangkaian kegiatan yang secara bertahap mengungkap fitur unggulan dan spesifikasi yang akan diusungnya. Hal ini membuat para reporter, tech reviewer, dan masyarakat umumnya semakin dibuat penasaran.

teknologi-Laser-Direct-Imaging-Reno7-5G
Penerapan teknologi Laser Direct Imaging (LDI) pada Reno7 5G

Dalam perkenalan Reno7 Series misalnya, OPPO memulai dengan mengkonfirmasi kehadiran Reno7 Series. Kemudian membahas desain, dari penerapan teknologi Laser Direct Imaging (LDI) pada Reno7 5G, Dual Orbit Light pada Reno7 Z 5G, hingga desain fiberglass-leather dengan warna sunset orange yang khas di Reno7 4G.

OPPO juga mengungkap fitur kamera portrait dan berbagi tips foto portrait dengan fotografer ternama, bahas lengkap dari segi performa, dan lainnya – sebelum akhirnya resmi diluncurkan. Usai peluncuran, tentu ada sesi pre-order, penjualan perdana, dan diikuti rangkaian kegiatan experience perkenalan fitur-fiturnya.

Fun-match-PUBG-Mobile-bersama-Bigetron
Fun match PUBG Mobile bersama Bigetron

Misalnya pada ajang MotoGP 2022, OPPO mengetes kecepatan jaringan 5G di sirkuit Mandalika dan membuktikan kemampuan kamera Reno7 Z 5G. Di kesempatan lain, OPPO mengadakan sesi fun match alias mabar (main bareng) PUBG Mobile bersama tim eSports PUBG Bigetron Red Aliens dengan Reno7 Series 5G.

Untuk meningkatkan kemampuan dan teknik foto portrait dan videografi dengan menggunakan smartphone, beberapa bulan yang lalu OPPO meluncurkan OPPO Reno Academy Photo Competition 2022 dengan tema #EverybodyIsAPortrait sebagai bagian dari program global OPPO untuk para generasi muda kreatif.

Kompetisi ini bertujuan menciptakan karya seni unik dengan mengangkat berbagai genre fotografi seperti fashion, editorial, beauty, produk, hingga human interest. Para pemenang berkesempatan mendapat masing-masing satu unit OPPO Reno7 Series 5G dan kelas intensif OPPO Reno Portrait Class bersama Kelas Pagi Jakarta untuk memperdalam karya fotografinya.

Pada peluncuran OPPO A96, OPPO menggelar roadshow product experience A96 dan OPPO Talk untuk membahas pembuatan konten digital bersama dengan sejumlah komunitas dan local content creator di tiga kota di Pulau Jawa. Meliputi kota Semarang (Jawa Tengah), Bandung (Jawa Barat), dan Malang (Jawa Timur).

Program Eksklusif

OPPO-A96-dengan-OPPO-Enduring-Quality
OPPO A96 dengan OPPO Enduring Quality

Selain mengadakan rangkaian acara perkenalan, OPPO rajin membuat program-program eksklusif yang memberikan nilai tambah bagi para penggunanya. Sebagai contoh kita akan membahas OPPO A96, smartphone yang dirancang tahan lama ini menawarkan OPPO Enduring Quality.

OPPO A96 telah melewati serangkaian pengujian yang memastikan perangkat tersebut ekstra aman digunakan dalam jangka waktu panjang. Termasuk lulus enam uji utama, yang meliputi drop, waterproof, radiation, climate, micro-drop, dan signal.

Lebih jauh lagi, OPPO juga menawarkan keuntungan tambahan berupa program bundling OPPO A96 dengan paket perlindungan OPPO Care. Paket perlindungan tambahan yang terdiri dari perlindungan layar pecah atau retak dan juga perpanjangan masa garansi selama 12 bulan.

Program perlindungan tambahan OPPO Care juga pernah diberikan untuk OPPO A95, yang memberikan solusi perpanjangan garansi yang berlaku setelah masa garansi normal perangkat habis selama 6 atau 12 bulan. Serta membebaskan 1 kali biaya penggantian layar yang terjadi akibat kelalaian pengguna.

