25 February 2022

by Wiku Baskoro

Desain Retro Memikat, Dual Orbit Light dan Berbagai Fitur Unggulan Hadir di Reno7 Z 5G

Reno7 Z 5G akan melengkapi seri Reno7 lainnya seperti Reno7 5G dan Reno7 sebagai portrait expert

OPPO akan merilis seri Reno7 pada 2 Maret 2022, akan ada tiga perangkat yang masuk ke jajaran Reno7 Series. Diantaranya ada satu perangkat yang cukup memikat dan kayak fitur. Perangkat itu adalah Reno7 Z 5G. 

Desain Reno7 Z 5G yang memikat 

Reno7 5G hadir dengan desain retro yang memikat pandangan mata, setidaknya itu kesan yang saya dapatkan saat pertama kali memegang dan berinteraksi singkat dengan perangkat smartphone teranyar OPPO ini. Warna belakang yang versi Rainbow Spectrum tampil cantik dengan gradasi layaknya pelangi ketika terkena cahaya. Finishing dengan tekstur tiga lapisan warna merah, kuning dan hijau digabungkan dengan lapisan dasar indium reflektif menjadikan efek yang cantik, modern dan elegan. 

Desain pinggiran yang 'kotak’ juga menyatu dengan warna spektrum pelangi menjadikan perangkat ini tidak hanya menyenangkan dalam genggaman tetapi juga menarik ketika diletakan saat tidak digunakan, dengan bagian belakang yang bisa terlihat oleh orang lain. 

Tambahan dari sisi desain yang menurut saya menarik adalah dari layout kameranya. Dua bulatan kamera utama dengan dengan kamera macro sebagai pelengkap hadir dengan efek kotak sebagai pelengkap layout. Dan ada satu fitur yang menurut saya menarik dan berguna yaitu Dual Orbit Light.

Dual Orbit Light pada dasarnya adalah fitur tambahan berupa lampu indikator yang hadir di area layout kamera, lebih tepatnya ada di bagian bawah lingkaran sekitar lensa kamera belakang. Tidak hanya memberikan aksen pelengkap tetapi lampu ini juga berguna bagi pemakai Reno7 Z5G

Karena desain Reno Z 5G yang keren, Anda akan tergoda untuk menaruhnya dengan tampilan belakang smartphone yang terlihat. Dual Orbit Light ini akan menjadi lampu penunjuk Anda. Lampu ini bisa memberikan tanda saat berkedip atau menyala dengan berbagai warna tergantung aktivitas ponsel, apakah sedang mengisi daya, menjadi penanda ada panggilan telepon masuk atau menjadi penanda ada notifikasi yang belum terbaca.

Dual Orbit Light dijelaskan OPPO membawa penggunanya pada nostalgia breathing light yang pernah diperkenalkan pada seri OPPO Find 7 di tahun 2013. Kesan nostalgia ini lagi-lagi selaran dengan desain retro kotak dari bagian pinggir perangkat. Lampu orbit ganda Reno7 Z 5G bisa berkedip dengan beragam warna, seperti biru elektrik, biru muda ada biru sian tergantung dari aktivitas ponsel yang sedang terjadi. 

Untuk tampilan depan, layar 6.4” Single Punch-Hole dengan AMOLED FHD+ akan menjadi layar utama untuk menikmati konten dan akses segala aktivitas. Dukungan sertifikasi Netflix dan Amazon HD streaming bisa menambah nikmat dalam menikmati konten hiburan, SGS Eye Care Display menjadi pelengkap untuk kenyamanan akses layar sehari-hari. 

Spesifikasi Reno7 Z 5G yang mumpuni 

Selain yang berhubungan dengan desain, perangkat Reno7 Z 5G sendiri dilengkap dengan spesifikasi yang mumpuni. Mulai dari Snapdragon 695 5G yang tidak hanya mumpuni untuk jaringan 5G di Indonesia karena kompatibilitasnya dengan operator di sini tetapi juga handal untuk kegiatan fotografi dan juga gaming. 

Spesifikasi lain 16MP selfie kamera, 64MP main camera, 2MP depth camera dan 2MP macro camera. RAM 8GB RAM dengan ekspansi RAM 5GB + 128GB ROM, dapat diperluas hingga 1TB serta Baterai 4500mAh dan 33W SuperVOOC. 

Dukungan untuk gaming juga hadir dengan game focus mode, quick startup dan AI System Booster. 

Untuk kamera sendiri, seri Reno7 telah diberikan label oleh OPPO sebagai perangkat untuk hasil portrait terbaik alias portrait expert. Demikian juga Reno7 Z 5G yang diarahkan OPPO untuk juga bisa menghasilkan hasil portrait - termasuk bokeh dengan baik. Optimalisasi AI akan membantu menghasilkan hasil foto yang baik namun tetap natural. 

Berinteraksi singkat dengan Reno7 Z 5G memang cukup menyenangkan, tentunya akan menarik untuk mencoba perangkat ini lebih lanjut dan menguji kemampuan spesifikasi baik dari sisi prosesor maupun spesifikasi lain yang ada di perangkat. 

Tanggal rilis dan informasi harga

Untuk yang penasaran tentang harga serta ketersediaan perangkat, tunggu tanggal 2 Maret 2022 di channel social media OPPO Indonesia pukul 7 malam. Karena semua akan diungkap di sana. Jangan lupa pantau terus Hybrid.co.id juga, karena kami akan mengulas lebih lanjut perangkat ini. 

Disclosure: Artikel ini didukung oleh OPPO.