28 November 2022

by Glenn Kaonang

Mattel Luncurkan Marketplace NFT, Bisa Tukar NFT dengan Mainan Fisiknya

Dalam bertransaksi di marketplace NFT Mattel, pengguna sama sekali tidak diwajibkan untuk memakai cryptocurrency

Produsen mainan kenamaan asal Amerika Serikat, Mattel, resmi meluncurkan sebuah marketplace NFT pekan lalu. Marketplace tersebut dibangun di atas platform digital Mattel Creations, sekaligus menandai ekspansi perusahaan lebih jauh di ranah Web3.

Sebelum ini, Mattel sudah beberapa kali meluncurkan koleksi NFT untuk franchise Barbie dan Hot Wheels. Dengan adanya marketplace NFT baru ini, koleksi-koleksi NFT Mattel jadi bakal memiliki rumah yang ideal, sekaligus membuka peluang bagi Mattel untuk menyulap berbagai properti intelektualnya (IP) menjadi NFT.

Perihal blockchain, Mattel memilih menggunakan Flow, blockchain yang populer di kalangan platform NFT olahraga macam NBA Top Shot maupun LaLiga Golazos. Demi memudahkan konsumen, Mattel tidak akan mewajibkan konsumen menggunakan mata uang crypto di marketplace-nya. Untuk transaksi antar sesama konsumen, Mattel bilang fitur ini baru akan tersedia mulai awal tahun depan.

Koleksi NFT pertama yang akan dirilis lewat marketplace NFT baru ini adalah Hot Wheels NFT Garage Series 4. Dijadwalkan meluncur pada tanggal 15 Desember, koleksi tersebut menjanjikan 60 mobil dari berbagai merek ternama, termasuk produsen-produsen supercar macam McLaren, Aston Martin, maupun Pagani.

Mattel mematok harga $25 per pak, dan konsumen dipersilakan membeli maksimum hingga 8 pak per transaksi. Dalam setiap paknya, konsumen bakal menemukan 7 NFT Hot Wheels โ€” 4 di antaranya dari tingkat rarity Basic, 2 Epic, dan 1 Rare.

Buat yang beruntung mendapatkan NFT dari kategori Premium atau Treasure Hunt (Pagani Huayra, '82 Cadillac Seville, '69 COPO Corvette, Chevy Silverado Off Road, atau McLaren F1 GTR), mereka berhak menukarkan aset-aset NFT tersebut dengan mainan versi fisiknya.

NFT bukanlah sesuatu yang baru bagi produsen mainan. NFT memungkinkan produsen menawarkan versi digital dari produk-produknya yang selama ini memang kerap dijadikan barang koleksi. Seperti yang sudah disinggung, Mattel sendiri sebelumnya sempat meluncurkan beberapa koleksi NFT Barbie dan Hot Wheels.

Mattel pun bukan satu-satunya produsen mainan yang sudah punya banyak pengalaman di dunia Web3. Produsen lain seperti Hasbro maupun Funko juga sudah menawarkan koleksi NFT-nya masing-masing sejak tahun lalu.

Sumber: CoinDesk dan Mattel.