Kolaborasi Menarik

Thor-Love-and-Thunder-dengan-OPPO-A96
Thor Love and Thunder dengan OPPO A96

Strategi OPPO lainnya dalam memasarkan smartphone Reno dan A Series adalah lewat kolaborasi. Belum lama ini OPPO menjalin kolaborasi menarik dengan The Walt Disney Company, untuk menghadirkan penawaran spesial dalam rangka perilisan film “Thor: Love and Thunder”. OPPO memberikan nilai tambah bagi calon pengguna OPPO A96 untuk mendapatkan tiket gratis nonton film superhero terbaru dari Marvel Studios tersebut.

Untuk Reno7 Series, OPPO juga berkolaborasi dengan Common Ground, mereka menyajikan tiga mocktail kopi yang mewakili warna-warna Reno7 Series yaitu Reno Latte, Expresso Summer, dan Strawberry Fields yang bisa didapatkan pada outlet Common Ground yang berada di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Secara khusus, bagi para pengguna OPPO Reno 7 akan mendapatkan varian minuman ekslusif ini secara gratis. Sedangkan bagi para pengguna Reno tipe lainnya mendapatkan diskon 50%.

Tahun lalu, OPPO Indonesia berkolaborasi dengan brand fesyen Anti Social Social Club untuk meluncurkan koleksi Reno6 5G dan Enco X x Anti Social Social Club edisi terbatas. Koleksi eksklusif ini menggabungkan visi 2 brand yaitu berani tampil beda sebagai visi dari Anti Social Social Club dan inovasi teknologi dari OPPO.

Selain itu, OPPO juga menggandeng banyak UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) untuk maju bersama. Hal tersebut ditandai dengan kerjasama antara OPPO dengan perangkat A95 dan beberapa UMKM seperti Johnson, Revive Indonesia, dan Gentanala. Performa OPPO A95 andal untuk menunjang aktivitas bisnis sehari-hari dan kemampuan kameranya dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk secara lebih luas lewat platform digital.

Promo Rutin

OPPO Super June Salebration
OPPO Super June Salebration

Tertarik dengan smartphone Reno dan A Series? Pastikan Anda mendapatkan harga terbaik karena OPPO rutin mengadakan berbagai promo dengan penawaran menarik. Bulan lalu misalnya, ada “OPPO Super June Salebration” dengan cashback hingga potongan harga untuk perangkat IoT sebesar Rp300.000.

Mencakup program cashback Rp200.000 untuk pembelian OPPO A96 dari harga Rp 4.299.000 menjadi Rp4.099.000. Setiap pembelian Reno7 4G akan mendapatkan hadiah Reno7 Digisound dan setiap pembelian Reno7 5G akan mendapatkan hadiah OPPO Band.

Program menarik lainnya yang pernah diadakan oleh OPPO Indonesia adalah OPPO IOT Funtastic Offer, OPPO See Love – Valentine Program, Gebyar OPPO IoT, dan The Joy-Full OPPO Sale. Untuk program berikutnya, Anda bisa pantau di media sosial OPPO Indonesia yang merupakan bagian dari strategi OPPO dalam memasarkan Reno dan A Series, dan perangkat OPPO lainnya.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.

Netflix Tekken
Previous Story

Serial Animasi Tekken Bloodline di Netflix Dapatkan Lebih Banyak Detail, Termasuk Tanggal Rilis

Samsung Galaxy A73 5G
Next Story

Review Samsung Galaxy A73 5G, Refresh rate Tinggi, Layar Luas dan Kinerja Bisa Diandalkan

Latest from Blog

Don't Miss

Reno12 Series: Perangkat Reno Series Paling Kuat

OPPO tengah bersiap untuk merilis perangkat baru yang merupakan bagian

OPPO Pamerkan 6 AI Generatif Canggih yang Hadir di Reno12 Series

Kehadiran fitur-fitur AI ke dalam smartphone kini jadi semakin populer,