9 February 2022

by Lukman Azis

Selain Laser Direct Imaging (LDI) Pada Desain, OPPO Reno7 5G Akan Bawa Fitur Baru di Kamera

Reno7 5G hadir membawa teknologi Laser Direct Imaging (LDI) yang pertama kalinya di industri pada eksterior smartphone

Konektivitas jaringan 5G dan fitur portrait merupakan dua strategi yang akan dijalankan oleh OPPO pada tahun 2022 ini. Di awal tahun, OPPO sudah mengkonfirmasi bahwa mereka akan meluncurkan smartphone 5G pada kuartal pertama 2022 dan perangkat tersebut adalah Reno7 5G.

Kini OPPO sudah memulai rangkaian kegiatan menjelang peluncuran resmi Reno7 5G di Indonesia. Bagi yang penasaran dengan wujudnya, OPPO telah mengungkap penampakan bagian belakang dari Reno7 5G yang tampil memukau dengan efek Reno Glow yang ditingkatkan dengan teknologi Laser Direct Imaging (LDI).

Seperti apa proses pengerjaannya? Simak pembahasan beberapa keunggulan Reno7 5G dari segi desain dan fitur unggulan baru di fasilitas portrait berikut ini.

Laser Direct Imaging (LDI)

Laser Direct Imaging (LDI) merupakan sebuah teknik utama yang biasanya digunakan dalam fabrikasi semikonduktor untuk menghasilkan presisi tinggi. Namun OPPO telah berhasil menjadi yang pertama menerapkannya pada perangkat smartphone.

Dijelaskan oleh OPPO bahwa LDI memberikan sebuah tantangan baru dalam menciptakan efek yang selaras dengan teknologi OPPO Glow. LDI pada Reno7 5G meniru jejak bintang di antariksa dan menciptakan pola gambar yang terdiri dari 1,2 juta raster mikro serta diproduksi dengan tingkat presisi sebesar 20 mikron. Pola ini kemudian ditransfer ke penampang belakang Reno7 5G.

Desain & Warna

Secara garis besar, Reno7 5G masih melanjutkan DNA dari perangkat Reno series generasi sebelumnya. DNA Reno series tersebut adalah ramping dan ringan dengan finishing OPPO Glow yang unik, dan yang terbaru penggunaan teknologi Laser Direct Imaging (LDI) pertama di industri pada eksterior smartphone.

Untuk memberikan kenyamanan pada penggunanya, OPPO melengkapi Reno7 5G dengan bingkai bagian tengah tiga dimensi (3D) yang membulat. Desain ini selain memberikan kesan perangkat yang tipis, tidak licin, dan nyaman digunakan dengan satu tangan.

Perangkat yang membawa baterai besar ini juga dihadirkan dengan ketebalan hanya 7,81 mm dan berat sekitar 173 gram. Hal ini membuat penggunanya nyaman untuk meletakkan perangkat Reno7 5G ke dalam saku.

Selain itu, Reno7 5G dipastikan bakal hadir dalam dua pilihan warna. Pertama startrails blue yang menggambarkan jutaan meteor yang meluncur di sampul belakang Reno7 5G dan akan berubah ketika smartphone memantulkan cahaya dari berbagai sudut. OPPO turut melengkapinya dengan lapisan ganda untuk memberikan dua lapisan warna yang berbeda dan menciptakan warna gradien dinamis.

Kedua disebut starry black, yang menawarkan keseimbangan hasil akhir hitam klasik dan warna transformatif berkilau dari OPPO Glow. Starry black memiliki gradasi hitam-biru dengan kilauan cahaya halus yang memberikan tampilan sederhana namun premium.

Fitur Portrait terkini

Selain desain, OPPO juga menunjukkan kemampuan portrait dari Reno7 5G. Kemampuan portrait yang dihadirkan membawa berbagai peningkatan dari seri sebelumnya. Setidaknya bisa terlihat dari efek bokeh serta detail hasil foto yang dihasilkan.

Bocoran menyebutkan bahwa Reno Series selanjutnya akan menggunakan sensor IMX 709. Meski ini belum resmi tetapi tentunya akan menjadi salah satu tambahan fitur jika memang benar sensor Reno7 terbaru akan menggunakan sensor yang dikembangkan OPPO bersama Sony.

Tetapi, meskipun tanpa sensor IMX 709, Reno7 tetap akan membawa beragam fitur menarik, terutama yang berhubungan dengan fitur portrait. Baik untuk efek bokeh lewat bokeh flare portrait ataupun dari hasil portrait tanpa fitur bokeh. Hasil foto yang lebih cerah tetapi tidak mengorbankan sumber foto asli, detail yang semakin baik serta beragam optimasi untuk menghasilkan foto terbaik.

Fitur kamera baru 

Salah satu efek spesial yang bisa dihadirkan oleh mode kamera portrait adalah bokeh. Di Reno7 5G, efek bokeh artistik (bokeh flare portrait) yang dihasilkan bisa disesuaikan intensitasnya. Sebab pengguna bisa mengatur aperture, dari f0.95 yang sangat dramatis hingga f16 dengan ketajaman dari ujung ke ujung.  Dengan algoritma AI yang ditingkatkan kemampuannya, Reno7 5G dapat membuat ke dalaman bidang yang berbeda layaknya ketika mengambil foto menggunakan kamera digital dengan lensa aperture besar.

Salah satu fitur baru yang akan dihadirkan OPPO pada Reno7 5G  adalah kemampuan kamera ketika merekam video. Dengan fitur bokeh flare portrait terbaru nantinya pengguna bisa mengatur dengan mudah bukaan atau aperture untuk menghasilkan hasil rekaman video selayaknya menggunakan kamera digital.

Fitur ini tentunya bisa menjadikan salah satu kelebihan dan penyempurnaan fitur bokeh flare portrait video yang telah dihadirkan OPPO. Pengguna akan bisa berkreasi secara bebas untuk menghasilkan video bokeh yang menarik.

Discloure: Artikel ini didukung oleh OPPO