2 December 2022

by Glenn Kaonang

Magic Eden Luncurkan Protokol untuk Wajibkan Pembayaran Royalti kepada Kreator

Kreator yang mengadopsi protokol baru ini bisa memilih untuk memblokir marketplace yang tidak mewajibkan pembayaran royalti, mencegah karyanya diperdagangkan di sana

Persaingan marketplace NFT saat ini pada dasarnya terbagi menjadi dua kubu: yang mewajibkan dan yang tidak mewajibkan pembayaran royalti kepada kreator. Magic Eden, marketplace NFT paling top untuk blockchain Solana, berada di kubu yang kedua, sebab sejak Oktober lalu mereka telah menjadikan royalti sebagai fitur opsional di platformnya. Sepintas kesannya Magic Eden seakan tidak pro terhadap kreator, namun mereka rupanya punya rencana yang berbeda.

Mereka baru saja meluncurkan Open Creator Protocol, sebuah tool bersifat open-source yang berfungsi untuk melindungi eksistensi royalti pada koleksi NFT. Jadi dengan memanfaatkan tool ini, kreator pada dasarnya bisa membuat pembayaran royalti menjadi wajib pada seluruh karyanya.

Kreator pun tidak perlu menunggu lebih lama, sebab Open Creator Protocol sudah langsung tersedia sebagai opsi yang dapat dicoba ketika melakukan minting NFT. Kalau perlu, kreator juga bisa memilih untuk memblokir marketplace yang tidak mewajibkan pembayaran royalti, sehingga NFT-nya tidak dapat diperdagangkan di sana.

Selain untuk mewajibkan pembayaran royalti, masih ada beberapa fitur lain yang bisa kreator nikmati dari Open Creator Protocol. Seperti dijelaskan dalam posting blog, mereka dapat menunda aktivitas perdagangan sebelum proses minting-nya benar-benar usai, dan mereka juga dapat menetapkan batasan-batasan tertentu pada aktivitas perdagangan NFT-nya β€” cocok bagi yang ingin menyelipkan elemen gamifikasi pada proyeknya. Besaran royaltinya sendiri bisa dibuat menjadi dinamis berdasarkan perubahan harga NFT-nya.

Buat kreator yang tidak tertarik mengadopsi Open Creator Protocol, Magic Eden memastikan bahwa mereka masih bisa menjadikan pembayaran royalti sebagai fitur opsional. Sementara itu, bagi kreator yang ingin memigrasikan koleksi NFT-nya ke Open Creator Protocol, mereka bisa mempertimbangkan opsi untuk membakar (burn) dan melakukan minting ulang NFT-nya.

Royalti merupakan salah satu topik terhangat di dunia NFT dalam beberapa bulan terakhir ini. Selain Magic Eden, marketplace lain yang tidak mewajibkan pembayaran royalti adalah LooksRare. Meski begitu, LooksRare masih punya cara lain untuk mendukung pihak kreator, yakni dengan menyumbangkan 25% dari tarif platform yang diambilnya kepada kreator.

Di kubu sebaliknya, ada OpenSea yang memutuskan untuk tetap mewajibkan pembayaran royalti setelah menerima desakan dari komunitasnya, yang kemudian menginspirasi X2Y2 untuk mengambil langkah serupa dan mewajibkan pembayaran royalti di platformnya.

Bagi sebagian kreator NFT, royalti merupakan sumber pemasukan pasif yang cukup reliabel. OpenSea sendiri baru-baru ini mengumumkan bahwa total royalti yang mereka bayarkan kepada kreator selama tahun 2022 ini telah menembus angka $1 miliar.

Via: CoinDesk.